16 September 2010

Motor 125 CC Tercepat Di Dunia

Utah - Berbekal bebeberapa perubahan, Honda RS125 akhirnya bisa mengeluarkan tenaga hingga 41 bhp. Dengan tenaga itu, kecepatan 236,2 km per jam pun dapat digapai dengan mudah.

Nah dengan kemampuan berlari cepat itulah akhirnya Honda RS125 berkelir biru ini berhasil menobatkan diri sebagai motor berkapasitas 125 cc tercepat di dunia.

Motor yang menciptakan rekor di padang garam Bonneville, Utah AS ketika dikendarai oleh Scott Kolb tersebut sebenarnya sudah sempat menyentuh angka 202 km per jam lalu meningkat menjadi 219 km per jam sebelum akhirnya menciptakan rekor di 236,2 km per jam.

"Aku sebenarnya masih memiliki jarak yang cukup dan bisa mencapai sekitar 249,44 km per jam bila aku memiliki waktu beberapa hari lagi," ungkap bikers berusia 27 tahun ini seperti detikOto kutip dari Hell for Leather, Rabu (15/9/2010).

Sebelum menciptakan rekor kecepatan itu, Kolb membawa motor lansiran tahun 1996 tersebut ke Martin Eurosports untuk meningkatkan daya mesin dari 36 bhp ke 41 bhp. Tidak lupa, Kolb merancang sebuah fairing yang mampu memotong jalur angin dan mengurangi hambatan hingga dia bisa berlari lebih kencang.

Namun persiapan matang yang dilakukan Kolb ternyata masih menyisakan masalah. Karena ketika sedang berlari motor 2 tak ini bergetar dan membuat mur serta bautnya menjadi kurang kencang.

"Jadi ketika aku sedang melaju aku mendengar suara mencicit yang berasal dari depan dan berpikir bantalan roda bermasalah. Ini makin keras ketika aku sampai ke 228,5 km per jam dan aku tahu dengan sedikit meningkatkan gigi saya bisa memperoleh 6-8 km per jam. Tapi ternyata sekrup longgar dan semuanya baik-baik dan untungnya saya tidak mengalami kecelakaan karena sekrup keluar sampai di suspensi tersebut," papar Kolb.

"Kami lalu menaruh peredam pada semua sekrup, menempatkannya sedikit lebih tinggi sehingga punya cukup waktu untuk berjalan pada hari kelima dimana saya bertemu dengan rekor 236,2 km per jam," pungkas Kolb.

Sumber : http://takunik.blogspot.com/2010/09/motor-125-cc-tercepat-di-dunia.html

2 komentar:

Related Posts with Thumbnails