23 September 2010

10 Tips Aman Menggunakan Twitter

Sama seperti Facebook, Twitter menjadi sasaran empuk bagi para Cyber Crime seiring popularitasnya yang meningkat. Apalagi jika melihat situs microblogging ini sangat terbuka yang memudahkan para hacker membobol akun Anda.
Sehingga perlu rasanya bagi kita (Para pengguna Twitter) untuk membentengi diri. Hal ini untuk memastikan bahwa keamanan diri kita terjamin ketika tengah asyik ber-twitter ria.
Berikut ini adalah 10 tips aman menggunakan Twitter menurut Ema Linaker, AVG Global Head of Online Engagement.
  1. Batasi Pembicaraan
Penggunaan Twitter yang mudah membuat pengguna sering melakukan tweet di lokasi dan kegiatan mereka. Para pengguna tidak menyadari bahwa akun mereka adalah akun yang bersifat publik, maka semua orang (pengguna twitter) bisa melihat tweet mereka.
Komentar-komentar ringan yang diberikan sebagai tanggapan dari tweet tersebut lama-kelamaan bisa digunakan untuk menyerang pengguna ataupun mengetahui jadwal kegiatan dan rencana harian pengguna itu untuk tujuan buruk. Misalnya kita nge-tweet yang menyinggung suatu kelompok sehingga kelompok tersebut merasa dirugikan.
  1. Hati-hatilah Membuka Tautan.
Berhati-hatilah membuka tautan atau link yang Anda lihat. Banyak orang yang menggunakan link URL di Twitter, sering sulit untuk mengetahui situs yang akan dikunjungi.
Produk keamanan web memang dapat digunakan untuk memeriksa tautan tersebut. Namun yang paling penting adalah untuk terus mengingat bahwa bila ada keraguan mengenai sebuah tautan yang Anda lihat, sebaiknya janga dibuka demi keamanan dan keselamatan.
  1. Waspadai Pesan
Waspadalah dengan kegiatan-kegiatan yang diaangap oleh Anda sangat mencurigakan di timeline atau inbox Anda. Bila anda mulai mendapatakan pesan-pesan yang mecurigakan atau follower atau following Anda mulai men-tweet atau mengirimkan pesan-pesan berbau spam, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah akun follower atau following Anda telah menjadi sasaran pengetas atau perengkah.
  1. Berpikirlah Sebelum Nge-tweet
Ingatlah sebuah pepatah “Mulutmu Harimau-mu”. Tweet Anda dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan setelah dihapus, tweet Anda masih dapat dilihat degan menggunakan search engine. Pikirkanlah dengan baik dan bijak apa yang akan Anda tweet karena konsekuensi postingan (tweet) akan jauh dari yang diharapkan. Dengan menggunakan hashtag juga akan memudahkan pencarian tweet Anda.
  1. Jangan Percaya Dahulu
Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda di Twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang memiliki niatan buruk terhadap Anda.
  1. Periksalah dengan seksama Aplikasi Pihak Ketiga
Ada rartusan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan Twitter. Sebelum Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, pastikan keamanannya. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di internet. Ingat bahwa aplikasi ini membutuhkan password dan username Anda.
  1. Informasi Password
Gunakan password yang berbeda untuk tiap akun social networking yang Anda miliki. Bila Anda ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk tiap akun-akun social networking. Dengan begitu, bila Anda menutup social networking Anda, Anda dapat dengan mudah menghapus e-mail tersebut.
  1. Saat Log-In
Periksalah pengaturan Browser yang Anda gunakan. Pastikan informasi pribadi Anda tidak terekam apabila Anda menggunakan computer bersama.
  1. Waspadai Pishing
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui tweet atau Direct Message yang menipu.
  1. Saat menggunakan Handphone
Berhati-hatilah dengan handphone Anda dan siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu Log-out setelah selesai menggunakannya.

Sumber : http://syarif73.blogspot.com/2010/09/10-tips-aman-maenggunakan-twitter-yang.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails