30 Oktober 2010

24 Rekor Dunia Yang Dimiliki Indonesia


1.Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).

2. Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2)

3. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

4. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

5. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

6 Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

7. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

8. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

9. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

10. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

11. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

12. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

13. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

14. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

15. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

16. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

17. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
18. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

19.Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

20. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

21. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.22. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

23. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

24.Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Sumber : http://surabayacybercity.blogspot.com/2010/10/24-rekor-dunia-yang-dimiliki-indonesia.html

64 komentar:

  1. Indonesia jg tms negara terkorup (10 besar)shg rakyatnya pd sengsara padahal negaranya kaya......kayak tikus mati di lumbung padi.....wkkkk kok itu gk disebut jg sih

    BalasHapus
  2. Indonesia adalah negara dengan anggota parlemen termalas dan paling rakus duit di dunia.

    BalasHapus
  3. indonesia pemegang rekor abadi sebagai negara yang penduduknya MAYORITAS sok tau!

    BalasHapus
  4. negara paling alay

    BalasHapus
  5. negara yang dngan sagala cara bisa dilakukannya asal kan demi uang!!

    BalasHapus
  6. ah masa??.. ngaja dong.. rakyatnya aja kaya lu lu pada... gimana parlemennya.. parlemennya kan dari lu ke lu nekk....
    sotoy dah.. negara sendiri dijelek"in.. udah jelek tambah jelek..
    ibarat gunain tangan lu yg lagi berdarah buat nempeleng orang mah itu sifat kaya gtu... yg ubah dong.

    Drgnvz

    BalasHapus
  7. Udahh.. Yg penting kita punya rekor yg bagus.. Gimana Indonesia pengen maju,rakyatnya aja pada sotoy dan emosional semua... coba liat tiap kalah pertandingan sepak bola selalu rusuh...

    BalasHapus
  8. indonesia negara ter KORUP,
    negara dgn penduduk ter bOdO(IT),
    negara dgn jumlah pengangguran tinggi d dunia,.
    satu satu ny negara yg cma bs nge eksport tahu tempe. . (m) (m)

    BalasHapus
  9. indonesia punya 6 ribu pulau yg gk berpenghuni,bodony lagi pulau pulau tu gak d (apa apa in)manfaatkan sm pemerintah qta.
    ooo brarti tnggu negara lain yg ambil trus kita cm bs ngliatin aj x ya..

    BalasHapus
  10. kadang bangga sm indonesia klo begini.. pi miris klo liat kenyataan yg ada

    BalasHapus
  11. bwt coment yg d atas ne.....

    babiiiiiii loe

    BalasHapus
  12. apapun alasannya,,,aq tetap cinta indonesia,,,karena aq terlahir,,,dan dibesarkan di indonesia,,,semua yang udah terjadi,,,ibarat kata nasi udah jadi bubur,,,nah qt harus membuat bubur itu menjadi enak....ayo,,,itu kewajiban qt!!!

    BalasHapus
  13. nahh, stuju bgt gw sama komentar yg ada di atas gw, jadikan "bubur itu enak" sipp...
    ayo kawan.. buat apa ribut2, saatnya kita berbenah, dari pribadi masing2, trus aspirasikan ke tingkat lokal maupun nasional, jgn mau dimanfaatin oknum2 yang mau mementingkan keuntungannya sendiri.. ayo pemuda bangsa, berkreasi...

    BalasHapus
  14. haiyyya... lu pade njelekin indonesia.padahal lulu pd orang indo. haiyyyya. gile ye.

    BalasHapus
  15. setuju ma AAAAAA..... yang komen aja kaya gitu...mencerminkan banget kalo anak anak indonesia ga pernah bersyukur,,,laknat

    BalasHapus
  16. indonesia . . .
    saya bangga jd ank indonesia ^^

    BalasHapus
  17. Right or Wrong Indonesia is our country,...
    Yg baik n menjadi rekor baik ya disyukuri n ditingkatkan..

    Yg buruk n jadi rekok buruk ya jgn diikuti. Berbenah melalui yg terdekat dulu, yaitu dimulai dari DIRI SENDIRI,dari SAAT INI, dan dari hal yg paling kecil sekalipun.

    Semangat INDONESIAKu!

    BalasHapus
  18. ORANG YANG PANDAI AKAN BERTANYA:
    "APA YANG SUDAH AKU LAKUKAN BUAT INDONESIA?"

    ORANG YANG BODOH AKAN BERTANYA
    "APA YANG INDONESIA SUDAH LAKUKAN BUAT AKU?"

    INDONESIA ADALAH NEGARAKU,NEGARAMU,NEGARA KITA...

    BalasHapus
  19. idiih.. ada berita ga enak tentang indo = MARAH MARAH (WAJAR)
    ada berita yg membanggakan dari indo = TETEP AJA MARAH-MARAH!!

    HEYHEYHEY! KALIAN MAUNYA APA SII??

    BalasHapus
  20. Nomor 15 diatas harus koreksi, eksport kayu lapis Indonesia tidak pernah nominasi hingga 80 %, sekarang malahan china yg 50%, malaysia 30% dan kita cuma 20%, kenapa? karena hutan kita pada rusak.bahan baku minus, peraturan lebih banyak dari pencegahan perusakan. jadi soal plywood jagan dibanggakan lagi,maaalu.

    BalasHapus
  21. Nahh.. yg no 20 itu yg harus diikuti terus perkembangannya. Temen2 udah pada voting Komodo jadi N7W belum?? Biar Candi Borobudur ada penerusnya(borobudur pernah jadi 7 keajaiban dunia, bahkan hingga saat ini!!)

    BalasHapus
  22. apapun yang terjadi di Indonesia, saya tetap bangga jadi orang Indonesia, karena saya lahir di sini, tumbuh di sini, dan mungkin juga akan mati di sini.

    Memang kondisi negara kita saat ini sedang susah. Para pemimpin banyak yang tak peduli dengan rakyatnya, yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah miskin. Padahal kita punya semuanya, dari mulai SDA sampai SDM yang banyak. Yang nyebut orang Indonesia bodo tu siapa? Berarti sama aja nyebut diri sendiri bodolah! Banyak orang Indonesia yang berprestasi di kancah internasional, hanya saja kurang dianggap karena negara kita kenyataannya juga kurang dianggap!
    Tugas kita sekarang adalah membangkitkan Indonesia sebagai salah satu negara yang dipandang di dunia!

    Semangat! Maju Indonesia!

    BalasHapus
  23. tpi warga INA gag bsa mengolahx dgn baik..!
    sma aj boong!!!

    BalasHapus
  24. yang bobrok masyarakat nya..
    bukan INDONESIA ny,,
    gimanapun,,
    aku sLaLu cinta indonesiaa..
    tanah airku!!!

    BalasHapus
  25. setuju dgn atasne..

    Indonesia hnya nama. baex buruk trgantung penguninya.

    BalasHapus
  26. saya bangga menjadi warga negara Indonesia ^_^

    BalasHapus
  27. ada-ada aja.Bener tuh, heran banget, jika ada "kebusukan" negara, ngumpat-ngumpati negara sendiri. Kalau ada berita bagus..., eh..., diumpat-umpat juga. Oi..., yang njelek-njelekin negara sendiri, mau loe apa, sih?? kalau loe nggak suka jadi warga Indonesia, gampang aja, tinggal hengkang aja dari negara ini trus pindah ke negara lain jadi warga negara asing.

    BalasHapus
  28. saya sungguh bersyukur masih ada warga indonesia yang mencintai negerinya. oke, kalian bilang parlemen malas, korup sebagainya. tapi bagaimana dengan kalian? apakah kita sudah jadi warga negara yang baik?

    BalasHapus
  29. Saya heran, ada berita jelek tentang negara sendiri, marah2, ngumpat2....ada berita bagus, eh tetaaaap aja di caci maki.....lalu saya sampai pada satu kesimpulan, buka Indonesianya yang salah, tapi KALIAN....para penduduknya yang walau baik ataupun jelek keadaan negaranya tapi tetap akan menghujat juga....Indonesia...negara yang banyak penduduknya tak pandai bersyukur. Pertanyaannya, sebegitu bencinya kalian dengan Indonesia, emang apa yang sudah kalian beri untuk negara ini? Melihat dari sisi negatif emang nggak akan ada habisnya, tapi coba lihat dari segi positifnya, dengan begitu ada keinginan untk berusaha menjadi lebih baik, wallahu'alam

    BalasHapus
  30. Indonesia negara paling rusuh di dunia,kayak yg diatas. :|

    BalasHapus
  31. Cinta ma Indonesia donk!
    Kite2 neh yang tar lanjutin!

    BalasHapus
  32. mereka yang hanya bisa memaki bagaimana negara ini adanya....mereka itulah yang nantinya ketika sukses malah akan melakukan hal yang sama dengan para pejabat2/pengusaha yang membuat negara ini kotor...

    BalasHapus
  33. Jujur aku malu dgn diri ku sendiri, karena belum bisa memberikan apa pun untuk INDONESIA ...

    BalasHapus
  34. kaya apapun negara indoonesia,,korupsi,negara bodoh...

    ga perduliii,,yang penting w bangga jadi warga indonesia,,,

    w setuju bngtzz sama si gembelll beken inii,,,

    hohoho,,,sama bruv w juga sedihhh blummzz bisa berbuat banyakk,,,

    BalasHapus
  35. INDONESIA memang negara yang kaya..
    rakyatnya juga kaya..kaya monyet tapinya(kecuali gwe)wakakakakakak..walaupun temen2 gwe kaya monyet im happy be an indoneian..haahhaay..lebay klian smua nehh!!

    BalasHapus
  36. negara tanpa tujuan yang jelas.... RI.

    BalasHapus
  37. haiiyaa owe ulah lama tinggal di indonesia, kalang2 masih suka diskliminasi, bikin sulat2 sih gampang...tapi owe punya biaya lebih besal dali olang local.

    mau beldoa aja takut di bom.

    sukanya demontlasi, bisnis owe gak wisa jalan. elo olang cuman bisa nyalain olang kita naikin halga.

    memang ini gak nyambung sama altikelnya, jangan plotes. owe cuman culhat

    BalasHapus
  38. buat komen di atas jempol dah... lucu....

    yah gini lah harusnya pada sekola dasar lagii.. biar belajar sejarah lagi n tumbuh nasionalisme yg lebih teraarah bukan jelekin negara sendiri...
    ckckckc....kalo kalian jd parlemen jg blm tentu becus...

    BalasHapus
  39. gua malu d djepang low orang2 jepang bilang bahwa peraturan kita bis adi beli gua g tau siapa yg bilang ma orang2 jpg low gua tau gua tonjok tu orang.....mereka bilang katanya polos2 d indo bisa d beli dgn uang kpn kita bisa berubah........??????????apa slamanya kita pgn begini

    BalasHapus
  40. jangan lah kalian saling menyalahkan satu sama lain...banyak yg harus kita kerjakan untuk indonesia bukan hanya dgn demo yg g jelas tapi dgn perbuatan........

    BalasHapus
  41. INDONESIA ...,,,....MERDEKA FULL...,,,,I LOVE YOU SOO MUCHS

    BalasHapus
  42. koreksi bos,..... anggrek hitam itu adanya di kalimantan timur

    BalasHapus
  43. Yang jelas Gw lahir sebagai warganegara Indonesia, mati juga sebagai WNI. Mau jelek atau baik ini tetap tanah air tumpah darah gw, yang akan tetap gw banggakan!

    BalasHapus
  44. wajar kita diremehin jepang....
    wong anak muda indonesia sukanya jepang2an..
    manga, j-rock, dsb..
    padahal kalo mau, kita bs buat karya seni yg lebih bagus dr mereka..
    untuk karya teknologi kita memang kalah dr jepang tp kalo karya seni, dunia mengakui indonesia..

    coba kita manfaatkan warisan nenek moyang kita.
    contoh, kita buat musik rock sendiri yg memakai instrumen atau scale melodi khas indonesia.

    musisi kita sering jadi juara asian beat atau festival fender asia, itu bukti kalo skill kita gak kalah dari mereka..

    itu baru disegi musik, masih banyak yg lain..

    BalasHapus
  45. Tapi sayang....negara kita gak punya platform sendiri....kekayaan negeri kita dirampas....hanya untuk kepentingan pribadi....mudah2an negara kita cepat keluar dari kisis moral...amin

    BalasHapus
  46. gue bangga jadi anak INDONESIA :D !!!!!!!!!!!
    daripada anak malaysia,,,,ndag punya budaya ,,, tata krama,,,DAN SOPAN SANTUN...
    bisanya HANYA mencari-cari kesalahan indonesia,,,bisanya HANYA ikut campur masalah indonesia,,,bisanya HANYA menghina Indonesia...
    dan hanya bisa men-claim kebudayaan INDONESIA
    batik,,,reog,,lagu "rasa sayange" diclaim juga
    ish...ish...ish
    dosa banget tuch,,,
    Mana supportenya(MALAYsia*) main laser N bawa serbuk gatal,,,apakah ini dibilang bangsa terHORMAT???????HA HA HA:D,,,bikin malU NEGARA sendiri n malu-maluin aja...HA HA
    buktiin dong kalau negara loe bangsa terhormat...
    kayak gak ada aja sekolah di malaysia
    kasian kasian kasian. . .
    ha ha ha ternyata sebagian warga malaysia
    "GU" ya!!!
    alias GILA URUSAN
    URUSAN NEGARA INDONESIA PUN ,,DIA URUSIN
    KURANG KERJAAN!!!!!!!!!!!:p
    HA HA HA HA

    BalasHapus
  47. I LOVE INDONESIA...THAT'S ALL

    BalasHapus
  48. GAUSAH HINA HINA NEGARA LAIN WOOOOOOY!!!!!!!
    BIARIN AJA MEREKA HINA KITA, KITA PERLU BERSYUKUR NEGARA KITA DIHINA, KARENA DOSA MEREKA BERTAMBAH KAN? SEDANGKAN KITA YANG DIHINA BERTAMBAH PULA PAHALANYA . IYA KAN?

    BIARKAN ALLAH YANG MELAKNAT ORANG YANG HINA INDONESIA .

    SEPERTI PERIBAHASA INDONESIA "ANJING MENGGONGGONG KAFILAH BERLALU"

    OKEY?

    BalasHapus
  49. komennya banyak banget yang ngejelekin Indonesia.. sadar woy.. lo tinggal di mana? yang lebih penting gimana caranya lo lo pada bisa ngerubah keadaan. dengan tidak mengulang kesalahan yang dilakukan pendahulu kita. mudan2an lo lo bisa ngerubahnya, gak cuma sekedar komen negatif eh, taunya pas lo lo sukses juga sama aja kyk mereka..

    BalasHapus
  50. Yang sadar... alhamdulillah, yang syok bangga... bangunlah dari mimpi, yang terlanjur mencintai... itu cinta buta, bukalah matamu!

    BalasHapus
  51. andre anak indonesia13 Januari 2011 14.10

    gw bangga banget sama INDONESIA bkan sama orang indonesia yang bisa nya cuma ngehina negara sendiri malu dong LO sama negara tetangga. ud di hina sma negara tetangga lo hina lagi di mana OTAK LO!!!!!! mikir LO!!!!!

    BalasHapus
  52. Indon semuanya yang "ter..."

    Komplek perlacuran yang terbesar di Asia.

    Menara yang paling tinggi di dunia (Kemayoran).

    BalasHapus
  53. Anonim mengatakan...

    gue bangga jadi anak INDONESIA :D !!!!!!!!!!!
    daripada anak malaysia,,,,ndag punya budaya ,,, tata krama,,,DAN SOPAN SANTUN...
    bisanya HANYA mencari-cari kesalahan indonesia,,,bisanya HANYA ikut campur masalah indonesia,,,

    3 Januari 2011 10:49


    Indonesia adalah negara yang terbesar pengeluaran kotoran manusia di dunia. Secara adil Indonesia adalah negara yang terbesar pengeluaran karbon monoxida@kentut di dunia.

    Indonesialan adalah yang paling buaaanyaaak jadi hamba Allah di Malaysia.

    "SEPERTI PERIBAHASA INDONESIA "ANJING MENGGONGGONG KAFILAH BERLALU" Itu dah basi ching yang betul anjing menggonggong Mat Indon berlalu!

    BalasHapus
  54. Maaf ching... yang paling tepat: Mat Indon menggonggong orang Malaysia berlalu!

    Betul betul betul!

    BalasHapus
  55. sadar kalian !! inget kalian sekarang ada dimana -,-

    BalasHapus
  56. buat yang komen 1,2,3,4,5...


    EMANGNYA KALIAN GA LAHIR DI INDONESIA APA???

    BalasHapus
  57. indonesia adalah negaraku,,,walau apapun yang terjadi

    BalasHapus
  58. yang ngehina Indonesia=MAHO (MAnusia HOmo)

    BalasHapus
  59. bagi orang indonesia yg memang sudah tidak suka sama Indonesia, pergi aja lah dari Indonesia. Ketimbang mencaci maki tapi masih tinggal disini, makan disini, kerja disini. kalau mau kritik, ya kritik yg bagus lah, lebih bagus kalo punya solusi.

    BalasHapus
  60. Indonesia memang Luar Biasa....tanpa tapi.

    BalasHapus
  61. semuanya bodoh..

    BalasHapus
  62. Indonesia negara dengan umat penghina negara sendiri terbesar đι dunia....
    Indonesia negara satu2 Ώyå negara Ɣƍ memiliki umat sotoy menghina negaranya sendri....
    ĴªΏġªΏ sotoy coy...itu ĽªH rekor negara bagi orang2 sotoy hahah

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails