29 Maret 2011

Roy Suryo Berebutan Kursi Pesawat Lion Airv

Roy Suryo di Lion Air

Anggota DPR Roy Suryo dan seorang penumpang lain berebut kursi pesawat Lion Air. Setelah terjadi kehebohan dengan pilot, serta diusir oleh penumpang seisi kabin, Roy akhirnya turun dari pesawat.

Kejadian ini dilaporkan melalui Twitter oleh penumpang tersebut, Ernest Prakasa. Pagi itu (26/3) Ernest naik ke pesawat Lion Air untuk penerbangan ke Jakarta-Jogja pukul 6.15. Sesampainya di kabin, Ernest mendapati kursinya sudah diduduki oleh Roy Suryo. Kursi rekannya juga sudah diambil oleh istri Roy.

Pagi itu pesawat dalam kondisi penuh sehingga rombongan Ernest tidak dapat dialihkan ke kursi lain.

Ternyata Roy salah naik pesawat. Tiket Roy Suryo untuk penerbangan pukul 7.45, bukan 6.15. Walaupun begitu, Roy keukeuh tidak mau turun, bahkan membawa nama-nama direktur Lion Air, kata Ernest. Laporan dari penumpang lain bernama Jonny Herjawan, Roy juga mengatakan “Kamu tau siapa saya.” Belakangan Roy menyangkal kalau salah naik pesawat.

“Pilot membanting kopernya dan berteriak ‘Pejabat memang anjing!‘”

Kejadian semacam ini sebetulnya bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Pada Sabtu 4 September 2010, penumpang Garuda GA 222 harus bersabar 20 menit menunggu rombongan Ibas, putra kedua presiden SBY. Pesawat yang harusnya berangkat pukul 09.30 WIB baru bisa terbang pukul 09.50 WIB. Dalam kasus lain, pilot Garuda Rendy Sasmita Adjiwibawa mengaku ia pernah diperintahkan untuk mendarat lagi karena seorang menteri ketinggalan. Padahal saat itu pesawatnya sudah lepas landas dan mengudara.

Dalam kejadian Ernest dan Roy Suryo, pilot Lion Air nampak lebih tegas daripada Garuda. Pilot telah dua kali menginstruksikan pramugari untuk segera menutup pintu kabin. Akan tetapi karena Ernest masih berdiri belum mendapatkan kursi, maka pintu tidak dapat ditutup. Kemudian, pilot pesawat keluar dari kokpit dan berteriak kepada pramugari, “Jam berapa ini! Kita sudah terlambat!”

Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 6.30, terlambat 15 menit dari yang dijadwalkan 6.15. Setelah pramugari menjelaskan situasinya, pilot kembali masuk ke kabin.

Dari ceritanya di Twitter, Ernest mengaku sempat berpikir untuk mengalah. Namun, ketika hendak meninggalkan pesawat, penumpang seisi kabin justru riuh membelanya. “Jangan mau mas! Jangan ngalah ama pejabat!” Seorang penumpang berteriak “Roy Suryo, turun! Jangan kayak Nurdin Halid gak mau turun!”

Beberapa saat kemudian, Ernest melihat pilot pesawat keluar dari kokpit, membawa koper, dan membanting pintu. Di luar gerbang pesawat yang jaraknya sekitar 2 meter dari Roy, Ernest mendengar kalau pilot membanting kopernya dan berteriak “Pejabat memang anjing!” Dari pramugari diketahui bahwa pilot tidak mau menerbangkan pesawat kalau rombongan Ernest sampai diturunkan dari kabin.

Akhirnya Roy Suryo bersedia turun setelah diyakinakan oleh petugas bandara. Roy menghadap ke seisi pesawat dan minta maaf. “Maaf sudah menganggu penerbangan Anda” kutip Ernest. Politisi Demokrat dan istrinya akhirnya turun sementara para penumpang menyoraki sambil tepuk tangan.

Roy Suryo menyangkal kalau dia salah naik pesawat. Melalui akun Twitternya, ia mengatakan bahwa tiket pesawatnya sudah dimajukan oleh Lion Air, tetapi terjadi miss sehingga terjadi double seat.

Roy Suryo Minta Maaf

Walaupun telah minta maaf kepada seluruh penumpang, Roy menilai kesalahan ada di sisi Lion Air.

“Kalau mereka nggak salah nggak mungkin saya dicarikan pesawat yang paling cepat berikutnya. Buktinya sekarang saya sudah di Yogyakarta,” ujar Roy, seperti dikutip oleh detikcom.

UPDATE

  • Kapten Lion Air bernama lengkap Krisno Ajiasvino membantah telah mengatai pejabat seperti Roy Suryo. Bantahan ini disampaikan melalui sepupunya Banyu Biru Djarot ke email ke redaksi detikcom.
  • Sesuai KUHP, Krisno memang bisa dijerat pidana atas tuduhan perbuatan yang tidak menyenangkan terhadap Roy Suryo.

14 komentar:

  1. Pejabat Emang Anjing.....!!!
    Gua Kena pasal undang Undang Tentang Elektonik
    Tangkap Saja Saya..... Ga Peduli Gua,Gua Dah Muak Sama Pejabat Di Indonesia.....!!!

    BalasHapus
  2. Rakyat hina pejabat bisa dijerat KUHP
    Pejabat hina rakyat udah biasa

    BalasHapus
  3. Anonim 1 : kalo beneran di tangkep nangis2 lu kaya bocah...belagu si lu..so berani....

    BalasHapus
  4. tangkap sono burung perkutut si roy wkakkaka

    BalasHapus
  5. baru jadi dpr uda belagu apalagi menteri.
    bibit nya udah keliatan neh........ taring nya udah mulai tumbuh dan bentar lagi tanduk nya tumbuh juga

    BalasHapus
  6. MANTAP...HIDUP RAKYAT

    BalasHapus
  7. waktunya brangkaaaaaaaaaattttttttttttttt.. pak pilot jalan..

    BalasHapus
  8. kkwkwkwkkwkwkw... ternyata semua pejabat sama saja

    BalasHapus
  9. roy suryo sapa sh...?
    pakar bokep kh..>?

    BalasHapus
  10. RRRRRRRRRRR,,,,,,rrrr,,rrrrr,,,, gukk,,guk,,,gukk,,, rrrrrrr,,, guk,,,

    BalasHapus
  11. pejabat = keparat. disekitar gue banyak pns dan kelakuan nya hampir sama aja bahkan keluarganya wuih sok kayak orang penting . apa semua pegawai negri, pejabat dan semua yg berhubungan dengan pemerintahan memang gitu ya apa gak nyadar kalau manusia bakalan mati? semoga aja idup mereka enak didunia bukan diakhirat karna kalau enak didunia dan akhirat kasian rakyatnya gak kebagian tempat.

    BalasHapus
  12. Jiaaaahaaaa belom apa2 udah ketauan belangnya,,,,Penjabat Indonesia gaka ada yang bener!!

    BalasHapus
  13. Perlu masuk Guiness Book "Orang ter-ngeyel kedua di Indonesia (setelah Nurdin)". Masak Pesawat jam masi jam 7.45 'ngeyel' numpang pesawat 6.15.

    Tp ini bukan kejadian pertama Sukro dtg super pagi. Waktu meeting perdana ya dia sbg anggota DPR, udah dtg nya ontime. Salah interupsi pula. Selama meeting ngapain Kro...Tidur? :D
    http://www.detiknews.com/read/2009/09/30/123206/1211775/10/roy-suryo-lakukan-interupsi-perdana-eh-kok-sudah-salah

    BalasHapus
  14. "Roy Suryo memang anjing" ....ayo! tangkap aja gwe. Gwe mang udh muak sama tu orang. Baru dengar n liat beritanya aja. Belum lgi kalau liat langsung. Kalau ada t**k udah kulempar ke muke nye...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails