14 September 2010

Honda Siapkan Lawan Kawasaki Ninja 250R di Indonesia

honda vtr5 460x290 Honda Siapkan Lawan Kawasaki Ninja 250R di  Indonesia

JAKARTA (dp) — Sebuah rencana peluncuran sepeda motor Honda berkapasitas mesin 250cc berhembus ke telinga redaksi Dapurpacu.com. Rumor menyebutkan, saat ini PT Honda Astra Motor (AHM) sedang melakukan riset pasar untuk menentukan model yang tepat bagi pasar premium Indonesia.

Sumber Dapurpacu.com mengatakan Honda telah menggunakan perusahaan riset pasar untuk mengkaji model yang tepat. “Awalnya mereka menyebutkan diri dari Honda, tapi kemudian saya diminta untuk tidak mengatakan ini kepada komunitas yang akan diriset,” ujar sumber di Jakarta.

Sumber juga mengungkapkan bahwa di antara tim yang datang ke tempatnya terdapat orang Jepang. “Mereka memperlihatkan beberapa gambar model motor, dan saya tahu salah satunya seperti model Honda,” lanjutnya.

“Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada kami. Mulai dari selera terhadap bentuk touring hingga sport. Mereka juga bertanya tentang harga yang tepat untuk gambar model-model motor 250cc yang disodorkan kepada kami.”

Dalam wawancaranya kepada sumber, tim riset “Honda” juga sempat meminta orang-orang yang diriset mengeluarkan telepon genggamnya. “Mungkin mereka ingin mengukur profile kami. Kebetulan di antara kami memang ada yang menggunakan Kawasaki Ninja 250R dan Honda Tiger.”

Honda sendiri menampik isyu tentang rencana penjualan sepeda motor 250cc di Indonesia. Menurut General Marketing Planning Analisis PT Astra Honda Motor Agustinus Indra Putra, cerita itu hanyalah sebuah spekulasi. “Sepertinya itu masih rumor, kan?” tulis Indra dalam sebuah pesan singkat kepada Dapurpacu.com.

Lebih jauh Indra membenarkan bahwa sebuah riset merupakan hal yang lumrah. Apalagi Honda adalah industri yang berinvestasi jangka panjang di Indonesia.

Honda VTR250 atau CBF250?

Meski begitu, keluar dari spekulasi tersebut, sejak 12 tahun lalu Honda telah memiliki model VTR250 yang siap melawan Kawasaki Ninja 250R. Model naked bike ini untuk sementara hanya dijual secara resmi di Jepang dan beberapa negara di Eropa.

Sementara itu, saat ini Honda Australia masih menjual model CBF250 yang auranya tidak terlalu menarik karena menyerupai Honda Tiger.

Merujuk pada isyu di atas, bila Honda ingin melepas model 250cc di Indonesia, maka model yang lebih menggingit sepertinya VTR250. Motor dengan rangka tubular ini memiliki bentuk yang hampir menyamai Ducati Monster dalam ukuran kecil.

Secara teknis, motor TVR250 memiliki peluang untuk mencuri pasar dari Ninja 250R. Lewat mesin 250cc injection, VTR250 mampu menghasilkan tenaga 29 hp dengan torsi 21,69 Nm.

Performa tersebut lebih kecil dari Ninja 250R yang menghasilkan tenaga 32 hp, namun dengan torsi yang sama.

Kendati demikian, media barat menyebut VTR250 sebagai lawan setimpal bagi Ninja 250R. Miyazaki, seorang jurnalis sekaligus tester motor asal Jepang, mengatakan performa VTR250 terasa lebih besar dari tenaga yang dimilikinya.

“Mesin Honda sangat bagus. Dia mengayuh torsi mulai dari 4.000rpm dan respon gas sangat linier serta cepat menembus garismerah,” katanya dalam sebuah artikel di MCN. “Walau Honda mengklaim tenaganya hanya 29 hp, namun yang saya rasakan seperti lebih dari itu.”

Dibandingkan dengan Ninja, menurut Miyazaki, VTR lebih baik, terutama untuk penggunaan di dalam kota. “Bila Anda bertanya tentang pengendaraan di kota, VTR sangat baik,” ujarnya. [dp/GRG]

© 2010, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

2 komentar:

  1. Terimakasih sudah ikut menyebarkan berita otomotif terkini khas Dapurpacu.com.

    Salam!
    dp

    BalasHapus
  2. ga mungkin bgt....jualan mahalnya tiger mo dikemanain ?

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails