31 Maret 2011

10 Fakta Unik Mengenai Makanan

Makan...makan...dan makan, setiap hari kita makan, namun tahukah kita riwayat dari makanan tersebut? Darimana asalnya, bagaimana ditemukan, mungkin setelah kita mengetahui 10 fakta ini kita akan terkejut. Mari kita lihat satu persatu.

10. Kue Keberuntungan (Fortune Cookies)

















Kue
keberuntungan ditemukan di San Francisco pada tahun 1909, di TeaGarden Japanese Restaurant. Pada tahun 1916, Los Angeles produsen mieDavid Jung mengklaim sebagai penemu, tapi pengadilan San Fransiscomemutuskan bahwa Makoto Hagiwara, Pj Jepang Golden Gate Park TeaGarden, adalah pembuat kue, yang disajikan untuk pengunjungnya.

9. Kacang Tonka














Kacang
Tonka yang mematikan (sering ditambahkan ke parfum sebagaialternatif murah untuk aroma vanili) adalah dilarang di Amerika Serikatsebagai makanan
aditif. Walaupun sangat beracun, kacang ini populerdinikmati di Perancis pada kue-kue berkualitas tinggi (gambar diatas).Meskipun reputasinya sebagai pembunuh, hanya beberapa negaramelarang penggunaannya dalam makanan. Bau kacang Tonka segar sepertikombinasi pahit, almond vanili dan cengkeh. Hal ini unik dalam campuranselera, yang mengapa begitu sangat dihargai di rumah-rumah kue terbaikEropa.

8. Chicken Tikka Masala















Ayam
tikka masala,
kari yang sangat populer India, bukan ditemukan oleh orang India. Ini ditemukan di Glasgow, Skotlandia. Ya, salah satu masakanIndia paling dicintai berasal dari rumah Haggis dan hogmanay. Hal ini,menurut statistik, hidangan "India" paling populer di Inggris.

7. Korean Table Manners











Di Korea
, sampai hari ini, ketika orang muda sedang makan denganseseorang yang lebih tua, mereka harus mengubah wajah mereka jauh darianggota tua dari meja dan menyeka bibir mereka dengan tangan merekaketika meneguk alkohol. Hal ini dilakukan sebagai tanda hormat. Pentingnyamenghormati ditemukan di mana-mana di Korea: bahasa Korea memiliki lebih dari 600 akhiran kata yang berbeda untuk digunakan dalam situasisosial yang berbeda, tergantung pada senioritas. Hal ini membuat Koreabahasa tersulit di dunia untuk belajar, meskipun sederhana alfabet nya 24huruf (Hangul).


6. Fish n Chips
















Shark
dan Tatties (diucapkan "hiu dan-tay tee") adalah istilah slang SelandiaBaru untuk ikan dan chips - alternatif renyah ke versi Inggris, yang biasanyalembek dan disajikan dengan kulit pada, disertai dengan sisi abu-abumatang 'lembek 'kacang polong. Seperti namanya, ikan yang paling umumdigunakan di Selandia Baru untuk hidangan yang menyenangkan adalah hiu(hiu rig untuk tepatnya - digambarkan di sini). Karena orang-orang mungkinmenjadi marah, daging dipasarkan dengan nama "Lemon Fish".


5. Indoor BBQ













Memasak
dengan arang di dalam rumah dapat mematikan, karenapelepasan karbon monoksida. Meskipun demikian, arang putih (arangbinchotan) umumnya digunakan di dalam rumah di Jepang dan Korea, sertadi restoran Asia di seluruh dunia (setidaknya dua restoran di Californiamenggunakan 100% panggangan arang indoor). Dengan ventilasi yangbaik, arang putih dapat dengan aman dimasak. Arang putih tidak menghasilkan asap karena dibuat dengan cara khusus, dan konsekuensinyameminjamkan rasa halus dan murni untuk daging panggang. PusatPengendalian Penyakit AS mengatakan arang yang sebaiknya tidakdigunakan di dalam ruangan (termasuk arang putih) karena ada resiko kematian karena karbon monoksida, tapi hal itu tidak menghentikan orang diAsia dari meneruskan tradisi mereka 1.000 tahun melakukannya. ArangPutih adalah jenis khusus yang dihasilkan dalam cara yang sangat berbedadengan arang hitam. Arang ini sekuat baja, dan ketika Anda telah selesaimemasak Anda dapat membuang air di atasnya dan menggunakannya lagi, setidaknya tiga kali.


4. Waktu Minum Teh
























Apakah Anda ingin datang untuk minum teh? Jika Anda mengunjungiKerajaan Inggris (dan negara-negara persemakmuran) Anda mungkin akanterkejut dengan apa yang Anda dapatkan jika Anda mengatakan ya. Teh,untuk kebanyakan orang Inggris dan persemakmuran, berarti makananutama(di malam hari) - bukan secangkir teh dengan scone diminum padasore hari - seperti yang dikenal kelas atas Inggris .


3. Dingin atau Panas?














Apakah
Anda pernah makan pepermint dan dihirup pada saat yang sama,hanya untuk menemukan rasa yang membakar mulut Anda? Bahkan, mulutAnda semakin dingin! Peppermint mengandung jejak mentol yang tinggimemicu reseptor dingin mulut Anda. Di sisi berlawanan cabai memicureseptor panas mulut. Jika Anda ingin mencoba eksperimen aneh, kunyahlahsebuah cabai dan peppermint pada saat yang sama. Oh - dan untukmembuat hal-hal bahkan lebih menarik-sementara mint membuat Andaberpikir bahwa Anda makan sesuatu yang dingin, suhu sebenarnya daerah yang terkena tetap sama sebelum, selama dan sesudah konsumsi....


2. Warna lobster














Lobster
selalu merah. Sebelum Anda memasak lobster tampak abu-abu-biru,dan ketika Anda memasaknya ternyata pink. Tapi ini bukan karena ada sesuatu yang berubah warna pigmen merah sudah ada. Pigmen merah dishell lobster adalah dikelilingi oleh pigmen lain (abu-abu dan biru), danketika mereka dipanaskan
pigmen mereka hancur, sedangkan pigmenmerah tahan api dan mereka tetap. Pigmen merah yang disebut astaxanthin.

1. Jelly? Jello-o? Jam? Conserve?













Jelly
dan selai adalah hal yang berbeda. Selai dibuat dari buah-buahan yang dihancurkan (dengan gula), jelly adalah jus buah berbentuk gelatin (dengangula) tetapi disebut Jell-o di negara-negara Serikat (di AS Jelly adalah selai jika tidak ada potongan buahnya). Dan Conserve adalah seluruh selai yang dimasak dari beberapa buah dengan gula.

3 komentar:

Related Posts with Thumbnails