31 Maret 2011

Mengenal Permainan Olahraga Skimboard di Kota Sampang Madura

Ingin bermain surfing tapi jauh dari pantai?? Atau pantai di kota terdekat minim ombak?? Mungkin skimboarding solusinya. Yah, skimboard, sebuah permainan papan luncur yang cukup dimainkan di bibir pantai tanpa perlu ombak besar. Atau bisa juga dimainkan di genangan air. Bahkan di halaman rumah!!

Di Kota Sampang, Madura, mulai terbentuk komunitas baru, yakni Komunitas Pemain Skimboard. Tidak hanya baru, tapi komunitas itu juga tergolong unik dan menarik. Uniknya, permainan itu hanya menggunakan papan seluncur. Dan menariknya, permainan tersebut hanya bermodalkan keberanian.

Sisi lain, permainan tersebut termasuk yang pertama di Sampang. Tidak hanya di Kota Bahari, justru, informasinya permainan itu termasuk permainan pertama di negeri seribu pulau, Indonesia. Karena di luar negeri, yang memiliki permainan yang mengandalkan pantai dengan kedalaman air laut hanya se mata kaki tersebut hanya di Filipina.

Menemui para pemuda pecinta skimbord tersebut tidak terlalu sulit. Sebab mereka selalu beraktivitas di pantai wisata Camplong.

Sesuai dengan namanya, Skimboard memiliki arti papan seluncur. Sehingga untuk memainkan permainaan menarik itu tidak membutuhkan banyak biaya. Caranya, hanya dengan modal papan seluncur. Dengan modal itu, siapapun sudah bisa mencoba untuk bermain Skimboard tersebut.

“Modalnya cukup memiliki keberanian,” ujar Moh. Imron Sjaifuddin, perintis permainan ini. Kini, komonitas yang didirikan oleh Imblo –sapaan Moh. Imron Sjaifuddin–sudah memiliki lebih dari 20 kader yang mahir bermain Skimboard. Dari para pemain tersebut, kemampuannya bertingkat - tingkat.

Skimboard memiliki 5 tingkat trik permainan. Pertama trik Three Sixty atau papan berputar 360 derajat. Trik kedua adalah tumpuan kaki dengan tangan jadi satu atau dikenal dengan Fire Hydrant. Yang ketiga memutar papan ala skateboard atau akrab disebut Shove It. Sementara trik keempat adalah Ollie.Trik dengan meloncat dan papan terbang sekaligus dengan si pemain. Yang terakhir adalah Head Standing, trik dengan kepala pemain sebagai tumpuan.

Lumrah bagi orang awam untuk lebih mengenal surfing daripada skimboard ini. Selain karena surfing lebih akrab di telinga kita, skimboard juga tergolong permainan baru, khususnya di Indonesia. Apalagi permainan ini hanya berkembang massif di pantai-pantai yang bukan merupakan tujuan wisata, seperti Madura ini. Nah, Imblo ini bisa dikatakan sebagai salah seorang godfather komunitas skimboard di Indonesia, khususnya di pantai Camplong Sampang ini. Perintis ini telah banyak merangkul anak muda Sampang untuk menemukan dunianya di skimboard. Mencoba untuk membuat sejarah skimboard di pulau garam dengan terus bergulat dengan papan luncurnya. Harapannya skimboard bisa sejajar dengan surfing dan dapat digelar kejuaraan skimboard nasional kelak. Semoga.








5 komentar:

  1. mo nyoba ah.. moga ga patah ni pinggang heheheh

    BalasHapus
  2. thank buat infonya gan, tapi saya belum berani permainan ini, masih takut...

    BalasHapus
  3. wiidih keren banget, jd penasaran mau nyoba nih . liat2 videonya skimboarding emang seru banget kayanya

    BalasHapus
  4. Gue sih baru nyoba skimboarding sekali pas di dreamland beach bulan lalu, seru sih cuma blm tau banyak tekniknya aja

    BalasHapus
  5. Gokil nih bro skimboarding dan secara tidak langsung mirip sama surfing

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails