13 November 2011

Inilah Robot Anjing Penuntun Tuna Netra


Mungkin tak lama lagi anjing yang biasa digunakan sebagai hewan penuntun bagi orang tuna netra kini dapat digantikan dengan robot anjing. Tentunya hal ini menggenbirakan bagi orang tuna netra yang tidak suka dengan anjing atau tidak dapat berdekatan dengan anjing.


Robot yang diciptakan oleh NSK pengembang Jepang, bersama dengan University of Electro-Communications, dan bekerja sama dengan Microsoft Kinect menggunakan teknologi sensor jarak untuk membuat visualisasi 3 dimensi atas hambatan di depan.

Sebuah video menunjukkan robot anjing dapat menuntun orang naik dan turun tangga dengan kecepatan berjalan kaki.
Pada permukaan datar, robot dapat mempercepat dengan berjalan sepanjang di atas roda tapi menavigasi tanah yang tidak rata dan tangga dengan kaki yang berengsel. Cakar pada kaki berisi sensor bumper juga membantu menghindari rintangan.
Anjing dikendalikan oleh pra-pemrograman perangkat lunak dan dengan menempatkan tekanan pada cengkraman tangan. Robot merespon instruksi suara pengguna .Versi masa depan dari robot anjing ini akan mencakup perintah suara dan GPS untuk arah yang lebih akurat..
Perangkat ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan yang telah berlangsung sejak tahun 2005. Pekan lalu, produsen mobil Toyota mengumumkan rencana untuk robot perawat berteknologi tinggi yang mampu mengangkat pasien yang cacat dari tempat tidur dan dapat membantu mereka berjalan.
Toyota berharap untuk memperkenalkan perangkat sekitar tahun 2013 dan percaya memiliki potensi besar di Jepang dan dunia.



sumber

3 komentar:

  1. A motivating discussion is worth comment. I do believe that you need
    to write more on this issue, it might not be a taboo subject but generally people do
    not talk about these issues. To the next! Many thanks!!
    Also visit my web-site - http://amazingteenbabes.com

    BalasHapus
  2. Wow! At last I got a blog from where I be capable of truly take valuable information
    concerning my study and knowledge.
    Have a look at my site ... Danielle FTV

    BalasHapus
  3. Today, I went to the beach front with my children. I found a sea
    shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She put the shell to her ear and screamed.

    There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I
    had to tell someone!
    Feel free to visit my web page :: Asian Couple

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails