23 November 2011

Beratnya Perjalanan Murid SD Suku Uyghur ke Sekolah

Pernah mendengar orang tua atau kakek nenekmu menceritakan betapa sulitnya perjalanan mereka waktu sd dulu untuk ke sekolah? Sekarang kamu bisa tunjukan video di bawah ini ke mereka.
Masih ingat lagunya ninja Hatori? ...mendaki gunung lewati lembah... Mungkin lagu itulah yang dinyanyikan oleh anak-anak SD dari desa Pili di daerah otonomi Xinjiang Cina ini. Karena mereka suka tidak suka memang harus mengamalkan lirik lagu tersebut.

Setiap semester, anak-anak ini, dengan dikawal guru-guru mereka harus berjalan sejauh 200 km untuk menuju lokasi tempat belajar mereka. Gila memang, tapi jika melihat foto diatas, kelihatannya jarak sejauh itu bukan kendala utama yang harus mereka hadapi.

Tantangan sebenarnya ada pada tebing curam dengan jalur setapak yang hanya selebar telapak tangan, sungai yang sangat dingin, dan jembatan-jembatan yang disini hanya akan kita temui di tempat outbond.
Untungnya, sekolah mereka merupakan boarding school yang menyediakan asrama untuk mereka menginap. Jadi perjalanan nan panjang ini hanya perlu dilakukan dalam setiap pergantian semester.




Ya, paling tidak anak-anak ini jadi malas untuk bolos sekolah bukan?


sumber

4 komentar:

  1. semangat yang luar biasa...


    pertamax gan...

    BalasHapus
  2. Ya ALLah, kasian amat mw sekolah aja susah bner.. :(

    tapi itu yakin kejadiannya di Cina..??
    koq anak2nya cakep2, matanya gede2, idungnya juga mancung2..
    prasaan org cina ga ada yg kaya gtu deh ciri2 fisiknya, hehehee ^_^v

    BalasHapus
  3. Ini baru namanya semangat belajar!
    Patut diteladani.hehe

    BalasHapus
  4. semangaaaaaaaaaattttt.......

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails