23 Maret 2011

Inilah Sandwich Terpanjang di Indonesia

Inilah Sandwich Terpanjang di Indonesia (Foto) - sandwich5.JPG

Sebagai satu cara dalam meramaikan dan mempromosikan setiap event acara yang digelar Hotel Bidakara Jakarta melakukan sebuah terobosan terbaru dengan membuat sebuah makanan terpanjang yang belum pernah ada dilakukan di Indonesia. Walhasil kegiatan tersebut berhasil meraih Rekor Museum Indonesia (Muri).

Giant Twisted Bread Sandwich
yang memiliki panjang 228 meter 97 sentimete dengan lebar 15 sentimeter dan memiliki ketebalan 8 sentimeter tersebut dibuat selama 3 hari oleh 20 Chef.

Menurut Buyung Radiansyah, Executive Chef Hotel Bidakara Jakarta mengatakan bahwa Pemecahan rekor Muri Giant Twisted Bread Sandwich ini merupakan hasil kreasi para chef bersama dirinya dimana pembuatan ini sengaja dilakukan mengingat makanan ini menjadi salah satu ikon yang selalu diminati dan disantap bersama makanan lain disela-sela pesta pernikahan.

"Ini suatu inovasi dan terobosan kami untuk menjadikan dan mengenalkan makanan ini," terang Buyung.
Buyung juga mengatakan bahwa untuk membuat sandwich sepanjang ini membutuhkan bahan baku terigu sebanyak 340 kg, Gula 51 kg, Ayam yang diris-iris 200 kg , telor ayam 2000 butir, dan keju mozzarela sebanyak 68 kg.

Setelah semua bahan sudah ada kita lalu membuat sandwich ini menjadi 3 tahap antara lain proses Bakingnya, proses pemasakan isi ayamnya, hingga proses finishing-nya dengan disajikan di atas meja yang mengitari keliling bangunan auditorium.

"Tantangan atau kesulitan utama dalam proses pembuatan ini harus dilakukan dalam waktu bersamaan dan tidak boleh telat ataupun lambat untuk menghasilkan roti berkualitas. Sehingga kita membutuhkan banyak oven guna memproses menu tersebut. Bayangkan kita bekerja dibawah pressure ditambah. Hawa panas dari puluhan oven seperti bersauna saja," terang Buyung sambil bercanda.

Setelah dipajang di atas meja, sekitar pukul 12.30 WIB beberapa orang dari Muri mulai melakukan pengukuran akan panjang dari roti sandwich tersebut.

"ini syah untuk dicatat Bahwa Bidakara Hotel Jakarta kembali mengukir rekor Muri untuk keempat kalinya," Jelas J Ngadri dari Muri.

Menanggapi hal tersebut General Manager Hotel Bidakara Jakarta, Made Setiary mengatakan bahwa peraihan Rekord Muri ini merupakan record ke empat kalinya yang berhasil diraih Hotel Bidakara Jakarta.

Sebelumnya pada tahun 2008 meraih Muri untuk foto pengantin terbanyak, 2009 pengantin terbanyak, 2010 panggung dekorasi motif Batik terbanyak dan 2011 Roti Sandwich terpanjang.

"Kegiatan ini sengaja kita gelar dan lakukan untuk men-support Hotel Bidakara Jakarta yang selalu menjadi tempat yang digunakan sebagai prosesi acara pernikahan khususnya di Jakarta,sehingga kita harus membuatkan terobosan baru," jelas Made Setiary

Made Setiary juga mengatakan bahwa selama setahun (2010)saja Bidakara hotel sudah menjadi tempat prosesi pernihakan dari 500 pasang pengantin.

"Ya syukur ya mas, setahun segitu, kalau sebulan aja kita bisa sekitr 35-36 wedding di sini," terang Made.

2 komentar:

  1. rekor ga mutu...semua ora bs bikin rekor ky gini,asal ada duit....

    ayo INDONESIA bangkit...kl mau bikin rekor jgn yg cuma ngandalin duit

    tp ngandalin pikiran,tenaga dan kreatifitas tinggi

    BalasHapus
  2. paling juga habis dipajang trus dibuang

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails