31 Januari 2012

10 Pekerjaan yang Cocok Untuk Orang yang Pemalu

Banyak orang yang memiliki sifat pemalu merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Dunia kerja membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik antar sesama pegawai, serta kekompakan kerja tim yang solid. Namun bagi si pemalu, hal ini merupakan sebuah kesulitan tersendiri. 

Namun ada juga beberapa profesi yang tidak membutuhkan hal-hal tersebut dan cukup menunjukkan kemandirian karakter dan profesionalisme kerja. 10 profesi ini diperkirakan cocok untuk orang yang memiliki sifat pemalu. Gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi seperti yang dijabarkan oleh Alina Dizik, penulis dari situs Careerbuilder.
 

Berikut pekerjaan bagi anda yang pemalu :
 

  • Ahli Perangkat Lunak

Dibutuhkan kemampuan analisa yang tinggi. Hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak dan komputerisasi ini membutuhkan seseorang yang memang biasa menyelesaikan problem tanpa bantuan orang lain. Tantangannya, ia harus tetap update dengan perkembangan dunia teknologi terkini.

  • Farmasi

Bagi mereka yang pemalu, dunia farmasi menawarkan banyak waktu untuk bekerja sendiri, namun tidak tertutup kemungkinan untuk membuka obrolan dengan orang lain, dalam hal ini pasien. Dengan ritme kerja harian yang tetap, banyak pekerja memiliki waktu untuk diri sendiri dengan obat-obatan yang siap diracik.

  • Akuntan

Seorang akuntan memiliki banyak waktu pribadi untuk menyelesaikan masalah-masalah keuangan yang kompleks. Ditemani oleh dokumen-dokumen pemasukan dan pengeluaran perusahaan, ia akan berkutat dengan angka-angka yang membutuhkan fokus tingkat tinggi. Tentu saja hal ini membuatnya tidak boleh diganggu dan membuatnya banyak bekerja seorang diri.

  • Paralegal

Seorang paralegal memiliki sistematika kerja mirip dengan akuntan, bedanya ia akan berkutat dengan isi kontrak yang disesuaikan dengan jalur hukum. Profesi ini sangat sesuai bagi mereka yang senang melakukan riset, terutama pasal-pasal hukum maupun detail perjanjian. Pekerjaan ini tidak membutuhkan tim dan bagus sebagai batu loncatan karir di bidang hukum.

  • Desainer Grafis

Bekerja dengan waktu yang fleksibel, seorang desainer grafis bekerja secara independen menghasilkan proyek yang berbeda-beda untuk klien. Dengan kreativitas dan imajinasi yang tinggi, profesi ini sangat sesuai bagi mereka yang senang bekerja seorang diri.

  • Seniman

Profesi ini tidak membutuhkan atasan maupun bawahan. Ia bisa bekerja kapanpun ia mau. Kita semua tahu, seniman bekerja seorang diri, menghasilkan sebuah karya dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Interaksi dengan orang lain hanyalah alternatif, yakni saat ia berbincang dengan calon pembeli saat pameran karyanya.

  • Penerjemah

Menerjemahkan bahasa merupakan kemampuan yang dicari oleh banyak profesi lainnya, mulai dari dunia politik hingga bisnis. Sekali bekerja, seorang penerjemah mendapatkan honor yang cukup besar, namun ia dituntut untuk mempersiapkan diri untuk kata-kata yang sulit sesuai permintaan kliennya. Ia pun bisa membuat bisnis sendiri dengan membuka agensi khusus penerjemah.

  • Penulis

Bagi mereka yang hobi menulis, pekerjaan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk merangkum sekumpulan daya imajinasi maupun fakta ke dalam sebuah buku. Fokus dengan tulisannya, seorang penulis tidak bisa diganggu saat sedang menyelesaikan sebuah buku. ia juga banyak menggunakan referensi dari buku lainnya, yang mana hal ini akan membuatnya banyak bekerja sendirian.

  • Analisis Pasar

Dalam dunia bisnis, profesi ini dibutuhkan untuk menetapkan langkah yang tepat sebelum memulai suatu proyek besar yang mengeluarkan banyak modal perusahaan. Ia harus melakukan riset terhadap pasar, mulai dari tren, pembeli, kondisi negara dan banyak detail lainnya. Orang dengan sifat pemalu akan menemukan dirinya sibuk dengan serangkaian tugas yang berhubungan dengan pengumpulan data. Dalam banyak kasus, si pemalu justru bisa menjadi lebih sosial karena profesi ini juga melibatkan nara sumber.

  • Insinyur Sipil

Kerja tim memang salah satu bagian dari pekerjaan ini, namun saat pekerjaan masuk ke tahap yang lebih detail, seorang insinyur sipil membutuhkan fokus bekerja seorang diri. Mengerjakan proyek infrastruktur seperti terowongan hingga jalan layang, merupakan sebuah profesi yang menuntut tanggung jawab tinggi, karena hasil kerjanya akan digunakan oleh orang banyak.





sumber

7 komentar:

  1. dan profesi yang tepat untuk orang yang GAK PUNYA MALU adalah.........wakil rakyat DPR !

    BalasHapus
  2. Hahahha...sama orang-orang PARTAI

    BalasHapus
  3. Wahahahah ngakak anonim diatas XD

    BalasHapus
  4. waw aku juga pemalu nih, lebih suka nulis deh..

    BalasHapus
  5. hmm pekerjaan nya bagus" juga nih..

    BalasHapus
  6. Wah,,malah banyak yg disektor teknologi rupanya?!

    BalasHapus
  7. Pekerjaan2 yang butuh konsentrasi... nice info gan...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails