12 Desember 2010

Akankah Timur Leste Masuk ASEAN?


Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao mengharapkan dikabulkannya permintaan dia untuk bergabung dengan Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN). Dia sendiri akan terus berupaya untuk bergabung walaupun nyatanya dia sendiri menyadari kalau Timor Leste belum siap untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

“Namun demikian kepuasan Timor Leste akan tercapai jika permohonan bergabung dengan ASEAN ini terpenuhi pada masa kepimimpinan Indonesia tahun 2010 ini,” jelas Gusmao.

Xananna pun yakin jika Timor Leste masuk ASEAN, maka akan bisa memberikan sumbangan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas kawasan dan memberikan keutuhan ekonomi. Masuknya Timor Leste juga memberikan peluang bagi rakyat untuk aktif dalam berupaya menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Xanana pun menjamin hingga saat ini ASEAN saat ini negaranya stabil, keamanan dan pertumbuhan ekonomi sangat baik. Situasi itu, menurut dia, memotivasi masyarakat Timor Leste berpartisipasi lebih aktif lagi dalam forum kerja sama regional agar mendatangkan investasi lebih besar.


Sumber : http://kampungtki.com/baca/23024

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails