11 Maret 2011

Konsep MRT Dan Bus Terowongan Jakarta Dan Maket MRT Jakarta


Maket MRT China
Pemerintah DKI Jakarta akan membangun mass rapid transit (MRT), salah satu moda transportasi massal untuk mengatasi kemacetan. Saat ini, proyek MRT tengah memasuki tender fisik.

1. Konsep MRT & Bus Trowongan.

Rencananya pembangunan fisik proyek MRT akan dimulai tahun 2012. Di tengah rencana pembangunan MRT, investor dari China menawarkan bus terowongan -sebelumnya bus mengangkang- sebagai salah satu konsep transportasi massal antimacet. Bus terowongan ini diciptakan oleh Shenzhen Huashi Future.

Berikut detail perbedaan Plan Bus-Terowongan dan MRT Jakarta :

NoInformasiMRTBus TrowonganKeterangan
1Masa pengerjaan4 tahun1 tahun-
2InvestasiRp15 triliunRp675 miliar-
3EnergiListrikListrik-
4Rangkaian6 gerbong4 gerbong-
5Kapasitas1.500 orang sekali jalan1.400 orang sekali jalan-
6Infrastrukturrel keretarel dan roda-
7Kecepatan110 Km/jam80 Km/jam-
8TarifRp12.000--
9TransitStasiunHalte-
10Negara pembuatJepangChina-
11PembiayaanPinjaman JICA--

DKI Jakarta membangun MRT dengan dukungan dana dari Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA). Proyek angkutan massal ini akan dikerjakan selama hampir lima tahun, dimulai Januari 2012 - Oktober 2016.

Berikut Contoh Mass Rapid Transports - MRT Tujuan Fatmawati - Kota

NoDeskripsi SistemKeterangan
1Panjang lintasan 19 km
2Jarak antar stasiun 1 km
3Alinyemen vertikal sebagian di bawah tanah dan sebagian melayang
4Kapasitas sistem 40.000 penumpang per jam per arah
5Panjang platform 140 m
6Jarak antar rel 1435 mm (standard)
7Pengumpulan energi 1500 Volt DC
8Kecepatan maksimum 80 km/jam
9Kecepatan rata-rata 35 km/jam
10Formasi 6 gerbong/rangkaian
11Dimensi gerbongpanjang 23 m dan lebar 3,2 m
12Kapasitas angkut 2100 penumpang per rangkaian kereta
13Selang waktu kedatangan antar kereta 2 - 5 menit (jam sibuk)
14Waktu operasi 18 jam (06.00 - 24.00).

Akan ada enam stasiun bawah tanah yang terdapat di Masjid Al Azhar, Istora Senayan (Ratu Plaza), Bendungan Hilir, Setia Budi, Dukuh Atas dan Bundaran Hotel Indonesia, serta tujuh stasiun elevated di Lebakbulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

maket MRT China
Untuk rute Lebakbulus-HI, biaya yang akan dikeluarkan mencapai 144,322 miliar yen atau sekitar Rp15 triliun. Dana tersebut terbagi menjadi dana porsi pinjaman sebesar 120,017 miliar yen atau hanya sebesar 0,2% dan pembangunannya diambil dari APBN dan APBD sebesar 24,305 miliar yen.

Untuk bus-terowongan, Asisten Bidang Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Hasan Basri Saleh menyatakan DKI tak ingin gegabah menerapkan sistem ini karena belum pernah ada moda transportasi massal jenis ini. "Prinsip kami, kalau mau menerapkan teknologi harus yang sudah teruji, misalnya kereta api. Tidak bisa sesuatu yang baru diuji langsung diadopsi begitu saja," ujar Hasan.
pejalan kaki

Hasan mengatakan, sebagai salah satu negara termacet di dunia, China saat ini tengah mengembangkan konsep bus-terowongan sebagai salah satu solusinya. DKI akan melihat dulu pelaksanannya di China, sebelum mengambil keputusan.

2. Maket MRT Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengembangkan proyek Mass Rapid Transit (MRT) dalam waktu dekat. Proyek MRT akan dimulai dengan pembangunan jalur 14.5 km dari Terminal Lebak Bulus hingga Stasiun Dukuh Atas. Pembangunan jalur pertama ini akan menjadi awal sejarah pengembangan jaringan terpadu dari sistem MRT yang merupakan bagian dari sistem transportasi massal DKI Jakarta pada masa yang akan datang.

plan maket MRT Jakarta
plan maket MRT Jakarta
plan maket MRT Jakarta
plan maket MRT Jakarta
3. Konsep Transportasi Masa Depan Jakarta

Sejumlah warga mengantri untuk melihat konsep kehadiran transportasi massal dan cepat MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta, Jumat (10/7). MRT merupakan konsep transportasi massal tercepat dan tercanggih yang mampu mengangkut penumpang sekitar 340-400 ribu penumpang. Untuk tahap pertama, MRT Jakarta akan dirancang menghubungkan Lebak Bulus-Dukuh Atas yang dapat ditempuh dalam waktu hanya 28 menit dan rencanannya akan mulai dibangun pada tahun 2011 dan mulai beroperasi pada tahun 2016. Proyek pembangunan MRT Jakarta tersebut menelan biaya 120.017 miliar Yen Jepang.

konsep transportasi masa depan
konsep transportasi masa depan
konsep transportasi masa depan
konsep transportasi masa depan

4. Dasar Konsep Pengembangan Transportasi Menurut Undang Undang.

NoPengembangan Fasilitas Pejalan Kaki ( Pasal 19 )Note
1Pembangunan fasilitas jalan kaki yang memadai untuk menumbuhkan budaya berjalan kaki, terutama untuk perjalanan yang relatif pendek ( Pasal 45 )-
2Fasilitas pejalan kaki juga memperhitungkan penggunaannya bagi penyandang cacat ( Pasal 19 )-
3Pembangunan fasilitas penyeberangan orang ( Pasal 19 ) -

NoPengembangan Angkutan Jalan (Pasal 19)Note
1Pengembangan Sistem Angkutan Jalan-

Pengembangan Jaringan Jalan Sesuai dengan Fungsi Dan Hirarki Jalan ( Pasal 19 ayat 5)-
2Penataan Pelayanan Angkutan Umum-

1. Angkutan bus besar hanya pada jalan arteri ( Pasal 19 ayat 5)-

2. Angkutan bus sedang hanya pada jalan kolektor ( Pasal 19 ayat 5)-

3. Angkutan mikrolet hanya pada jalan lokal ( Pasal 19 ayat 5) -
3Pengembangan Fasilitas Parkir ( Pasal 19 ayat 7)-

Membangun gedung-gedung parkir dan atau taman parkir pada pusat kegiatan untuk menghilangkan parkir pada badan jalan secara bertahap-
4Manajemen Lalu-lintas ( Pasal 19 ayat 6)-

1. Sistem satu arah-

2. Pengaturan dengan lampu lalu-lintas-

3. Kebijakan pembatasan lalu-lintas pada daerah tertentu. -
NoArahan Pengembangan Kereta ApiNote
1Pengembangan Sistem Jaringan dan Kapasitas Angkutan Kereta Api (Pasal 19 ayat 3)-

1. Kereta Api Layang-

2. Kereta Api Pada Permukaan-

3. Kereta Api Bawah Tanah -
2Pengembangan Sistem Angkutan Kereta Api (Dimulai Pasal 45 ayat c)-

1. Peningkatan Jalur Lingkar (Loop Line)-

2. Peningkatan Jalur Tengah (Central Line)-

3. Lintasan Baru Fatmawati - Kota dengan Jaringan Bawah Tanah Secara Proporsional-

4. Lintasan Baru Duri - Kemayoran Dengan Jaringan Bawah Tanah Secara Proporsional. -

NoPengembangan Kawasan PrioritasNote

(Ditetapkan berdasarkan besar dan strategisnya kontribusi yang diberikan dalam pembangunan untuk mewujudkan Kota Jakarta sebagai Kota Jasa Internasional)-
1Kawasan Pantura-

1. Perbaikan kualitas lingkungan pantai lama-

2. Reklamasi perairan laut Teluk Jakarta seluas ± 2.700 Ha. -
2Penataan koridor 13 sungai-

1. Penataan kembali dimensi dan ruang koridor 13 sungai.-

2. Menata kembali kawasan pinggir sungai dengan merubah orientasi bangunan dan lingkungan. -
3Pembangungan Banjir Kanal Timur-
4Sistem angkutan umum massal -
5. Tujuan Pengembangan Sistem Transportasi

1. Tersusunnya suatu jaringan sistem transportasi yang efisien & efektif
2. Meningkatnya kelancaran lalu-lintas dan angkutan
3. Terselenggaranya pelayanan angkutan yang aman, tertib, nyaman, teratur, lancar dan efisien
4. Terselenggaranya pelayanan angkutan barang yang sesuai dengan perkembangan sarana angkutan dan teknologi transportasi angkutan barang
5. Meningkatnya keterpaduan baik antara sistem angkutan laut, udara dan darat maupun antar moda angkutan darat
6. Meningkatnya disiplin masyarakat pengguna jalan & pengguna angkutan
pejalan kaki
Prasarana transportasi dikembangkan sebagai pelayanan angkutan terpadu untuk lalu lintas lokal, nasional, regional dan internasional yang disusun dalam kerangka kerja seperti pada gambar di bawah ini.
klasifikasi transportasi
Peta Rencana Jaringan Kereta
Peta Rencana Jaringan Jalan dan Terminal
Peta Rencana Sistem Angkutan Umum Massal Jakarta (Mass Rapid Transpotrs - MRT)

6. Video Konsep MRT & Bus Trowongan.

Video Konsep Bus Mengangkang di Jakarta

Video Rencana Pembangunan MRT part 1


Video Rencana Pembangunan MRT part 2


VideoTransportasi Kereta Api Ekonomi Masih Semrawut



Sumber : http://fakta-dan-unik.blogspot.com/2011/03/konsep-mrt-dan-bus-terowongan-jakarta.html

9 komentar:

  1. semoga bisa terwujud secepatnya tanpa korupsi, dan yang terutama keamanan di dalam MRT dan bus terowongan.

    BalasHapus
  2. gimana nasib pedagang asongan ya :D

    BalasHapus
  3. Jakarta tidak cocok lagi untuk dikembangkan, habisin duit saja!!! KARENA JAKARTA SEBENTAR LAGI AKAN TENGGELAM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  4. Manusia Indon Bodoh11 Maret 2011 pukul 18.06

    Jakarta tidak cocok lagi untuk dikembangkan, habisin duit saja!!! KARENA JAKARTA SEBENTAR LAGI AKAN TENGGELAM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  5. Semoga aja bisa dicapai ya, jgn hanya mimpi, biasanya kan hanya mimpi-mimpi kosang ya dikasih

    BalasHapus
  6. Mimpi itu indah! Tak salah bermimpi ching.

    Tapi jangan asal ngomomg. Malu kalo tidak dilaksanakan.

    Monorail aja dah keok ini pula MRT.

    Hey ching... pake logika kalo mau ngomong.

    Berani berani sih mahu bikin jalur/terowong MRT dibawah tanah (Jakarta). Sudah tahu Jakarta rawan banjir kok mahu bikin terowongan. Ya gpp kalo mahu liat Mat Indon mampus dalam terowongan apabila datang banjir. Bodoh!

    BalasHapus
  7. Tai akan tetap menjadi Tai, Malingsia Tai..

    BalasHapus
  8. itu copian dari webku ya. jangan lupa kunjungi terus y http://fakta-dan-unik.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails