11 November 2011

Dianggap ‘Provokatif’ Iklan Dakota Fanning Dilarang di Inggris


Sebuah iklan untuk parfum Marc Jacobs yang menampilkan bintang terkenal Hollywood Dakota Fanning (17), telah diarang di Inggris karena dainggap terlalu provokatif secara seksual, dan dianggap sebagai eksploitasi seksual terhadap anak.
Dalam ikal tersebut memperlihatkan bintang film War of the Worlds dan Charlotte Web, mengenakan rok pendek dan memegang sebotol parfum Marc Jacobs diantara kedua kakinya, yang diaggap “provokatif secara seksual” oleh regulator iklan.
Otoritas standarisasi periklanan (ASA) menerima empat pengaduan yang menyatakan bahwa iklan tersebut ofensif dan tidak bertanggung jawab, karena menggambarkan model remaja dalam sebuah “gaya seksual”.
Dakota Fanning
Sementara itu, Coty UK, Majalah ES dan majalah mode Sunday Times yang memuat iklan tersebut mengatakan mereka belum menerima keluhan perihal iklan itu.
Coty mengatakan bahwa sebagian besar pembaca yang melihat iklan tersebut berusia lebih dari 25 tahun, dan merupakan usia yang menjadi target parfum tersebut. Mereka juga menambahkan bahwa gambar Fanning ini mirip dengan banyak gambar ‘sensual’ lain pada majalah.
Dakota Fanningmarcjacobs.com
Namun ASA menegaskan bahwa posisi botol parfum di pangkuan Fanning sangat “provokatif secara seksual” dan melihat bahwa aktris tersebut benar-benar terlihat seperti di bawah usia 16 tahun dalam gambar tersebut.
“Kami menganggap bahwa panjang gaunnya, kaki serta posisi botol parfum menarik perhatian secara seksual. Dengan inilah kami menyimpulkan bahwa iklan itu tidak bertangung jawab dan cenderung menyebaban pelangaran serius” jelas ASA.

2 komentar:

  1. biase' aje', Gan !

    pertamax...

    BalasHapus
  2. hati2 mbak, nanti masuk...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails