15 November 2010

7 Macam Bentuk Plankton Yang Ada

http://www.indosmarin.com/wp-content/uploads/2008/08/micro_plankton_1.jpg
Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.

Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.

Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.

Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.

http://planetsave.com/files/2007/11/050506_plankton_04.jpg
http://www.mysciencebox.org/files/images/plankton.jpg

http://www.windows2universe.org/life/images/plankton_sm.jpg


http://www.duke.edu/web/nicholas/bio217/jrc25/plankton.jpg


http://oceanexplorer.noaa.gov/explorations/05deepscope/background/polarization/media/plankton_600.jpg



http://www.commondreams.org/headlines06/images/0119-03.jpg



Sumber : http://unikboss.blogspot.com/2010/10/bermacam-macam-bentuk-plankton-yang.html

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails