25 November 2011

Sri Gethuk, Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Sri Gethuk adalah sebuah air terjun indah tersembunyi di desa daerah Playen Gunung Kidul, Yogyakarta. Begitu dengar nama Gunung Kidul biasanya kita langsung berpikir tentang daerah yang tandus, kering dan kekurangan air. Namun setelah membaca dan melihat beberapa foto dibawah ini, pasti kita baru percaya Gunung Kidul tidak separah yang kita bayangkan. Bahkan menyimpan banyak aset wisata yang nantinya saya yakin akan menjadi top destination berikutnya di Yogyakarta selain hanya malioboro, Prambanan, dan sebagainya.

Sri Gethuk / Slompret yang terletak di Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Disebut Slompret karena kata penduduk setempat sering terdengar suara terompet yang bersumber dari air terjun dan sungai di dekatnya. Tapi waktu dicari tidak pernah ketemu. Karena bunyinya mirip terompet, maka disebutlah dengan Slompret. Saya pikir masuk akal ada bunyi tersebut, mengingat daerahnya merupakan tebing tinggi yang dibelah sungai, sehingga memungkinkan angin lewat berhembus dan menjadikan suara seperti itu. Sayangnya pas saya kesana, saya nggak dengar suara yang dimaksud.

Perlu waktu 1.5 jam dengan kecepatan santai naik motor menuju kesana. Saya sarankan Anda naik kendaraan sendiri, boleh motor atau mobil. Dengan kendaraan offroad yang shocknya empuk, lebih nyaman tentunya karena medan di dekat sana cukup terjal. Dari Jogja kita bisa naik ke arah Wonosari dulu. Nanti begitu tiba di atas, bisa nanya ke orang setempat arah ke Playen. Setelah masuk Playen nanti bisa tanya lagi arah ke Desa Bleberan. Dari desa ini sudah banyak tanda masuk menuju ke air terjun.

Jalan dari Jogja-Bleberan aspal mulus. Namun selepas itu jalan berbatu yang keras dan terjal cukup menulitkan. Shock motor saya sampai merana untuk bisa kesana. Namun semua terbayar begitu sampai disana. kalau hujan, mendingan jangan kesana deh. Saya yakin jalan berbatu campur lumpur disini bakal membuat Anda terpeleset.

Bayar tiketnya murah, karena hanya dikelola penduduk setempat. Dari loket ini masih harus jalan jauh untuk menuju lokasi. Yang naik motor bisa ke arah kanan yang lebih singkat. Yang naik mobil bisa lurus karena jalannya lebih mudah.

tanpa panjang lebar lagi. Silakan cek gambar2 dibawah ini





Jalan tandus selepas loket



Jalan setapak dan hulu air terjun








sawah hijau















sungainya











air terjunnya
















sumber

12 komentar:

  1. potonya gak keluar, Gan !

    BalasHapus
  2. wih asri enak tuh kalo tinggal di sana

    BalasHapus
  3. uwwwwaaawww asrinya

    kaya di daerah buleleng bali

    BalasHapus
  4. yang kaya gini mah bayak.....

    BalasHapus
  5. Waduh sama nih dengan yang di atas! setuju!!! di tpt lain banyak tuh yang ginian

    BalasHapus
  6. Ini di daerah Jombang jg banyak..

    BalasHapus
  7. jangan menyamakan suatu daerah dengan daerah lain...
    walau pun tampak sama tetapi memiliki keistimewaan dan pengalaman yang berbeda-beda..

    BalasHapus
  8. inilah yg namanya kebesaran Allah...dibalik kegersangan trnyata ada kesegaran

    BalasHapus
  9. ada yang bisa kasi tau,dari sisi mananya di bilang surga ya???

    di daerah lain slain di yogyakarta mah buanyak beud tmpat yang bginian

    --__--'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disebut surga tersembunyi karena tempatnya emang tersembunyi. Liat aja jalan nuju kesono tuh....Di daerah Gunung kidul yg kebanyakan dibilang gersang, ternyata ada t4 yg begitu asri....wajar mah klo dibilang surga tersembunyi di kota yogya ^^p

      Hapus
  10. wah ayo kita kesana, tak perlu pergi jauh jauh..

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails