24 September 2010

Den-81, Satuan Khusus Dari Kopassus Lebih Hebat Dari Densus 88

Kali ini kita akan mencoba mengenal satuan khusus bernama DEN-81 GULTOR (Penanggulangan Terroris) yang sekarang diambil alih oleh Densus-88. Jauh lebih dahulu ada sebelum Densus-88 dan tentu saja Jauh Lebih hebat dan mematikan dari Densus-88 (menurut saya), mari kita lihat profile mereka.

Sejarah berdirinya Gultor:


Mengantisipasi maraknya tindakan pembajakan pesawat terbang era tahun 1970/80-an, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) ABRI menetapkan lahirnya sebuah kesatuan baru setingkat detasemen di lingkungan Kopassandha.

Pada 30 Juni 1982, muncullah Detasemen 81 (Den-81) Kopassandha dengan komandan pertama Mayor Inf. Luhut Binsar Panjaitan dengan wakil Kapten Inf. Prabowo Subianto.

Kedua perwira tersebut dikirim untuk mengambil spesialisasi penanggulangan teror ke GSG-9 (Grenzschutzgruppe-9) Jerman dan sekembalinya ke Tanah Air dipercaya untuk menyeleksi dan melatih para prajurit Kopassandha yang ditunjuk ke Den-81.

Satuan 81/Penanggulangan Teror atau disingkat Sat-81/Gultor adalah satuan di Kopassus yang setingkat dengan Grup, bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur. Kekuatan dari satuan ini tidak diketahui jumlah personil maupun jenis senjata yang dimilikinya, karena semua itu rahasia. semuanya tidak terdeteksi. tetai sebenarnya mereka ada. Mereka adalah Spesialis Antibajak pesawat, perang kota, intelijen & kontra-intelijen.

Organisasi pasukan
Keinginan mendirikan Den-81 sebenarnya tidak terlepas dari peristiwa pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla di Bandara Don Muang, Bangkok, 31 Maret 1981. Nah, pasukan yang berhasil membebaskan Woyla inilah yang menjadi cikal bakal anggota Den-81, dan belakangan diganti lagi jadi Satuan 81 Penanggulangan Teror (Sat-81 Gultor).

Dari periode 1995- 2001, Den-81 sempat dimekarkan jadi Group 5 Antiteror. Satuan yang ada di bawah kendali Sat-81 adalah Batalyon 811 dan Batalyon 812..

Sistem rekrutmen Kopassus-Gultor1
Secara organisatoris, Gultor langsung di bawah komando dan pengendalian Komandan Jendral Kopassus. Gultor saat ini dipimpin perwira menengah berpangkat kolonel. Proses rekrutmen prajurit Gultor dimulai sejak seorang prajurit selesai mengikuti pendidikan para dan komando di Batujajar.

Dari sini, mereka akan ditempatkan di satuan tempur Grup 1 dan Grup 2, baik untuk orientasi atau mendapatkan pengalaman operasi.


















Sumber= http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5108177

24 komentar:

  1. KEMBALIKAN DEN-81....!!!!!!!!!!!!!!
    WAH PAKE GANYANG MALAYSIA JA TUH....

    BalasHapus
  2. bisa buat numpas teroris medan & aceh
    mending turunkan ke lapangan dunk daripada latihan terus

    mending pelurunya buat ngelubangi kepala org2 g beres itu

    BalasHapus
  3. Kembalikan Den 81....
    Wah pake ganyang indon tak sedar diri tuh........

    BalasHapus
  4. tapi senjatanya masi keren danjaka cuz uda pake HK416&G36.

    BalasHapus
  5. kalo senjata sat-81 kopassus lebih lengkap bos...gw mantan anggota sana

    BalasHapus
  6. huueebbaattt euy...

    BalasHapus
  7. hahahahha...apagunanya senjata lengkap namun tidak memiliki skill tinggi...anda tau nggak...semestinya bukan senjata yang ditakuti..tapi orang/tangan yang membawanya yang harus ditakuti, kalau skill orang tersebut sangat tinggi/ahli dalam menggunakan berbagai senjata, pisau silet pun bisa menjadi senjata yang sangat mematikan..betul nggak agan2 semua

    BalasHapus
  8. TNI-POLRI!!!!SAVE OUR BELOVED INA!!!!STOP VIOLENCE n TERRORISM!!!!GO KOPASSUS!!!!BRAVO DEN BRAVO!!!!JAYA DEN JAKA!!!!DENSUS 88 POLRI,BE ADEN-ADEN!!!!Tong loba omong barudak!!!!Ke mun INA geus aman,urang ngajorag segitiga BERMUDA!!!!Siapkeun pasukan nu leket ibadahna tur cerdas.muga2 INA Jaya d darat laut udara jeung luar angkasa.AAMIEN YAA ROBB!

    BalasHapus
  9. kopassaus sat 8i, im proud with u love u cinta,

    BalasHapus
  10. kopassus..... we're glad to have you guys......
    keep up the good work......

    BalasHapus
  11. ANONIM TGL 29 DR PLANET MANA MAS?

    BalasHapus
  12. @Anonim 29 Oktober : Salam utk warga di planet anda ya .. dari manusia di Bumi

    by DJ Rou

    BalasHapus
  13. emang pasukan elit yang kita punya ini hebat euy...........latihannya aja ama negara luar,USA army sering berkunjung juga n melakukan latihan b'sama.....HIDUP KOMANDO!!!!

    BalasHapus
  14. MANA BACOT LU TERORIS, INI BARU TANDINGANMU SAMA2 PAKEK SENJATA. JANGAN BERANINYA SAMA ORANG2 YANG TIDAK GUNAKAN SENJATA.

    BalasHapus
  15. BILA PERLU BIKIN LAGI DENSUS 99,DENSUS100,DENSUS 777...ato apalah biar mampus tuh teroris diburu ampe kelobang kubur...FUCK U TEREORIS

    BalasHapus
  16. ane setuju sih, tapi jangan tebang pilih donk, tuh aktivis RMS dan Papua Merdeka ingin memisahkan diri dr NKRI kenapa gak ditumpas, malah yng ditarget hanya aktifis Islam, hati2 kopasus, densus apalah namanya, hati umat islam jd tersyat, lama kelamaan akan kehilangan kesabarannya.

    BalasHapus
  17. Rakyat bersama-sama dengan TNI / Polri siap membela tanah air dari gangguan apapun!

    BalasHapus
  18. bukannya dulu polisi dibawah Abri ya? wajar kalo polisi dulu ga eksis. klo sekarang kayaknya sama. yang jelas saling membantu menumpas teroris aje kali ye.

    BalasHapus
  19. betul bos..kasian juga ni pasukan elite tentara . g ada kerjanya ,gw liat di kantornya pada gagah pake baret pagi2 kerjanya pd cangkul rumput sama nanam singkong.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails