28 September 2010

Kisah Hidup Pak Tarno, Pesulap Tradisional Yang Inspiratif


MASTER TARNO

Quote:
Quote:
Hidup miskin
Meski Master Tarno sering tampil di televisi dan acara-acara off-air, kehidupannya tidaklah berubah; tetap sederhana. Televisi di rumahnya, hadiah dari RCTI, sewaktu ia tampil di acara The Master untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, rumah Tarno, di Jalan Duku Timur, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, hanya "dihiasi" sebuah televisi kuno yang sudah tidak berfungsi.

"Saya kalau mau nonton teve ya di rumah tetangga. Sekarang bisa nonton The Master di rumah sendiri. Rasanya seneng banget, nggak pernah kebayang saya bisa main sulap di televisi dan ketemu pesulap terkenal," kata Pak Tarno .

Awalnya, pria yang sebelumnya lama tinggal di Warakas, Tanjung Priok ini, mengaku ragu ketika seorang tetangga menyarankan dia ikut audisi The Master.

"Ya waktu itu saya kan tidak punya uang. Setelah uang buat ongkos cukup, saya mendaftar The Master. Alhamdulillah sekarang diajak bergabung RCTI," kata Pak Tarno.

Sejak kecil, Tarno diasuh neneknya di Brebes, Jawa Tengah, karena ayahnya meninggal dunia dan ibunya pergi ke Sumatera untuk bekerja.

"Nenek saya orang tidak mampu, jadi saya harus bekerja, sejak kecil saya sudah bekerja angon kambing dan sapi milik tetangga. Tapi dibayarnya pakai padi dan diberikan pada nenek," kenang Pak Tarno.

Sekitar tahun 1974 ia nekad merantau ke Jakarta dengan menumpang kereta barang, hingga terdampar di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Saat itu dia hanya punya modal cangkul saja, tetapi paculnya tidak digunakan karena ada peluang menjadi pedagang minyak tanah. Setelah jual minyak tanah, saya jual air keliling, dan yang terakhir sampai sekarang saya jualan mainan anak-anak keliling dengan sepeda dan mangkal di sekolahan .

Berdagang mainan anak-anak setiap hari berpindah dari sekolah satu ke sekolah lainnya, ternyata tidak juga mencukupi hidupnya. Bahkan untuk makan sehari-hari saja kadang tidak cukup. Dia nekad niat puasa setiap hari dan sering juga tidak punya makanan untuk buka puasa, katanya.

Meskipun miskin dan serba kekurangan, namun Pak Tarno tetap tabah dan terus menekuni pekerjaannya berjualan mainan anak-anak. Selain berpuasa dia pun sering sholat hajat di tengah malam dan dilanjutkan dengan dzikir.
Suatu malam Pak Tarno seperti ketemu wali. Pak Tarno tidak sadar saat itu dia sudah berpuasa selama tiga tahun. Setelah dzikir, tiba-tiba mulurnya secara otomatis mengucapkan kata-kata seperti bahasa Jawa kuno, dia hanya mengerti artinya sebagian saja, ungkap Pak Tarno.

Dia pun mengaku ada tiga kalimat panjang yang secara cepat bisa dihafalnya. Keesokan harinya, dia hanya bisa termenung memikirkan kejadian malam itu. Tetapi akhirnya dia mengabaikan yang telah terjadi.

Tetapi, ketika akan berangkat menjajakan dagangannya, Pak Tarno tiba-tiba mempunyai ide membuat permainan sulap. Dia mulai mencoba-coba permainan dari kertas dan terpikir kembali olehnya kata-kata bahasa Jawa kuno yang diperolehnya di tengah malam sebelumnya.

"Itu seperti mantra, tetapi saya pakai kata-kata itu sampai sekarang sebagai bumbu-bumbu sulap yang saya mainkan. Setelah itu, seperti ada ide terus untuk membuat sulapan. Ya maklum karena saya tidak punya modal jadi buat sulap yang sederhana saja," katanya.

Karena penghasilannya pas-pasan, bapak enam putra ini terpaksa menitipkan anak-anaknya kepada familinya. Keikhlasan Pak Tarno menjalani hidup hingga kini dan dibantu oleh istrinya yang menjadi buruh cuci baju di tetangganya, terus dipertahankan.
Quote:
Aksi panggung
Aksi panggungnya dengan gayanya yang alami tetapi sangat lucu, Pak Tarno, panggilan sehari-hari Sutarno, berhasil merebut perhatian penonton.
Simsalabim pok-pok-pok dibuka jadi apa ya? Wah kosong, ulangi ah... Simsalabim dibuka jadi apa? wah masih kosong juga, pakai simsalabim kok nggak bisa ya..? ucapnya.

Pesulap tradisional ini, lalu mengeluarkan mantra-mantra khusus berbahasa jawa kuno dan dilanjutkan dengan simsalabim dibuka jadi apa ya? Penonton pun tercengang karena tiba-tiba muncul burung. Pak Tarno juga pamer makan kertas dan langsung keluar jadi tali yang panjang dan setelah habis kertasnya keluar lagi rantai silet yang juga panjang sekali, kemudian keluar lagi kawat yang juga panjang.

Bahkan Pak Tarno bisa melepas leher dari badannya dan menggoreng telur di atas kepalanya, dengan kompor berbahan bakar kayu. Sebelumnya tabung kompor ditunjukkan kepada penonton bahwa tabung berlubang dikedua sisinya itu kosong, lalu dia letakkan di atas kepalanya kemudian diberi kayu dan dibakar. Dia menggoreng telur hingga matang. Tepuk tangan penonton pun semakin semarak.
sumber

Quote:
Apa yang menarik dari seorang Pak Tarno ?
Yang menarik dari Pak Tarno adalah karena keluguan dan kesahajaannya, beliau tidak memakai make up, gaya bicaranya juga tidak dibuat-buat, khas Tegal, penataan peralatannya juga kurang rapi, tetapi terlihat sekali bahwa beliau mengerjakan hal tersebut dengan hati, terlihat sekali bahwa celetukan-celetukan lucu pak Tarno dikeluarkan dari hati, tidak ada beban yang dibawa pak Tarno selain beliau harus bisa menghibur penonton .
Quote:
pelajaran yang kita dapat dari pak Tarno ini ?
Pelajaran yang kita dapat dari Pak Tarno ini adalah, apapun kegiatan kita, apapun pekerjaan kita, atau apapun yang akan kita lakukan, hasilnya tidak akan sempurna jika kita tidak mempunyai hati untuk melakukannya, kalau hati kita sudah tercurah untuk apa yang akan kita lakukan, secara otomatis kita akan menyenangi kegiatan kita, kalau kita senang dengan kegiatan kita, hasilnya pun akan maksimal. Yang sering terjadi adalah kalau kita berada dalam situasi "Work Under Pressure", kita cenderung tidak melibatkan hati kita, bekerja dengan bersungut-sungut, mengeluarkan sumpah serapah, menyalahkan orang lain, dan akhirnya hasilnya mengecewakan. Pak Tarno mengajarkan satu hal :
BEKERJA DENGAN HATI
budayakan rate dan comment
jangan lupa cendolnya ya klo udah ISO
ini dia videonya gan!!!!


Sumber : http://saatnyasantai.blogspot.com/2010/09/kisah-hidup-pak-tarno-pesulap.html

9 komentar:

  1. salut degan pak parno,,,:)

    BalasHapus
  2. Ya Allah..salut buat pak tarno, Pak Tarno The Master of LEGOWO..Mantab pak, angkat aku sebagai Muridmu dalam mempelajari kesabaran dan Bekerja Dengan Hati!

    BalasHapus
  3. Maju teruss 'pak tarno,,!

    BalasHapus
  4. semangat terus pa Tarno,

    BalasHapus
  5. saluuuut
    bravo pak Tarno
    tetap berjuang dan berdoa

    BalasHapus
  6. ini diaaaaa......yang di sebut.. "muka kampung...rezeki kota..." salut...saluuuttt........pok..pok... :P

    BalasHapus
  7. semoga bisa menginspirasi bagi para pembaca lain ..
    makasih yah gan

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails