6 Desember 2010

15 Komik Eropa dan Mangga yang Terkait Indonesia

Komik, sebagai sebuah media penyaluran bakat manusia, merupakan sebuah objek yang mempunyai karya dan nilai seninya tersendiri. Meskipun memiliki fungsi seperti buku bacaan, yakni penyaluran informasi dan ide-ide, tetapi komik memiliki kelebihannya tersendiri yakni dimunculkannya gambar-gambar tak bergerak sebagai ilustrasi yang semakin mempertegas ide maupun gagasan cerita yang ingin disampaikan oleh komikus kepada para pembacanya. Dengan ditambahkannya gambar-gambar ini, maka seakan-akan kita diajak untuk memasuki dunia virtual yang diciptakan oleh si komikus. Dunia virtual itu terbentuk melalui berbagai macam unsur dan aspek yang sangat mempengaruhi jalan cerita yang akan disuguhkannya.

Lalu Indonesia, sebagai sebuah negeri yang tidak bisa diacuhkan eksistensinya di Bumi ini, ternyata cukup mempunyai daya tarik bagi para seniman-seniman asing, terutama komikus untuk memasukkan unsur-unsur yang ada dalam negara Indonesia ke dalam karyanya. Sebagai penikmat komik/manga, kadang kita pasti mengharapkan munculnya sesuatu yang merupakan bagian dari negeri kita, Indonesia, bisa berupa karakter, latar, bahkan mungkin saja menjadi inti dari alur ceritanya.

Kehadiran unsur-unsur Indonesia ini menurut saya cukup menarik, karena kita bisa mengetahui bagaimana pandangan orang asing terhadap aspek-aspek kehidupan orang Indonesia. Terlebih para produsen komik-komik (atau manga) tersebut adalah negara maju dan modern seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang yang kurang mengenal Indonesia kecuali urusan politik dan hal yang menyangkut profit.

Komik dan Manga tersebut baru 15 yang saya ketahui, yaitu :

1. Firefighter Daigo
http://www.emerchandise.com/images/p/VTK/pdGNVTK0001.jpg

Manga ini bercerita tentang kehidupan seorang petugas pemadam kebakaran muda bernama Daigo. Di satu cerita, Daigo harus berangkat ke pulau Sumatra, untuk menolong kekasihnya yang terjebak dalam kebakaran hutan, disusul oleh datangnya satuan pemadam kebakaran dari luar negeri. Chapter ini merupakan klimaks dari seluruh cerita di komik ini. Satu tokoh Indonesia yang menemani Daigo selama chapter ini bernama Banjar, seorang pemadam kebakaran dari Bandar Lampung yang membantu Daigo untuk memadamkan api. Penggambaran latarnya juga sangat mirip, dengan banyaknya papan reklame di kota, seperti papan rokok Marlboro, Bir Bintang, dll. Tempat2 yang muncul di manga ini adalah bandara Soekarno Hatta, Universitas Indonesia, dan kapal ferry jawa-sumatra.

2. History’s Strongest Disciples
http://alxjm.com/wp-content/uploads/2010/05/historys-strongest-disciple.jpg

Manga ini bercerita tentang Kenichi, seorang pemuda ahli bela diri. Di setiap cerita dia berhadapan dengan bermacam2 ahli bela diri dari berbagai dunia, dan salah satunya dari Indonesia dengan pencak silatnya (ditulisnya benar-benar pencak silat). Tampaknya, disini pencak silat merupakan ilmu yang sangat tangguh, seperti kata guru Kenichi. Tokoh yang muncul disini adalah seorang antagonis bernama Radin Jihan (atau dalam bahasa Jawa adalah Raden), seorang raja dari kerajaan Tidan di Indonesia. Dia datang bersama pengawalnya yang bersenjatakan kujang (senjata khas Jawa Barat). Jurus2 Radin Jihan ditulis sesuai nama aslinya, seperti jurus “Serangan Macan”, dll. Pakaian yang dikenakannya pun mirip dengan pakaian raja-raja Jawa. Sayangnya, Radin Jihan akhirnya harus mati oleh gurunya sendiri. Di manga ini dibilang kalau pencak silat merupakan aliran bela diri yang sangat sulit untuk dikalahkan.

3. Tokkyu
http://photo.goodreads.com/books/1260964773l/7336128.jpg

Manga ini bercerita tentang anggota satuan penyelamatan laut bernama Hyogo. Kurang lebih plotnya sama dengan Firefighter Daigo, tapi disini lebih kepada penyelamatan korban di laut. Disatu cerita, salah seorang atasan Hyogo dipindah tugaskan ke Indonesia (ke KPLP) dan dia tinggal disana untuk sementara. Tokoh Indonesia yang muncul bernama Asli dan Mimura, seorang anak kecil yang menjadi pemandu atasan Hyogo selama berada di Jakarta. Ada juga satu chapter dimana dia sedang berada di atas Monas untuk melihat pemandangan Jakarta dan ada juga saat mereka sedang berada di daerah Glodok. Di manga ini atasannya Hyogo pernah mengeluhkan kebiasaan ngaretnya orang Indonesia loh.

4. Captain Tsubasa
http://animexloverz.files.wordpress.com/2010/06/tsubasa.jpg

Manga ini bercerita mengenai Tsubasa Ozora, yang bercita-cita untuk menjadi pesepakbola paling hebat di dunia. Indonesia muncul di komik ini ketika menjadi tuan rumah penyisihan grup kejuaraan Sepakbola Junior sedunia. Stadion Bung Karno menjadi saksi dari munculnya tendangan Raiju-nya Hyuga yang sanggup menjebol jaring gawang musuhnya. Tim Indonesia sendiri, kalah 3 kali dari 3 pertandingan dan langsung tersingkir meskipun menjadi tuan rumah. Selain itu, digambarkan juga sedikit mengenai kota Jakarta dan Patung Selamat Datang-nya.

5. Dandoh Next Generation
http://i31.tinypic.com/24v15xw.jpg

Manga ini bercerita tentang golf. Disini diceritakan kalau Indonesia menjadi salah satu penyelenggara pertandingan golf tersebut.

6. Dragon Ball Series
http://i48.tinypic.com/14e81ti.png

Tahu kan komik Dragon Ball? ada satu panel di komiknya ketika Master Roshi membawa koper yang bertuliskan “BALI”. Selain itu, kalau dilihat-lihat konsep arena kejuaraan bela diri sedunianya mirip kayak di Bali kan ya?

7. Tintin : Flight 714
http://3.bp.blogspot.com/_hIa1XYzu71c/TGt4GnfjkRI/AAAAAAAABKc/Kr65TRjYXhE/s1600/TinTin+Flight+714.jpg

Ada satu episode disaat Tintin dan Kapten Haddock berkunjung ke Jakarta. Mereka datang ke Jakarta naik pesawat dan mendarat di Kemajoran Airport, Djakarta (emang begitu tulisannya).

8. RahXephon
http://i857.photobucket.com/albums/ab140/panzoel/e.jpg

Di manga ini ada satu tokoh utama yang bernama Elvy Hadhiyat yang berasal dari Indonesia. Dia ini salah satu pilot robot yang paling handal di kesatuannya, julukannya adalah “Bunga Mawar”.

9. Fight Ippo
http://www.kutukutubuku.com/2008/_res/picture/7783-fight_ippo.jpg

Manga ini bercerita tentang Ippo yang meniti karir sebagai petinju. Di manga ini, diceritain kalau ada salah seorang juara tinju yang akan menjadi lawan Ippo selanjutnya. Si juara tinju itu merupakan juara dari Indonesia dan dijuluki sebagai petinju yang jenius.

10. One Piece
http://www.nautiljon.com/images/ost/3/0/9/one_piece_-_music_song_collection_1_903.jpg

Kalau dilihat-lihat, konsep Arlong Park yang ada gapura dan bernunsa pantai itu mirip dengan setting di Bali lengkap dengan Pura-nya. Ada juga nama pulau Jaya, yang diambil dari pulau Irian Jaya. juga, ada satu tokoh antagonis bernama Enel, dia memakai celana batik.

11. Crush Gear
http://www.animenewsnetwork.com/thumbnails/fit200x200/encyc/A1686-7.jpg

Pernah diceritakan di satu episodenya kalau ada peserta kompetisi Crush Gear yang asalnya dari Indonesia. nama orang itu Pedan Medu dengan Crush Gear-bernama Langit. Satu Lagi namanya Tomba Giliran, nama Crush Gear-nya Tradisi.

12. The 99
http://4.bp.blogspot.com/_8I-GsaVJyF4/Szin4mHHgTI/AAAAAAAACNk/C1wi_sNd3tk/s400/the+99.jpg

Dalam komik ini, ada satu tokoh superhero yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Padang. namanya Fatah alias Toro Ridwan. Komik ini sendiri bercerita mengenai orang-orang berkekuatan super yang kekuatannya diilhami dari 99 nama di Asmaul Husna. Fatah sendiri mempunyai kekuatan untuk berteleportasi dari satu tempat ke tempat lain.

13. Cowboy Bebop
http://3.bp.blogspot.com/_Ux72xpLk53w/S8l5EOSH5_I/AAAAAAAAAS4/xm_xVt_5EOs/s1600/cowboy_bebop.jpg

Diceritakan ketika si tokoh utama memasuki orbit Mars, ada suara dari petugas di Mars-nya yang memakai bahasa Indonesia. Katanya “Selamat datang di orbit Mars”.

14. Komik Marvel
http://3.bp.blogspot.com/_VE5NvpKGb-U/SCkIgKfvg1I/AAAAAAAABZA/o8XTiXXNr74/komodo2.jpg

Ada satu tokoh yang asalnya dari Indonesia, namanya Melati Kusuma. Cewek ini mempunyai kekuatan untuk berubah menjadi manusia komodo. Dia bisa menyembuhkan diri sendiri dan mempunyai cakar yang sangat tajam. Bahkan dia pernah melawan Spiderman dan Hulk.

15. Harlem Beat
http://jauharkholis.files.wordpress.com/2010/03/logo.jpg

Di volume terakhir, ada salah satu tokohnya yang akhirnya pergi ke Indonesia.


Sumber : http://www.zonamaya.info/2010/12/15-penampakan-setting-dan-tokoh.html

5 komentar:

  1. gan.. ane uda nyari di http://crushgear.wikia.com tapi nggak ada yang disebut pedan medu, langit, ataupun tardisi

    BalasHapus
  2. yg dragon ball ane setuju, di tp pertandingan ada yg tpnya ky gapura di bali, 1 lg kera sakti jg ada gambar borobudurnya

    BalasHapus
  3. klo the 99 emang buatan orang indonesia deh kayaknya

    BalasHapus
  4. History’s Strongest Disciples tu dh ad manga-ny di indonesia?

    BalasHapus
  5. anonim 9 desember goblok......
    apa ndak baca judulnya apa.....
    komik eropa dan mangga yang terkait indonesia...
    emang kera sakti manga apa....

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails