16 Juni 2010

1/3 Mars Ternyata Dikelilingi Lautan

http://wignyokarsono4.files.wordpress.com/2007/10/mars.jpg

Sekitar sepertiga wilayah planet mars diperkirakan adalah lautan ketika 3,5 miliar tahun yang lalu. Hal itu diungkapkan para peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat.

Para peneliti menganalisa sejumlah data-data yang menunjukkan bukti adanya laut. Mereka menganalisa fitur air termasuk nilai dari deposit delta dan ribuan jalur lembah sungai untuk menguji adanya samudra pada masa awal pembentukan Mars.

Xinhua, Selasa (15/6/2010), para peneliti menganalisa dengan menggunakan sistem informasi geografi (GIS) untuk memetakan kondisi geografis di Mars. kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa sekira 36 persen wilayah planet tersebut merupakan wilayah perairan dengan jumlah sekira 30 juta mil kubik atau sekira 124 juta kilometer kubik air.

http://1.bp.blogspot.com/_PP6EYd-KlZk/SbvDtyIcKwI/AAAAAAAAACg/VrWhFoCx2AI/s320/Mars_water.jpg

Jumlah debit air di masa mars kuno terbentuk hingga ketinggian sekira 1.800 kaki atau 550 meter. Namun, lautan di Mars kuno masih jauh dari jumlah wilayah perairan di bumi. Wajar saja mengingat mars memang berukuran lebih kecil dibandingkan bumi.

http://www.media.desicolours.com/2008/mars01.jpg

Hasil penemuan yang dipublikasikan di jurnal Nature GeoScience ini Laut ini juga menemukan bahwa mars memiliki sekira 52 delta sungai yang masing-masing terdiri atas beberapa lembah.

"Ketika laut di Bumi mulai terbentuk, delta dan danau di bumi berfungsi sebagai pelindung habitat laut, kemungkinan nantinya kami akan mempelajari kemungkinan adanya kehidupan di planet tersebut," kata seorang peneliti Dr Gaetano Di- Achille. (okezone.com)



sumber :http://www.beritajitu.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1523:sepertiga-wilayah-mars-didominasi-lautan-&catid=54:ilmu-pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails