2 Maret 2011

10 Fakta Tentang Formula One (F1)

Apabila menonton Formula 1 biasanya kita cuma memperhatikan jumlah putaran, berapa jumlah waktu yang ditempuh untuk satu putaran, posisi para pembalap, pembalap bahkan tabrakan, dll. Tapi dibalik itu semua ternyata banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kita ketahui dalam Formula 1. dan ini dia beberapa diantaranya. mari kita simak bersama.


1. Dalam 1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2 Kg. Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain. jadi kalau ada teman-teman yang kelebihan berat badan bisa numpang mobil F1 ini saat balapan, he he... becanda....




2. Jarak pengereman yang dibutuhkan rata-rata mobil F1 dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force atau tekanan sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya sendiri. jadi jika si pembalap mempunyai berat badan normal 70kg, pada saat proses mengerem tubuhnya akan bertambah berat menjadi 350kg. bused dah.., Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 detik. maka tidak jarang jika orang yang tidak biasa berada di dalam cokpit mobil F1 saat pengereman dipastikan langsung pingsan. makanya.. jangan sepelekan seorang pembalap F1. kalau atlet angkat besi mah, lewaaaat... he he..



3. Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan adalah sebanyak 28 ton. yang terdiri atas spare parts, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 benda spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team.



4. Sebuah team balap F1 setidaknya membawa 100 radio komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop. wah, wah... kalau diminta satu aja kira-kira dikasi ga ya...

5. Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius. itulah mengapa tubuh para pembalap bisa menyusut hingga 2 kg lebih dalam 1 balapan.




6. Setir kemudi pembalap F1 mampu memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. dan tak lupa juga dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear. jadi mobil F1 tidak memiliki tuas persneling seperti halnya mobil-mobil kebanyakan, mereka tinggal memainkan jari untuk pemindahan gigi/gear mobil F1.




7. Jumlah putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan 2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara seluruh dunia.

8. Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. dan itu semua tidak termasuk bahan bakar yang mereka habiskan untuk free practice

9. Khusus di sirkuit san marino, Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya” melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi. itu desebabkan oleh lebar sircuit yang sempit dan juga banyak memiliki tikungan tajam serta minim trek panjang. hmm... apa ga pegel tuh...


10. Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter. yang pengen jualan air minum dijamin laris manis disini

7 komentar:

  1. gila q g nyangka, kira2 orang indonesia bisa g ya masuk F1 klo kya gitu cara n sadisny kondosi mobil F1

    BalasHapus
  2. kayaknya ni udah pernah di posting deh . .

    BalasHapus
  3. Malaysia Boleh!

    Malaysia ada 2-Team dalam F1, 1: Team Lotus, formerly Lotus Racing and also referred to by the company name 1Malaysia F1 Team.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Lotus_Racing


    2: The Renault Formula One team, currently trading as Lotus Renault GP Limited. Malaysia Formula 1 Driver: Fairuz Fauzy

    http://en.wikipedia.org/wiki/Fairuz_Fauzy

    BalasHapus
  4. thanks infox (nd)

    BalasHapus
  5. nice info....

    tetep gue ngiler ama engine-nya !!!!

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. "Anonim mengatakan...

    Mari kita satukan dukungan untuk NURDIN HALID"

    Dapat berapa duit ching?

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails