8 November 2010

Beginilah Suasana Posko Nasi Bungkus Korban Merapi

Meluasnya wilayah bahaya pasca-erupsi Gunung Merapi, Jumat (5/11/2010) dini hari, menyebabkan melonjaknya jumlah pengungsi di sejumlah titik. Sejumlah kampus dan lokasi-lokasi umum lainnya dijadikan barak pengungsian dadakan. Hal ini menyebabkan belum adanya dapur umum yang disiapkan. Padahal, kebutuhan makanan bagi pengungsi mendesak untuk dipenuhi.

Beberapa simpul masyarakat Yogyakarta menggagas pembentukan sejumlah dapur umum dan menyuplai nasi-nasi bungkus ke lokasi pengungsian. Berdasarkan informasi fan page Yogyakarta di Facebook, page ini membangun dapur umum di Jalan Taman Siswa No 150 F, Yogyakarta.

Salah seorang yang mengoordinasi dapur umum, Dinar, mengatakan, mereka berinisiatif membentuk dapur umum dengan berbekal sumbangan masyarakat. Targetnya, bisa mendistribusikan sebanyak 5.000 nasi bungkus ke sejumlah barak pengungsian. "Letaknya di Resto De Nani. Ada mahasiswa, warga, dan relawan yang menyiapkan makanan di dapur ini," kata Dinar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/11/2010).

Lokasi dapur umum ini tepatnya di sebelah utara Kampus Fakultas Hukum UII atau di belakang STSRD ADVY. Beberapa hari ke depan, dapur umum ini akan terus beroperasi mengingat belum terprediksinya aktivitas Merapi. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih jauh dan ingin berkontribusi pada kegiatan dapur umum ini bisa menghubungi 0274-9272277.

Dapur umum lainnya juga dibentuk secara swadaya oleh Ratih, seorang pemilik warung makan di kawasan Gejayan, Yogyakarta. Bersama seorang temannya, Ratih mengerahkan seluruh karyawannya untuk memasak dan membuat nasi bungkus untuk sejumlah pos pengungsian. Hingga siang ini, sudah didistribusikan 750 nasi bungkus.

"Kebetulan lokasi warung saya dekat dengan penampungan di Kampus UPN. Karena pemindahan mendadak, di sana tidak ada persiapan dapur umum. Karena punya karyawan, saya kerahkan semuanya," ujar Ratih saat dihubungi secara terpisah.

Dikatakan Ratih, ada masyarakat yang turut menyumbang bahan makanan untuk diolah bagi kepentingan pengungsi. Lokasi dapur umum ini berada di Jalan Jembatan Merah, Gejayan, Yogyakarta. Informasi lebih jauh bisa menghubungi Ratih di 0811250577.

Informasi berantai yang beredar di Facebook juga menggalang bantuan berupa nasi bungkus untuk para pengungsi. Para warga yang berdomisili di wilayah Yogyakarta bisa menyumbangkan nasi bungkus yang dikumpulkan Cafe Hijau, Jalan Kaliurang Km 5, Yogyakarta.

Sumber : http://lubang-kecil.blogspot.com/2010/11/inilah-suasana-posko-nasi-bungkus-yogya.html

1 komentar:

  1. Subhanallah, semoga para korban bencana merapi diberikan kesabaran dalam menghadapi coba'an yang diberikan, :)

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails