30 November 2010

Inilah Yang Terjadi Jika Bromo Meletus

Meski sama-sama gunung berapi namun memiliki karekter yang berbeda antara Gunung Merapi dan Gunung Bromo.

Menurut Putu Artama, peneliti dari Pusat Kebumian dan Bencana, Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), saat meletus Gunung Bromo tidak sama dengan Merapi.


"Karakteristik Gunung Bromo merupkan low volcanic, tidak seperti Merapi yang high volcanic. Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan Bromo berupa pasir dan abu," terang Putu Artama


Dia mengatakan, Bromo pernah meletus pada tahun 1974. Letusan itu merupakan terdahsyat sepanjang sejarah Gunung Bromo, yakni radius enam sampai sepuluh kilometer. Namun warga sekitar hanya menggunakan tudung untuk melindungi dari hujan abu. Jangan heran jika di sekitar Gunung Bromo ada lautan pasir. Pasir-pasir itulah hasil muntahan material gunung Bromo.


Dia menjelaskan, jika di gunung Merapi ada awan panas atau wedhus gembel, namun Gunung Bromo yang bahaya adalah asap yang berwarna kekuning-kuningan yang berasal dari belerang. Sebab, asap ini dapat mengganggu pernapasan.


Meski demikian, topografi Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekira 10 kilometer persegi. "Sehingga kemungkinan kecil asap belerang bisa sampai ke pemukiman warga," kata Putu.


Gunung Bromo sendiri, mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah sekira 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari empat kilo meter dari pusat kawah gunung.


Sementara untuk kekuatan letusan, setiap gunung tergantung keberadaan dapur magma. Semakin dalam dapur magma semakin kuat daya dorong atau muntahan yang dimiliki. "Dan tak ada salahnya jika berjaga-jaga sebab ini adalah siklus alam, dengan jaga-jaga itu minimal dapat menghindari korban jiwa," tandas Putu.


Sumber : http://cybernews.cbn.net.id/cbprtl/cybernews/detail.aspx?x=Regional&y=cybernews|0|0|11|3017

5 komentar:

  1. Kalo Bromo meletus kasin deh Mat Indon.

    Keluar dari timbunan abu volkanik seram... kayak zombie!

    BalasHapus
  2. wahai Puan Malon....

    negeri kami memang ada gunung yang sedang aktif dan engkau mmeberi koment dengan harap ada kesialan. Itukah Puan malon yang selalu klaim sebagai negeri berbudaya tinggi ? Puan Malon bukan manusia.....Puan malon di forum ini cari gara-gara.

    Wahai Puan Malon...

    bodoh dan tak pernah mau belajar...apalagi berintrospeksi, mental kerdil dan gemar cari musuh..sepertinya jadi cap negeri puan semata.

    Wahai Puan Malon...

    jangan berotak teruk macam burit ayam !!!!!

    BalasHapus
  3. Setujuw dengan anonim 2..

    BalasHapus
  4. Kita negara tetangga kok malah saling hujat dan tidak mendoakan yang terbaik...
    tuk anonim 1 : kayaknya loe kagak pernah sekolah yaa...

    ayooo pererat hubungan kedua belah negara...
    kok malah musuhan gini...meskipun beda negara, kita tetap mahkhluk Tuhan yang harus saling menyayangi...

    Heran ada org mental sampah gini...g punya hati... Kalopun di Malay ada kebakaran dll...saya berdoa yg terbaik untuk negara anda...
    Andai kita saling menyayangi pasti indah dunia ini...

    BalasHapus
  5. Apakah tidak betul.... kalo Bromo meletus dengan dahysatnya itu dengan sendirinya akan mencipta rekor Muri atau Dunia dan mengangkat nama Indonesia.

    Kan begitu ching?

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails