24 Desember 2010

Cara Menolak Ikut Gabung MLM

Kekuatan MLM (Multi Level Marketing) memang luar biasa kuat dalam menjaring anggota baru karena mereka mengerahkan semua anggotanya untuk mencari anggota baru dengan iming-iming materi yang cukup lumayan besar jika berhasil menjaring downline yang banyak. Anggota MLM yang sukses adalah anggota yang punya banyak anggota kaki atau downline dan berhasil menjual banyak produk dengan nilai yang besar.

Seorang pemain MLM biasanya akan mengajak orang-orang terdekat untuk ikut bergabung bisnis MLM karena lebih mudah diprospek daripada orang asing yang belum dikenal sebelumnya. Biasanya teman, sanak keluarga, rekan bisnis, konsumen pelanggan, bahkan pacar sekalipun akan diajak untuk ikutan gabung MLM demi mencapai cita-cita menjadi anggota MLM tingkat tinggi dengan berbagai materi, bonus, fasilitas dan lain sebagainya yang bernilai sangat tinggi.

Akan tetapi tidak semua orang suka dengan bisnis MLM dengan berbagai alasan. Seorang pemburu anggota baru MLM tidak akan menyerah hanya karena seseorang tidak suka MLM dan mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mengubah pandangan seseorang akan MLM yang sedang digelutinya demi mencapai impian materi dan gelar dalam dunia MLM. Inilah yang harus diwaspadai oleh orang-orang yang tidak suka MLM. Ada beberapa cara untuk menolak tawaran dari orang-orang terdekat kita maupun orang lain yang baru kita kenal yang berani menawarkan MLMnya kepada kita :

1. Langsung Ke Pokok Pembicaraan

Apabila anda sudah muak dengan MLM dalam bentuk apapun dan anda tidak mau berdebat panjang lebar maka yang anda harus lakukan adalah langsung mengarahkan pembicaraan anda ke arah tidak tertarik sama sekali dengan alasan prinsip pribadi yang tidak dapat diganggu gugat. Apabila penawar MLM bertanya alasan apa yang mendasari keputusan bulat kita, jawab saja sudah prinsip akan menolak MLM karena tidak sesuai hati nurani dan jika dipaksa bergabung pun tidak akan mau ikutan menjual produk maupun mencari anak buah baru.

2. Jelaskan Keburukan-Keburukan MLM

Di situs web Organisasi.Org ini telah dijelaskan sebelumnya mengenai efek dampak buruk dari program MLM (multi level marketing). Anda boleh mendengarkan dan mempelajari terlebih dulu MLM yang ditawarkan untuk membandingkan dan mencaritahu keburukan atau kelemahan apa saja yang ada pada MLM tersebut. Kemudian paparkan apa saja sisi jelek bisnis MLM yang ditawarkan tadi. Mungkin akan terjadi perdebatan sengit di mana anda harus bisa menjadi moderator yang baik agar hubungan anda dengan orang yang menawarkan MLM tetap terjaga baik jangan sampai jadi bermusuhan karena MLM.

3. Minta Bantuan Orang Lain Yang Lebih Ahli

Kita bisa mendayagunakan orang lain yang ada di sekitar kita yang kita tahu dia anti MLM dan cerdas dalam menolak tawaran MLM yang ditujukan kepadanya. Lakuakan cara ini jika kita termasuk orang yang sulit untuk menolak atau susah mengatakan tidak kepada orang dekat yang mengajak kita untuk menjadi anggota suatu program bisnis MLM. Orang tersebut bisa orangtua, pacar, kakak, sepupu, teman, sesepuh, dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya MLM pun nantinya akan berhasil kita tolak jika orang yang kita andalkan tersebut berhasil menolak penawaran MLM yang ditawarkan.

4. Cuek dan Dingin (Berlagak Malas)

Terhadap orang yang sedang memprospek MLM kepada kita, kita bisa memasang gaya malas, cuek dan masa bodoh dengan apa yang ditawarkannya. Saat dia menerangkan kita mendengarkan tanpa ada ketertarikan dan memberikan gerakan-gerakan sebagai pertanda kita malas dan muak dengan MLM. Kalau dia bertanya apakah kita tertarik dan mau ikut bergabung MLM bilang saja kita malas sama yang begitu-begituan. Lama-lama nantinya dia akan menyerah juga kalau kita tetap malas dan cuek tidak mau tahu.

5. Kabur Ambil Langkah Seribu dan Masukkan Daftar Hitam

Jika orang tersebut tidak kita kenal sebelumnya atau hanya kenal-kenal sedikit tetapi dia sok kenak sok dekat (SKSD) maka kita bisa menggunakan teknik/metode kabur secara baik-baik dan kemudian melakukan blacklist untuk jaga jarak agar dia tahu kita tidak mau diprospek untuk bergabung menjadi anggota MLM. Pada saat dia mulai melancarkan jurus mengajak MLM kita langsung saja izin karena alasan ada urusan lain yang untuk pergi meninggalkan dia secara baik-baik. Kalau dia minta nomor handphone sebaiknya jangan diberikan dengan alasan tidak biasa memberikan nomor hp kepada orang yang baru dikenal atau bilang saja buru-buru sehingga tidak sempat memberi nomer hape kita kepadanya.


Sumber : http://organisasi.org/tips-cara-menolak-diajak-ikut-gabung-mlm-multi-level-marketing-oleh-teman-keluarga

6 komentar:

  1. cara nolaknya??
    one head shoot udh cukup..

    BalasHapus
  2. Ternyata indonesia banyak juga yang menolak Untuk jadi Kaya....

    Beli aja bukunya Robert Kiyosaki biar faham bro..

    jangan cuma jadi karyawan yang dibayar murah.

    BalasHapus
  3. MLM itu hanya bank dan toko berjalan ,,, bener2 gada gunanya...

    semua org punya prinsip dan g boleh dipaksakan....

    BalasHapus
  4. janagn Bodoh, MPL hanya memperkaya yang punya MLM saja. silahkan dibuktikan!!!!

    BalasHapus
  5. Yang diatas semuanya orang tolol.

    BalasHapus
  6. yg diatasq jg tolol dunk brati

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails