25 Februari 2011

10 Deodorant Tradisional Asli Indonesia

1. Daun sirih
http://sunartoedris.files.wordpress.com/2009/04/sirih.jpg

Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic jugha mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengandung bahan kimia di dalam minyak atsirinya : al. kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.
Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di kety (ketiak)

2. Daun Beluntas

Biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir. Daun dan bunga bluntas mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic. Kandungan kimia al. amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C.
Cara Pakai : dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus, boleh juga minum rebusan airnya.
Efek samping : dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

3. Daun kemangi
http://www.belindo.nl/GetImage.aspx?image=imgImage&ImageID=97

Mengandung antiseptic
Cara pakai : Dilalap mentah, biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.
Efek samping : meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak
http://ayadila.files.wordpress.com/2008/12/temulawak.jpg

Kandungan kimia al. sapomin, flavioinoida dan minyak atsiri
Cara Pakai : minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.)
http://1.bp.blogspot.com/_h9xU9RF-bhU/SiYnl-rxp8I/AAAAAAAAAT0/CQfrsI5dCRk/s320/kecombrang.jpg

menganduing Sapomin, flavoinoida dan polifenol
Cara Pakai : daun muda dan bunga di masak dan dimakan sebagai teman lauk. Di daerah tertentu dimasak sebgai sayur lodeh

6. Jeruk Purut
http://www.lizaherbal.com/main/images/stories/HERBS/herbal_jerukpurut.jpg

Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya

7. Jeruk Nipis
http://1001peluangusaha.files.wordpress.com/2009/07/sari-jeruk-nipis.jpg

Cara pakai : Air perasan jeruk nipi s dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak

8. Jahe (zingiber Officinale)
http://www.selera-kita.nl/images/jahe-2.jpg

Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual
Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe

9.Ketimun/mentimun (Cucumis sativus)
http://budishmily.files.wordpress.com/2009/07/timun.jpg

Cara pakai : Sari buah ketimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi

10. Cengkeh (Uegenia aromatica)
http://andhira2007.files.wordpress.com/2009/01/clove.jpg

Cara pakai : beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum.
Efek samping : Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.

Sumber : http://aptazonecool.blogspot.com/2011/02/10-deodorant-tradisional-asli-indonesia.html

15 komentar:

  1. peertaaamaaaaaaaxxxx........

    maksudnya dikonsumsi ato dijadiin minyak atsiri ???

    BalasHapus
  2. ketigax y.....:((

    BalasHapus
  3. Anonim 1 baca yg betul,baru komenm.

    BalasHapus
  4. Patutlah orang Indon bau badan... anak amis bau ape'k!

    BalasHapus
  5. haduh capek deh dimana mana org malon slalu aj buat rusuh... dikasih artikel yang bagus malah menghina.

    BalasHapus
  6. orang malayshit bau babi

    BalasHapus
  7. gk usah berantem agan2 yang harum n wangi...yg paling BAU tuh, yg nulis artikel ini....udah BAU TANAH....hahahahhaahha....crotttt....crottttt

    BalasHapus
  8. Malingshit kecebong amis,,,,'
    ngapain loe msuk2 ksni,,,bkin blog sndiri sono'

    awas y admin ntar artikel'y d curi ma org maloN',,,mreka kn g bsa ngeliat brang org bgus,,,,;
    Malingshit/malayahudi= maling in southeast asia

    BalasHapus
  9. ada gk makanan yg bikin tokai gw harum min???

    BalasHapus
  10. anon di atas gua:
    ada tuh makanan yang bikin tokai harum
    petai dan jenki alias jengkol, itu salah satu parfum terwangi di dunia apalagi klo pas kentut dan berbicara ama orang lain.

    BalasHapus
  11. oh...dikonsumsi berarti...makasih koreksinya !

    kalau dalam bentuk atsiri, ada yang tau gak ?

    anonim no 5 yang dari malaysia, ketahuan mentalnya permusuhan, bukan perdamaian. Budaya malaysia tak elok !

    BalasHapus
  12. buah lengkeng katanya bisa juga.

    BalasHapus
  13. :))) Mat Indon mat indon!

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails