29 Oktober 2010

Gaji Mbah Maridjan Bisa Membuat Anda Terkejut Dan Berhenti Bekerja


“Saya menjadi juru kunci Gunung Merapi karena melanjutkan tugas orang tua saya yang dahulu sebagai abdi dalem Keraton Yogyakarta. Nama Bapak saya…. (Mbah Maridjan mendadak berhenti berbicara karena lupa nama pemberian Sultan Hamengkubuwono IX bagi bapaknya. Sejenak dia pergi dan mengambil map berisi “Serat Kekancingan Dalem Ngarsa Dalem Sultan Hamengkubuwono IX”). Nama pemberian Ngarsa Dalem sama dengan nama Bapak saya di serat kekancingan tersebut, yaitu Suraksohargo.”

Dimasa-masa awal menjadi abdi dalem juru kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan mendapat gaji sebesar Rp 3.710,- per bulan. Sejak pangkatnya naik menjadi penewu, gajinya juga meningkat menjadi Rp 5.600,00 per bulan. Mbah Maridjan yang gemar guyonan dengan bahasa “plesetan” khas Yogyakarta, menyebut gajinya dengan “lima juta enam ratus ribu rupiah”. Gaji yang sebenarnya tidak cukup untuk membeli sebungkus rokok Kansas kegemarannya. Itu sebabnya, Mbah Maridjan terpaksa harus mengambil gaji setiap tiga bulan sekali, supaya uang gajinya tidak habis untuk ongkos naik bus dari keraton ke Dukuh Kinahrejo.

Mbah Maridjan hidup dalam kesahajaan dan kesederhanaan. Seperti orang yang tidak membutuhkan uang. Bayaran pertama kali sebagai bintang iklan minuman energi sebesar Rp 150 juta malah ia bagikan kepada tetangga tetangga nya dan sisanya untuk membangun mesjid di dukuhnya. (patut dicontoh nih gan.klo agan2 dapet duit 150juta, mau gak dibagi2in buat tetangga2 agan?)

Bila menerima bantuan dari luar pun,walau bantuan itu ditujukan untuk dirinya,beliau malah memberikannya kepada kepala dusun untuk dibagikan kepada para warga secara rata dan adil. Diberi lebih dari yang lainpun beliau tidak mau.

Saking sederhananya, ada kejadian lucu saat mbah maridjan menginap di hotel untuk shooting iklan. Beliau tidak pernah menggunakan toilet yang ada dikamarnya. Entah apa alasannya beliau malah senang menggunakan toilet satpam untuk buang hajat.


Sumber : http://w2w3.blogspot.com/2010/10/gaji-mbah-marijan-ini-baru-pahlawan-bro.html

59 komentar:

  1. Bagaimana tuh Keraton?

    BalasHapus
  2. Bukan bagaimana tuh keraton???
    Sekarang keraton dapet duit dari mana??wong tak ada pemasukan..segala aset dan isinya kan di serahin ke republik Indonesia...

    YAng jadi masalah..bisa ga para pejabat dan wakil rakyat itu mencontoh mbah marijan....

    Aku yakin samapi 50 tahun lagi ga bisa...

    Siapa setuju aku????

    BalasHapus
  3. gimana kalo gaji DPR disamain sama abdi dalem kraton..? kan mereka para abdi rakyat dan abdi negara.

    BalasHapus
  4. hahahahahaha.....istimewa tuh mbah marijan.merdeka..!,daripada orang2 yang cuma duduk ngantuk tapi bayaranya gede....seperti orang2 di gedong sana !!

    BalasHapus
  5. andaikan anggota DPR kayak mbah Maridjan negri ini bisa maju

    BalasHapus
  6. berani taruhan, lebih besar jasa nya mbah maridjan untuk rakyat disekitar dan seluruh nya, daripada jasa2 nya orang2 yang duduk di gedung MPR sana, yang kerjanya cuma bisa tidur dan bolos kerja.

    PARAH................

    BalasHapus
  7. kalo ga ada uang jangan nyuruh orang kerja!!itu namanya manipulasi!gmn neh komen no 2 dari atas!ngeles aja kyk ban bajaj!

    BalasHapus
  8. sungguh mulia hatimu mbah ..

    BalasHapus
  9. Aku kasih tau ya, aku sbg orang jogja, memang abdi dalem kraton dari dulu begitu gajinya, tapi mereka merasa tentram dan cukup dengan gaji yg segitu, bahkan banyak juga yg bisa nyekolahin anak2nya same sarjana, tentu saja bukan dr gaji itu, tapi gaji itulah yg mendatangkan rejeki-rejeki yang lainnya karena dengan keihklasan mereka bekerja mengabdikan diri.mereka lah abdi rakyat yg sesungguhnya selalu merasa cukup dengan apa yg telah didapatkan. Bagaimana abdi rakyat sekarang????
    DPR= Dewan Pemeras Rakyat !!!

    BalasHapus
  10. DIJUAL BLACKBERRY ONYX PUTIH, GARANSI MASIH 8 BUALAN, GARANSI TAM,LENGKAP RP. 3.200.000,- HUB.I di 085755387288

    BalasHapus
  11. Hey yg ngaku orang jogja, siapa bilang gaji segitu bisa bikin mereka tenteram? atas dasar apa sih lo ngomong? dari mana datanya elo ambil? sotoy lo. emang lo tau isi hati mereka? harusnya elo tuh memperjuangkan gaji mereka biar dinaikkan. ini kagak, ujug-ujug elo bilang DPR pemeras rakyat. Jangan elo sama ratakan dong. tae lah.

    BalasHapus
  12. hey yang bapaknya jadi anggota dewan.. ngapain memperjuangkan gaji anggota dewan biar dinaikan?? toh kerjaan dia cuman tidur pada saat rapat dan juga NATO (Not Action Talk Only)..apa jatah harian lo kurang dikasih ma bonyok lo?? ke laut aja lo sono ma ikan paus!!

    BalasHapus
  13. Elo yg kasih koment diatas... ngomong apaan lo? kumur2. Simak tuh koment gua pake otak, maksudnya ape. bego lo liatin di sini.

    BalasHapus
  14. kasihan G.Merapi dihargai cuma segitu....dia sudah ada sebelum manusia ada. Ada apa nggak ada kraton Jogja...G Merapi teteup akan meletus.

    BalasHapus
  15. tu nyelip orang jualan HP

    BalasHapus
  16. HAHAHA dy pd brantem, namana jg abdi dalem mng dh nyiapin diri na bwt keraton, di gaji mwpn tidak, klo di blang seneng ya seneng bs bakti sm kraton, tp klo urusan perut ya sm aj ky qt cm nyari duitna ga di keraton. sotoy bngt dh gw hahaha....,'.

    BalasHapus
  17. kelewatan banget..
    yg kaya semakin kaya dan yg miskin semakin miskin.. bisa yah hidup dengan hasil jerih payah orng lain. mbah marijan bertugas sampe akhir hayat nya.. smoga diterima disisi-NYA... untk orng yg makan gaji mbah marijan masuk NERAKA deh lu!!!!

    BalasHapus
  18. Woi kenapa pada ribut semua, Mbah Maridjan aja gak protes,.. Dasar orang2 goblok langsung mengkaitkan ke anggota dewan. Kan memang ada manusia yang gak kenal/ butuh duit.

    BalasHapus
  19. Aku wong sumatra, tapi lama tinggal di Yogya dan kagum dgn filosofi yogya, bagi kalian2 yang enggak tahu kearifan lokal jawa khususnya yogya, BENER-BENER loh walau gaji 5 rb tapi rezeki (enggak hanya uang tapi kesehatan, umur dan kebahagian) lebih terjamin/lancar, coba usia lansia plg byk dimana ? Yah yogya, usia plg pendek, Yah kota metropolitan yg agungkan materialistis, dasar org udik, liat lagi dong keraifan lokal kita, jgn kapitalis dan merasa dah bisa bhs inggris dah keren pdhl, hmmmmmmm kosong isinya.

    BalasHapus
  20. to Mbah maridjan:
    Selamat jalan kawan.....


    peace love empathy

    BalasHapus
  21. ckckck....salut sama mbah Marijan.
    sudah jgn berantem masalah gaji n kdudukan.masalah gaji itu sudah rezeki dari yang di atas.

    BalasHapus
  22. hahaha.... kalian smua lucu - lucu

    BalasHapus
  23. BUKAN BERANTEM BRO, MOSOK DIBILANG GAJI SEGITU DIBILANG CUKUP... HARUSNYA DIA DEMO MINTA DINAIKIN TUH GAJI ABDI DALEM. EH MALAH NYELA ANGGOTA DEWAN SEBAGAI PEMERAS RAKYAT. BEGO AMAT. NGOMONG KAYAK KENTUT. TAELAH.

    BalasHapus
  24. MANA YG NGAKU ORANG JOGJA, DIEM LO? TAKUT LO? ELO YANG NGAKU WONG SUMATERA, ELO GAK TAU APA2 SOAL JOGJA JANGAN KASIH KOMENT. TAU GAK KALIAN MEREKA ITU "NRIMO" NAMUN "NRIMO" MEREKA MALAH DIMANFAATIN. DIMANA SEH HATI NURANI?. NIH KALIAN RENUNGKAN: "RELA MATI DALAM MENJALANKAN TUGAS WALAU CUMA DIBAYAR SEGITU"

    BalasHapus
  25. BABI MUA DAH LOE PADA

    BalasHapus
  26. Dimasa-masa awal menjadi abdi dalem juru kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan mendapat gaji sebesar Rp 3.710,- per bulan. Sejak pangkatnya naik menjadi penewu, gajinya juga meningkat menjadi Rp 5.600,00 per bulan. Mbah Maridjan yang gemar guyonan dengan bahasa “plesetan” khas Yogyakarta, menyebut gajinya dengan “lima juta enam ratus ribu rupiah”. Gaji yang sebenarnya tidak cukup untuk membeli sebungkus rokok Kansas kegemarannya.


    maksud tulisannya gimana ya ? yang ga cukup buat bli rokok yang 3000 atau 5jt ??

    BalasHapus
  27. jgn pada berantem napa seh
    mending kita doakan aja mbah marijan diterima di sisi allah swt amin

    BalasHapus
  28. Saya orang jogja,
    siapa bilang takut,
    yang namanya abdi dalem itu bukan profesi,
    biar digaji sedikit mereka tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.
    Profesi mereka yang sebenarnya ya tetap saja, mulai dari petani, pedagang, sopie andong, sampai dengan pejabat dan pengusaha.
    Kalau nggak tau jangan asal ngomong, cobalah cari tau,yang dimaksud hidup tentram dan bahagia itu lebih karena semangat pengabdian dan keikhlasan terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Tidakkah kita merasa bahagia saat kita bisa berbuat baik????

    BalasHapus
  29. NAH MUNCUL JUGA ELO YA.. ORANG JOGJA. PLIN-PLAN LO. YANG KITA BAHAS SEBELUMNYA DIATAS MASALAH ELO NGECAP BILANG GAJI 5000 MEREKA BISA TENTERAM BAHKAN BISA NYEKOLAHIN ANAK SAMPE SARJANA. GW MINTA DATA DASAR OMONGANMU.
    SEKARANG KOMENT ELO BILANG PROFESI MEREKA PETANI, PEDAGANG. HAH GAK NYAMBUNG DEH OMONGAN KAMU. EH PAKE OTAK YA. MENUH2IN KOMENT AJA LO. SANA PEGI KELAUT AJA LO.

    BalasHapus
  30. Sabar mas gak ush marah-marah....yang digaji sgitu aja gak marah...kok mas malah sewot gitu...dari tadi komentnya marah-marah trus...tolong mas kalo komentnya yang santun.....protes boleh tapi jgn caci maki...

    BalasHapus
  31. hahaha, smoga mbah maridjan gk sedih ngliat kita pada brtengkar..

    BalasHapus
  32. Ternyata ada orang udik dan ga tau sopan santun.., ngelarang orang comment ga jelas..., pdhl dia sendiri comment nunjukin kaya orang stress dan g punya etika...
    Dasar g tau malu

    BalasHapus
  33. EH YG KOMENT DIATAS GW. SIAPE LO? GW GAK KENAL AME LO. DIEM LO. ELO TEMENNYA YG NGAKU ORG JOGJA YA? MAU KEROYOKAN LO? KALO GAK SENENG GW TUNGGU LO. NIH NO HP GW 085755387288 GW TUNGGU.

    BalasHapus
  34. hehehehehe..
    berita ama komen makin gak nyambung ne..

    BalasHapus
  35. wah, ada yang obral no HP lagi, ckckck

    BalasHapus
  36. kaya gigolo tuh pake tulis nope sgala !!
    ngakak gw !!!

    BalasHapus
  37. sssttt yg pny no hp 085755387288 anak penjahat...eh pejabat teras...terasnya neraka...

    BalasHapus
  38. 085755387288 ---> Buat tante tante, cew sexy call ya wkwkwkwkwk nomor gigolo

    BalasHapus
  39. hahahhahahha, itu pasang iklan gigolo ya... ato jgn2 saking gak ada yg ngubungin, jadi pasang iklan biar ada hp nya ada yg ngubungi, hahahahhahahahahahaha

    BalasHapus
  40. beneran rame bngt deh yg koment

    BalasHapus
  41. hadoooohh..... parah pake pasang no hp segala. Waaah... CoPa ( Cowok Panggilan )donk wkwkwkwk......

    BalasHapus
  42. MANA YG BILANGIN GW UDIK, GAK BERANI LO TELP GW? HAHAHA........ TERNYATA GA ADA YG BERANI YA.
    Buat yg pada koment diatas gw mohon maaf ya. Jujur gw juga ga seneng sama DPR yg kerjanya gak beres, tapikan gak semuanya. Gw juga gak seneng kalau ada penindasan terhadap mahluk lemah. Keraton jg gak salah dalam hal ini. Mari kita sama-sama berusaha bagaimana pemerintah mengucurkan dana untuk abdi dalem. Bagaimanapun juga keraton itu bagian dari budaya kita. Harus dipertahankan. Wassalam. Maaf admin koment2 saya terdahulu. GOD BLESS YOU ALL.

    BalasHapus
  43. JANGAN PADA RIBUT, NIH ANE AKSIH KABAR GEMBIRA

    BLACKBERRY DIJUAL BU...BU...BU

    ONYX PUTIH 2ND, GARANSI TAM, BELI AGUSTUS 2010, LENGKAP, MULUS
    RP. 3.400.000 (NEGO DIKIT)

    HUB.I 085811822300

    BalasHapus
  44. numpang ketawa.....wakakakakakakakakakkkkkkkkkkk...

    BalasHapus
  45. wakakakakakkaaaaakkkkkkk.

    lucu banget seh komen2na. terutama yg tengkar.

    BalasHapus
  46. he..he.. beginilah jalur debat kusir...!! makane ga jadi anggota DPR, ngebayang gak jika yang pada koment di atas tadi anggota DPR?!! bener kata Gus Dur kaya anak TK... ha ha ha...

    BalasHapus
  47. Numpang ketawa gan, ckakakaka...
    Gw ndukung yg nak jogja tuh, diajak bertengkar tp jawabnya dgn kalimat yg adem ayem, jogja banget...
    Biar ndeso tp nggak katrok...

    BalasHapus
  48. kalian semua yang bertengkar tu berlagak sok benar, komentar aja make "anonim", tunjukin wujud asl lo... beraninya cm "sembunyi"... banci lo!

    BalasHapus
  49. smga mbah maridjan b'istirahat dgn tnang di alam sana..Amin..

    BalasHapus
  50. sosok yang penuh suritauladan, sosok yang akan selalu dikenang

    BalasHapus
  51. bakar aja tuh yg numpang iklah jual hp !!!


    otak dengkul muka biawak !!!!!

    ngakakkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  52. Buat yng Komen tgl 5 Nov 2010 18:45....

    Aduh, ga usah pake emosi gitu napa...pake cantumin no hp segala....
    emang knapa siii....kalo seseorang gajinya segitu???yang dpt gaji segitu ja ga protes,malah ikhlas banget...knapa kamu yang protes???
    Q masih menghargai orang yang masih punya semangat kerja daripada orang yang bisanya cuma ngemis...

    kebahagiaan bukan cuma di ukur dari materi aja...memang, tanpa materi Qt ga akan bisa hidup....tapi materi bukan jadi patokan utama...

    kuq pake tengkar2 segala...pake marah2in orang jogja, orang sumatra ...nyangkut2in SARA segala..biasa ja napa...
    kasihaaan, kamu berharap orang dukung apa yang kamu katakan...tapi malah justru sebaliknya...

    buat mbah maridjan....
    semoga mbah diterima di sisi Allah SWT, amien...

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  54. namanya juga abdi, abdi itu kan dasarnya dari hati, jd ikhlas ga minta bayaran.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails