21 September 2010

Tentara Amerika Bunuh Rakyat Afghanistan Demi Olahraga


tentara as

Tentara AS sedang beroperasi

Washington - "The Washington Post" melaporkan bahwa sekelompok tentara Amerika Serikat menghadapi tuduhan menyasar secara acak dan membunuh warga Afghanistan untuk olahraga.

Mengutip naskah hukum dan wawancara dengan mereka yang terlibat dalam perkara itu, koran tersebut menyatakan perkara itu melibatkan anggota jahat dari peleton Brigade Tempur Stryker 5, Divisi Infanteri 2.

Menurut laporan tersebut, permainan itu dimulai pada musim dingin lalu, ketika seorang Afghanistan mendekati tentara tersebut di desa La Mohammed Kalay.

Ketika orang itu dekat, satu tentara membuat tipu muslihat bahwa mereka diserang, melemparkan granat di tanah, kata suratkabar tersebut.

Lalu, tentara lain melepaskan tembakan, membunuh orang itu.

Menurut "The Post," serangan tanpa alasan pada 15 Januari itu adalah awal dari berbulan main tembak terhadap rakyat Afghanistan, yang mengakibatkan beberapa tuduhan terhadap tentara Amerika Serikat sejak serbuan negara adidaya tersebut pada 2001.

Anggota peleton itu dituduh mengerat dan memotret mayat, selain menyimpan tengkorak dan tulang-belulang manusia. "The Post" menyatakan bahwa Ayah salah satu tentara menyatakan berulang kali mencoba memperingatkan tentara itu setelah anaknya bercerita tentang pembunuhan pertamanya, tapi ditolak.

Naskah tentara menyatakan bahwa lima anggota satuan itu melakukan tiga pembunuhan di propinsi Kandahar antara Januari hingga Mei, kata suratkabar tersebut.

Tujuh prajurit lain telah didakwa melakukan kejahatan terkait dengan perkara itu, termasuk penggunaan ganja, upaya menghalangi penyelidikan dan serangan balas dendam bergerombol atas yang membocorkan kejadian tersebut.

Pejabat Angkatan Darat belum mengungkapkan alasan pembunuhan itu. Tapi, tinjauan atas naskah pengadilan tentara dan wawancara dengan orang dekat dengan penyelidikan tersebut menunjukkan pembunuhan itu dilakukan pada dasarnya untuk olahraga oleh tentara pengguna ganja dan alkohol.

Namun prajurit itu menyangkal tuduhan tersebut, kata "The Washington Post".

Pada saat itu, tentara tersebut ditugaskan mengamankan pertemuan antara perwira Amerika Serikat dan tetua suku.

Korban di kalangan rakyat naik 31 persen dalam enam bulan pertama 2010, hal ini dinyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada pekan pertama Agustus, dengan korban pada anak-anak naik 55 persen.

Pemimpin pasukan asing Amerika Serikat di Afghanistan tahun lalu, Jenderal Stanley McChrystal, memberlakukan pembatasan penggunaan serangan udara, yang mengakibatkan penurunan jumlah pembunuhan "tidak sengaja" dalam paruh tahun pertama tahun ini, kata laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa baru-baru ini.

Pemimpin baru pasukan asing, Jenderal David Petraeus, juga mengeluarkan perintah pada awal Agustus untuk menghindari korban di kalangan warga masyarakat.

Namun, laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 10 Agustus menyatakan jumlah korban di kalangan rakyat jelata dalam perang itu meningkat sepertiga dalam enam bulan pertama tahun ini, mencapai 1.271 orang.

NATO dan Amerika Serikat menempatkan hampir 150.000 tentara untuk melawan Taliban di negeri terkoyak perang itu.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan perlawanan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh serbuan pimpinan Amerika Serikat pada 2001, karena menolak menyerahkan pemimpin Alqaida Osama bin Ladin, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan di wilayah negara adidaya itu, yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001 (Ant/top)


Sumber: http://www.erabaru.net/internasional/35-internasional/17620-tentara-amerika-serikat-bunuh-rakyat-afghanistan-demi-olahraga

10 komentar:

  1. bukti sudah ada.
    kenapa pelakunya tidak dihukum?

    BalasHapus
  2. sukuriiin...banyak tentaranya yg jadi stress di medan perang...berangkat dari amerika sih dgn gagah (ceritanya mau tempur n menang), eh apadaya sampai disana lain ceritanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOE G USAH KOMENTAR KALO G PUNYA OTAK Y BLOON

      Hapus
  3. Yang bersalah harus dihukum sesuai peraturan yang berlaku.GBU

    BalasHapus
  4. Ya, yg bersalah harus tetap di hukum. tapi jangan memarginalisasi bahwa tentara US disana begitu, korban rakyat sipil yang tewas kebanyakan akibat dari serangan udara. lagipula insurgent seperti Taliban tidak bisa dibedakan dengan rakyat kecil, lha pakaiannya sama(tidak seragam).

    jadi saran saia, sebelum mencaci orang lain, gunakan dulu otak anda (kalo ada), baru cuap-cuap ... oke bro

    BalasHapus
  5. wah.... ada tentara amerika yang bela diri dan sok punya otak ikut koment nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. IRI Y LOE SAMA DIA YG PUNYA OTAK

      Hapus
  6. dasar celeng kelen smua recok kaleee,pigi tidor sana

    BalasHapus
  7. mas2 kontolku ngaceng tolong di benakno kae

    BalasHapus
  8. di atas ane maho !

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails