29 November 2011

Caleg Mesir Pakai Simbol Kompor Hingga Sikat Gigi Saat Pemilu

 
6.000 Kandidat calon legislatif (caleg) dan 400 partai politik (parpol) bersaing untuk kursi di majelis rendah parlemen. Untuk memberi daya tarik bagi pemilihnya, para caleg mencantumkan logo unik, seperti gambar kompor hingga sikat gigi.

Berdasarkan gambar dari Getti Images, Senin (28/11/2011), karena tingkat melek huruf di berbagai daerah di Mesir rendah, maka para kandidat caleg menggunakan simbol-simbol khusus agar lebih mudah dikenali warganya. 

Seperti yang terlihat pada gambar, salah seorang caleg menggunakan gambar kompor pemanggang untuk menandai dirinya. Kandidat lainnya menggunakan lambang sebotol air mineral, gambar penggaris, sikat gigi, kemeja dan logo lainnya. 

Akibat terlalu banyaknya parpol dan caleg yang bersaing, para pemilih kebingungan. Para analis juga merasa khawatir terkait banyaknya pemilih yang belum berpengalaman, sebab mereka hanya diberi waktu beberapa pekan untuk memahami sistem pemilu yang sangat rumit. 

Untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang belum mengetahui pemilu ini, beberapa media setempat, termasuk tokoh masyarakat melakukan kampanye tentang tata cara pemilu. Pihak televisi bahkan memberikan 337 jam iklan gratis untuk partai dan kampanye kesadaran bagi warga negara.


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Rebonding Jembhoet29 November 2011 10.47

    waaaawww patik pikir itu gambar cuma ilustrasi ternyata beneran lambang partai, aneh tapi nyata.

    nanti akan terseleksi sendiri oleh rakyat partai mana yang bertahan dan tergusur.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails