2 Maret 2011

3 Cara Agar Tidur Siang Lebih Bermanfaat

Tentu, tidak ada kantor yang menyediakan ruang tidur untuk karyawannya (kecuali mungkin kantor-kantor di bidang kreatif, yang mengharuskan karyawannya untuk bekerja hingga larut malam). Namun bila ruang khusus ini tak disediakan, tak ada salahnya untuk mencoba menciptakan sudut yang nyaman untuk sekadar memejamkan mata.

Meluangkan waktu untuk tidur-tidur ayam penting dilakukan, karena menurut penelitian hal ini memberi banyak manfaat. Di antaranya, meningkatkan produktivitas, memperbaiki memori, melepaskan stres, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Namanya tidur ayam, tentu Anda tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk itu. Namun, agar tidur ayam ini memberikan manfaat maksimal, Anda perlu mengikuti aturan mainnya:

* Batasi waktunya hingga 30 menit saja. Maksudnya, 10 menit untuk mengantarkan Anda ke alam tidur, dan 20 menitnya untuk tertidur lelap. Manfaat tidur selama 5-20 menit saja bisa dirasakan hingga 3 jam berikutnya. Pikiran menjadi segar, badan pun jadi bugar. Lebih dari 30 menit, Anda justru akan kesulitan bangun. Mata harus dipaksa untuk membuka, dan badan jadi lemas.

* Buat diri Anda nyaman. Caranya, lepas sepatu Anda, renggangkan ikat pinggang, dan bila mungkin, atur sandaran kursi Anda hingga posisi tubuh lebih nyaman untuk tidur. Semakin nyaman diri Anda, semakin mudah Anda tertidur. Jika Anda merasa lebih aman dan nyaman tidur di dalam mobil, jangan ragu untuk melakukannya.

* Jangan tidur terlalu sore. Tidur lebih cepat akan mencegah Anda terlalu pulas, dan dengan sendirinya lebih bermanfaat. Anda bisa menjadi lebih waspada, mampu memperbaiki performa kerja, dan mempercepat respons Anda.

Sumber : http://female.kompas.com/read/2011/02/28/14295939/3.Cara.Agar.Tidur.Siang.Lebih.Bermanfaat

4 komentar:

  1. PERTAMAXXXX......zzzz....zzzzzz....zzzzz

    dan yang penting, jangan tidur siang saat ...RAPAT PENTING !

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. anonim 1 dodol !.....justru tidur saat rapat itu uuuueeeeenaaak banget....selama gak ketauan.

    BalasHapus
  4. mantap nih, trik yg berguna banget buat penggila kerja kayak ane :D

    wkwkwkw

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails