28 Oktober 2010

Laptop Pertama Yang Diproduksi Secara Massal


Osborne 1, Laptop Pertama Yang Dibuat 29 Tahun Yang Lalu
Dirilis pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation, Osborne 1 dianggap sebagai komputer portabel pertama dunia, memiliki perlindungan yang cukup kuat saat ditutup, dan juga bisa dibawa kemana-mana karena memiliki pegangan saat ditutup. Ia bahkan memiliki baterai opsional, sehingga tidak perlu dicolokkan ke stop kontak 110VAC untuk daya.

Sementara cukup revolusioner, Osborne 1 memang memiliki keterbatasan. Sebagai contoh, layar hanya 5 inci (diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks. Untuk kompensasinya, Anda benar-benar dapat menggulir tampilan layar bolak-balik dengan tombol kursor untuk menunjukkan baris teks hingga lebar 128 karakter.

Osborne 1 dirancang dengan transportasi dalam pikiran, harus kuat dan mampu bertahan lama tanpa cepat rusak. Itulah satu alasan bahwa layar dibuat sangat kecil, layar yang lebih besar dan lebih berat akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Dirancang sebagai sebuah sistem komputer yang benar-benar portabel, dapat disimpan dalam bagasi saat Anda bepergian menggunakan pesawat, atau sangat cocok disimpan di bawah kursi penumpang dari setiap pesawat komersial.

Osborne 1

Introduced: April 1981
Price: US $1,795
Weight: 24.5 pounds
CPU: Zilog Z80 @ 4.0 MHz
RAM: 64K RAM
Display: built-in 5" monitor
53 X 24 text
Ports: parallel / IEEE-488
modem / serial port
Storage: dual 5-1/4 inch, 91K drives
OS: CP/M

Sumber : http://danish56.blogspot.com/2010/10/inilah-laptop-pertama-yang-diproduksi.html

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails