22 November 2010

Motor Pemadam Kebakaran Pertama di Dunia


Kalau mobil pemadam kebakaran mungkin sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa untuk memadamkan kebakaran di suatu tempat. Akan tetapi, kalau motor pemadam kebakaran, inilah hal yang baru dan tidak biasa dilakukan di dunia.

Baru-baru ini di Inggris, dua motor pemadam kebakaran akan mulai di operasikan. Motor tersebut akan berfungsi layaknya mobil pemadam kebakaran pada umumnya, namun karena ini adalah motor, maka hanya mengurusi kebakaran yang bersifat dalam skala kecil.

"Selama ini kebakaran kecil mendominasi total jumlah panggilan yang ada, atau sekira 62 persen. Dulu biasanya kami mengirim satu unit mobil pemadam kebakaran, tapi kami ingin yang lebih cepat. Oleh karena itu kami yakin motor pemadam kebakaran ini sebagai sebuah alternatif yang menarik," ujar Deputy Chief Fire Officer dari Merseyside Fire and Rescue Service, Mike Hagen, seperti dikutip dari Discovery News.

Motor pemadam kebakaran yang saat ini masih dalam tahap ujicoba adalah dua motor RT1200 yang telah dipasang dua buah tanki yang memuat 25 liter air, dan selang bercabang sepanjang 30 meter, yang bisa mengeluarkan air dan busa. Campuran dari busa dan air dirancang untuk mematikan api dengan cepat.


Motor Pemadam Kebakaran di Inggris ini adalah yang pertama di dunia. Para pengendara motor bekerja dengan standar keamanan yang sekaligus mempromosikan cara berkendara motor yang aman.

Merseyside Fire and Resque Service juga bekerjasama dengan Universal Carbon Fibres. Kerja sama ini dilakukan untuk memproduksi peralatan keamanan yang memenuhi standar pemadam kebakaran dan standar keamanan bersepeda motor Uni Eropa.

"Motor dan peralatannya telah didesain secara khusus agar aman demi tujuan kami. Kami sekarang akan mencobanya selama enam bulan ke depan untuk berkendara di jalan-jalan Merseyside," ujar Manajer grup Merseyside Fire and Rescue Service.

Boleh juga hal ini ditiru untuk dipraktekkan di Indonesia, selain bisa cepat ke tempat tujuan kebakaran, motor pemadam kebakaran ini juga tidak menghabiskan anggaran biaya yang begitu besar untuk pembuatan 1 unitnya.


Sumber : http://isidunia.blogspot.com/2010/11/motor-pemadam-kebakaran.html

2 komentar:

  1. Sorry gan.. sepertinya inggris bkn pertama.. di singapore thn 1998 udah ada..
    coba di liat tu.. motornya lebih keren lg.. hahaha..

    http://www.scdf.gov.sg/content/scdf_internet/en/general/about-us/cd-snapshots/fire-bike.html

    tapi thanks ya for the input...=)

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails