29 September 2010

Phoenix Selamatkan Penambang Chile Yang Terperangkap


Satu dari tiga kapsul penyelamat yang bernama Phoenix tiba dipenambangan Sabtu (25/9)Photo: AFP/GETTY

Copiapo, Chile - Kapsul "Phoenix" yang berwarna bendera Chile; putih biru merah, merupakan harapan utama bagi pengangkatan tiga puluh tiga penambang yang terperangkap, Senin (27/9).

Dibuat khusus bagi operasi penyelamatan bangunan Angkatan Laut, kapsul sepanjang empat meter itu terlihat seperti cerutu yang terbuat dari logam.

Peti yang memiliki ruang silindris berdiameter 53 centimeter tersebut akan mengangkat setiap penambang ke atas permukaan setinggi 700 meter dari tempat perlindungan mereka.

Para penyelamat berharap bahwa peti logam panjang itu dapat membuat para penambang terlahir kembali, seperti kisah kuno phoenix yang menghidupkan sesorang dari debu.

"Kami menyebutnya Phoenix karena ini seperti menghidupkan para penambang lagi," kata Menteri Pertambangan Chile, Laurence Golborne.

Walaupun waktu pengangkatan para penambang masih lama - paling cepat pada awal November - peti itu telah menggelorakan harapan para keluarga yang menanti di kawasan tambang San Jose.

"Chile, Chile, Chile. Hidup Chile!" teriak para keluarga penambang sewaktu peti kapsul Phoenix sampai di pertambangan, Sabtu.

Peti pertama dari tiga kapsul penyelamat yang akan digunakan pada tahapan utama penyelamatan menandakan akhir cobaan setelah hampir dua bulan terperangkap di bawah tanah.

Sebuah katrol penarik dan derek buatan Austria akan digunkan untuk menurunkan peti penyelamat secara perlahan kedalam tanah.

Para penyelamat mengatakan setiap pengangkatan akan memakan waktu selama satu hingga satu setengah jam yang akan berlangsung selama 24 jam.

Golborne dan beberapa pekerja masuk ke peti itu untuk menjelaskan cara kerja kapsul penyelamat kepada keluarga para penambang, bahkan ada beberapa dari mereka juga ikut mencobanya.

Menteri Kesehatan Chile, Jaime Manalich, mengatakan bahwa sebelum para penambang diangkat, sebanyak dua petugas; seorang ahli penyelamat dan petugas ahli medis, akan diturunkan ke dalam tempat perlindungan di bawah tanah.

Mereka akan memberikan pengarahan bagi para penambang yang akan menaiki kendaraan tersebut ke atas permukaan, tambahnya.

Menurut Manalich, bagian teratas kapsul yang berwarna putih dapat dilepaskan oleh tiga pengungkit yang diatur oleh penambang dari dalam peti.

Jika penambang mengalami kendala ketika pengangkatan, dirinya dapat menurunkan kembali kapsul tersebut ke tempat perlindungan dengan bantuan beberapa roda yang ada di sisi peti.

Kapsul itu juga dilengkapi dengan helm, sarung tangan, persediaan air, makanan, oksigen, dan alat komunikasi yang terhubung langsung dengan penyelamat. Selain itu para petugas medis akan memeriksa detak jantung dan pernapasan mereka secara teratur.

Saat ini, semua alat pengeboran bekerja dengan baik melubangi tanah. "Semua mesin bekerja normal tanpa hambatan," ujar Golborne.

Dari ketiga mesin yang bekerja, Strata-130 menawarkan kesempatan penyelamatan lebih cepat. Pada Sabtu, mesin itu telah menggali sedalam 175 meter setelah menggali lubang pertama agar mencukupi ukuran manusia.

Sumber : http://erabaru.net/internasional/35-internasional/17872-phoenix-selamatkan-penambang-chile-yang-terperangkap

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails