25 September 2010

Kondisi Ban dan Spooring Menghemat BBM Hingga 14,5 Persen

Roda dan ban mempengaruhi konsumsi bahan bakar! Itulah kesimpulan dari hasil pengujian bersama yang dilakukan Volvo truk dan Michelin baru-baru ini. Lebih rinci lagi, kondisi pelek dan ban yang tepat, bisa menghemat bahan bakar sampai 14,5 persen. Kalau sudah begini, berarti juga mengurangi emisi CO2.

Spooring
Kondisi roda dan ban yang mempengaruhi tersebut antara lain kesetimbangan (balansing), sudut-sudut keselerasan (spooring), tekanan angin dan hambatan gesek (rolling resistance). Pada pengujian ini, Volvo menggunakan dua unit truk FH 4x2 dengan mesin 13 liter dan menghasilkan tenaga 500PS. Kedua truk digunakan menarik trailer dengan beban 40 ton.

Satu truk dikendarai dengan berbagai kombinasi kondisi ban yang tidak cocok dan tekanan angin yang tidak sama. Sedangkan truk yang satu lagi keselarasan roda (spooring dan balansing) optimal. Tekanan anginnya juga pas. Begitu juga dengan jenis bannya.

Pengujian selama dua minggu menempuh 1.000 km lebih . Analisis data yang didapat, perbedaan konsumsi bahan bakar mencapai 14,5 persen.


Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/09/23/15124553/Kondisi.Ban.dan.Spooring.Menghemat.BBM.Hingga.14.5.Persen-3

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails