24 Januari 2012

Tak Ada Penularan Flu Burung Antarmanusia?


Dari data yang dilansir Badan Kesehatan Dunia WHO sejak tanggal 1 hingga 20 Januari 2012, setidaknya sudah ada 7 laporan kasus flu burung.

"3 di Mesir, 2 Indonesia, 1 Cina dan 1 Kamboja," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE di Jakarta.

Sementara itu, pada Januari 2011 di dunia ada 6 kasus flu burung. Artinya, jumlah kasus di dunia pada 
Januari 2011 dan Januari 2012 tidak jauh berbeda, kata Tjandra.

Saat ini Indonesia masih menggunakan oseltamivir untuk flu burung yang disediakan cuma-cuma. Selain yang sudah tersebar di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, masih ada persediaan lebih dari 1,4 juta tablet yang siap diluncurkan lagi kalau diperlukan.

Virus flu burung yang menyebabkan kasus infeksi di Indonesia pada awal 2012 ini menurut Tjandra tidak mengalami mutasi.

"Masih sama dengan yang sebelumnya, yaitu reseptor masih alpha 2,3 dan virus sama dengan virus human Indonesia 2007. Juga tidak terjadi "sustained transmission" (penularan berkelanjutan)," jelas Tjandra.

Dengan 2 bukti ilmiah ini, yaitu virologi masih alpha 2,3 dan virus sama dengan virus human Indonesia 2007 dan epidemiologi tidak terjadi "sustained transmission" maka dapat dipastikan bahwa sampai saat ini tidak ada penularan antarmanusia pada flu burung ini. 





sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails