26 November 2010

Bolehkah Menyimpan Obat Cair di Kulkas

"Sebenarnya, boleh atau tidak menyimpan obat cair dan tablet di dalam lemari es? Apakah tindakan ini bisa membuat masa kedaluwarsa obat jadi lebih lama? Khusus obat cair, apakah masih boleh dikonsumsi bila dasarnya mengendap meski masa kedaluwarsanya masih lama?" (Rina Divasasri, via e-mail)

Menurut dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinis dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, tempat penyimpanan obat sebaiknya tertutup, tidak lembab, dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Obat cair pada umumnya dapat disimpan dalam suhu kamar, tetapi ada juga yang menyarankan untuk disimpan dalam lemari es.

Cara penyimpanan obat biasanya dicantumkan pada kemasan. Contohnya obat antibiotik sirup, disarankan untuk disimpan di dalam lemari es karena masa kedaluwarsanya cukup singkat. Namun, sebelum diminum, botol mesti dikocok dulu supaya cairannya larut semua. Adapun untuk obat antibiotik kering, masa pemakaiannya cukup singkat. Kurang lebih tujuh hari apabila disimpan dalam lemari es.

Untuk obat berbentuk tablet tak perlu disimpan dalam lemari es karena tak memengaruhi masa kedaluwarsanya. Obat cair sebaiknya tak dikonsumsi lagi apabila sudah ada pengendapan meski kedaluwarsanya masih lama. Perbedaan pengendapan yang wajar dan rusak adalah obat yang rusak akan berubah warna, berbau, dan rasanya sudah tidak enak.


Sumber : http://anasarema.blogspot.com/2010/11/bolehkah-menyimpan-obat-cair-di-kulkas.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails