26 September 2010

Mahasiswa Kanada Wujudkan Mimpi Leonardo Da Vinci

Impian Leonardo da Vinci tentang konsep manusia terbang dengansayap terkepak, akhirnya diwujudkan seorang mahasiswa Kanada. Ia mampu terbang dengan pesawat “mengepakkan sayap” bertenaga manusia!

Mesin terbang yang disebut ornithopter, yang menginspirasi terciptanya helikopter modern itu pertama kali digagas Leonardo da Vinci dalam sebuah sketsa di tahun 1485. Namun gadget tersebut tidak pernah benar-benar dibuat.

Sampai akhirnya Todd Reichert, seorang mahasiswa teknik di University of Toronto, membuat sejarah dengan mempertahankan konsep asli penerbangan ornithopter atas sketsa da Vinci, yang diberinama olehnya Snowbird. Pesawat itu diuji coba dan bisa mengudara selama 19,3 detik di ketinggian 475,72 kaki. Snowbird dibangun dari serat karbon, kayu balsa, dan busa. Kendaraan seberat 92,59 itu dibangun dengan kecepatan rata-rata 15,91 mil per jam.

Todd dan pesawatnya membukukan prestasi tersebut pada 2 Agustus 2010, di Great Lakes Meluncur Club di Tottenham, Ontario. Mereka merahasiakan uji terbang itu selama hampir dua bulan sampai pendataan tentangnya selesai dibuat, baru dipublikasikan. Todd dibantu oleh sekitar 30 siswa lainnya telah bekerja keras mewujudkan mimpi Leonardo da Vinci selama 4 tahun.



Sumber : http://www.medantalk.com/mahasiswa-kanada-wujudkan-mimpi-leonardo-da-vinci/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails