15 Juni 2010

Sinyal Lemah???, Pakai Aja Kaleng...

Sekedar ingin berbagi, mungkin didaerah anda bermukim tergolong padat penduduk, atau kanan-kiri rumah anda tengah tertutup oleh para pencakar langit, atau mungkin tempat anda bermukim tergolong daerah yang belum ada peradaban atau belum pernah terjamah oleh manusia lain kecuali anda sendiri yang mengakibatkan para Engineer Telco pun sampai enggan untuk menginstalasi BTS didaerah anda bertempat tinggal. Apalagi kebutuhan akan koneksi internet sangat menjadi prioritas.

Ada apa dengan tulisan ini? Oke.. tujuan utama adalah memberikan solusi untuk anda yang membutuhkan koneksi internet, tapi sinyal gak ada, kalaupun ada sangat kecil, giliran sudah lumayan besar sinyal yang diperoleh tapi koneksi sering putus tiba-tiba, (based on true story), hari Selasa ketika ingin berselancar internet malam hari ternyata signal lemah banget, sering putus, klo prediksi speed mungkin hanya bisa mencapai 16 kbps (latency diakibatkan karena signal lemah), nah klo udah gitu kesel banget khan? udah bayar katanya speedy jadinya slowly, yang katanya fastnet jadinya slownet, yang katanya broadband jadinya bearbrand (susu beruang..Lho koq?), gara-gara gak tahan nungguin modem meng-eskalasi sinyal akhirnya maen-maen ke Dapur dan gak sengaja liat ada kaleng bekas biskuit, dan kaleng bekas itu ane coba untuk eksperimen,

yupe ini dia kalengnya... dan juga berikut eksperimennya..
Spoiler for Kaleng:
Quote:
Eksperimen cukup dengan mencemplungkan modem ke dalam kaleng secara acak, lebih baik pada posisi tengah, karena setelah dicoba dengan menggeser-geser posisi juga sangat mempengaruhi dari pada sinyal yang didapat dan juga kecepatan transfer datanya. Dan berikut adalah hasil capture speed test lokal server (Server Gedung Cyber Lt. 5) setelah modem dicemplungkan dengan kaleng bekas. (posisi dalam kamar tertutup, hanya mengandalkan celah-celah plafon)
Spoiler for Hasil:
Quote:
Yeah.. I got that speed 1,56 Mbps, padahal sebelumnya boro-boro 1 Mbps, konek aja nggak..zzZzz... ^^a
Speed juga sudah di tes dengan mencoba download file serta mencoba streaming video ke Youtube, hasilnya memuaskan ;D, data transfer rate stabil seputaran 90-101 Kbps (terkadang dapet sampe 2 Mbps lhoo..), padahal menurut penuturan Cust Service Indo*** Depok adalah daerah yang sudah padat pengguna produk mereka, sampai-sampai mereka pun me-rekomendasikan operator lain sebagai jasa internet broadband alternatif.

Dan berikut implementasinya..
Spoiler for Kaleng:

Spoiler for Kaleng:

Spoiler for Kaleng:

1 komentar:

  1. buseeettt parahhh amat tu depok,, uda oVer..
    tp kreatip juGa... manatab boss

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails