14 Juni 2010

Keturunan Indonesia Pimpin Belanda Di Piala Dunia

Giovani van Bronchorst


VIVAnews -
Indonesia masih harus bersabar untuk tampil di ajang sepakbola internasional, seperti Piala Dunia. Meski demikian, ada satu pemain berdarah Indonesia yang berlaga di ajang akbar sepakbola itu, Giovanni van Bronkhost.

Giovanni akan memimpin skuat Belanda melawan Denmark, sore ini. Seperti dikutip dari situs pribadinya, Giovanni mengaku jika ibunya adalah orang Maluku. "Saya lahir di Rotterdam. Nama saya mungkin membingungkan beberapa orang tapi tak ada darah Italia dalam keluarga--ayah saya datang dari Indonesia dan mama saya adalah seorang Maluku," demikian kata dia.

Pria kelahiran 1975 ini mengaku jika mama memang suka dengan nama Giovanni. Masih dari lamannya, Giovanni juga menjelaskan awal mula dia mengenal sepakbola. "Ayah saya yang mengenalkan."

Usia enam tahun, Giovanni sudah mendaftar di klub amatir LMO di Rotterdam untuk belajar sepakbola dimana ayahnya pun menjadi anggota. Mayoritas klub sepakbola di Belanda memiliki klub untuk tim muda.

Sejak itu, Giovanni pun memulai karirnya sebagai pemain sepakbola hingga profesional di usia yang masih sangat muda, 15 tahun. Di usia itu, dia dikontrak klub untuk tim muda, Feyenoord.

"Di level pemuda, Feyenoord, Ajax and PSV mendominasi permainan sepakbola, Namun, tahun 1980an, mayoritas klub sepakbola tidak berkembang dengan baik. Setelah era 1990an dimana saya mulai menjajaki profesional, tak banyak pemain yang bisa bersinar dari klub muda." (hs)

Sumber :
http://pialadunia.vivanews.com/news/read/157540-orang-indonesia-pimpin-belanda-lawan-denmark

4 komentar:

  1. yaialahhhh namanya van Bronchorst ....
    dulukan nama nya van brengkees :P

    BalasHapus
  2. jangan2 geovani dibawa ke belanda di waktu penjajahan nihh????!!!

    BalasHapus
  3. selain van bronchorst, ada juga john heitinga, van persie, n demy de zeeuw.

    BalasHapus
  4. ah ngaku ngaku, malsss

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails