18 Oktober 2010

Malaysia Berencana Membangun Jembatan Selat Malaka Lewat Pulau Rupat


Rencana pembangunan jembatan Selat Malaka yang menghubungkan Pulau Rupat, Indonesia dengan Teluk Gong, Malaysia lebih banyak direspon oleh pihak Malaysia.

"Terkait Jembatan Selat Malaka ini justru pihak Malaysia yang proaktif mengambil konsep ini.
Mereka sudah `menjual` ke China, bahkan sudah dibentuk perusahaan sendiri untuk investasi di proyek ini," ujar Gubernur Riau Rusli Zainal saat pemaparan di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pemerintah dalam proyek ini masih melakukan tahap pengkajian, baik estimasi waktu pembangunan, maupun anggaran dana yang diperlukan.

Ia menambahkan pembangunan megaproyek jembatan sepanjang 54,33 km ini juga harus menanti proyek Jembatan Selat Sunda selesai dibangun terlebih dahulu.

"Respon Presiden baik, beliau juga mendukung. Tapi memang dikatakan harus menunggu proyek Jembatan Selat Sunda (JSS), karena (JSS) ini lebih diprioritaskan," ujarnya.

Ia mengatakan apabila proyek jembatan antarnegara ini selesai, maka Pulau Rupat sebagai penghubung dari Indonesia bisa dijadikan tempat wisata yang diikuti dengan pembangunan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang diperlukan untuk menunjang jembatan antara Dumai-Malaka. "Untuk mengawalinya, kita sudah membangun pelabuhan untuk kapal roll on-roll off (roro) yang menghubungkan Dumai di Riau dengan Melaka di Malaysia," ujar Rusli.

Menurut rencana, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tersebut antara lain Jalan Lubuk Gaung-Dumai sepanjang 15 km, Jembatan Lubuk Gaung-Pulau Mampu sepanjang 1.900 km, Jembatan Pulau Mampu-Pulau Payung sepanjang 2.000 m serta Jembatan Pulau Payung-Pulau Rupat sepanjang 2.000 m.

Kemudian, jalan di Pulau Rupat sepanjang 48 km, Jembatan Selat Medang sepanjang 200 m, Jembatan Sei Simpur sepanjang 190 m, Jembatan Sei Medang Dalem 1 sepanjang 150 m dan Jembatan Sei Medang Dalem 2 sepanjang 225 m.

Sebelumnya, disebutkan rencana pembangunan jembatan Selat Malaka diperkirakan akan menelan dana 11 miliar dolar AS.


Sumber : http://taufikolegune.blogspot.com/2010/10/malaysia-berminat-bangun-jembatan-selat.html

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails