29 Mei 2010

Penjaga Makam Yesus Seorang Muslim

Gerbang itu besar dan tinggi. Pintunya dari kayu tebal dan bergerendel besi. Kaum Kristen di seluruh dunia mengenal gerbang itu sebagai pintu masuk Gereja Makam Kudus di Yerusalem.

Makam itu adalah bangunan tersuci umat Kristen. Mereka percaya gereja itu dibangun di atas bukit Golgotha,
tempat Yesus Kristus disalib dan makam tempat ia bangkit kembali.

Wajeeh Nuseibeh
bukan Kristen. Lelaki gemuk berusia 55 tahun itu beragama Islam dan hidup turun-temurun di kota yang menjadi Ibu Kota Israel itu.

Wajeeh Nuseibeh
Tapi, demikianlah adanya. Makam suci itu dijaga selama berabad-abad oleh sebuah keluarga Muslim. Wajeeh adalah salah satu keturunan keluarga itu yang kini menjadi juru kunci Gereja Makam Kudus.

"Tak seorang pun di seluruh dunia yang boleh membuka gereja itu kecuali aku," katanya seperti dilaporkan
Time edisi 31 Juli 2006.

Ketika Kalifah Umar menguasai Yerusalem pada tahun 638, ia menugaskan seorang prajurit Arab, nenek moyang Wajeeh, menjaga gereja itu. Sejak itu keluarga Nuseibah tak cuma menjaga gereja tapi juga menjadi wasit bagi tujuh sekte Kristen yang saling memperebutkannya.


Tiga kelompok terkuat -- Katolik Roma, Yunani, dan Armenia -- memegang 70 persen kepemilikan gereja. Setiap kelompok mengaku berhak memiliki tempat suci itu. Masing-masing meletakkan patung-patung malaikatnya di dalam basilika.


Beberapa tahun lalu, misalkan, sekitar 500 pendeta Yunani dan Fransiskan bercekcok berjam-jam, saling melempar bangku dan memukul dengan tangkai tempat lilin. Ini terjadi gara-gara satu sekte harus melintasi barang suci milik yang lain.


Selama berabad-abad kecurigaan dan kebencian itu membuat hanya seorang Muslim yang dapat dipercaya memegang kunci Makam. "Kaum Kristen menilai aku netral," kata Wajeeh.


Wajeeh hanya digaji sekitar Rp 45 ribu per bulan oleh masing-masing sekte. Jadi, ia menerima sekitar Rp 315 ribu per bulan untuk mengurusi tempat itu. Tapi, dia mengerjakannya dengan serius karena itulah tugas keluarganya.


Keluarga Nuseibeh dulu punya ladang-ladang zaitun yang luas, tapi telah musnah setelah perang 1967 ketika Israel menjajah wilayah Yordania.


Wajeeh mendapat uang tambahan sebagai pemandu wisata. Sebagian keluarga Nuseibeh kini menjadi profesor dan pengusaha, tapi takdir Wajeeh, yang diwariskan oleh ayahnya, adalah menjaga Makam Suci.


"Kadangkala orang-orang memarahiku. 'Kamu Muslim. Apa yang kau lakukan di sini?' Aku katakan kepada mereka, 'Kami tidak fanatik. Kami menghormati kaum Kristen'," kata Wajeeh.

46 komentar:

  1. salut tuk opa wajeeh.

    BalasHapus
  2. salutttttttttttttttttttttttttttttteeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  3. saluteeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  4. indahnya saat umat beragama bisa saling menghormati satu sama lain...

    BalasHapus
  5. kerennn..gimana bisa?

    BalasHapus
  6. Allohu Akbar, subhanalloh

    BalasHapus
  7. Jika hati seputih awan, jangan biarkan mendung datang.Jk hati seindah bulan, hiasilah dg senyuman. Jk hati seindah bunga, jangan biarkan kumbang datang. "Marhaban Ya Ramadhan" bulan panen bonus, murah discount, jauhkan iri dengki, hasyud , fitnah Maaf lahir bathin....... mari atasi maslah tanpa masalah.

    BalasHapus
  8. Tapi Dia Tau Gak yah??
    Yg Di Kubur(Di Dalam makam) Itu Judaz...Bukan Nabi Isa...Ckckck...

    BalasHapus
  9. jgn rasis bos,Judaz itu mnurut AlQuran kn?tp mnurut Alkitab itu Yesus. Dan org2 kaya mereka dan kita ini masing2 sdh ditanami ajaran Alkitab & Alquran dari lahir,jd syapa yg salah?Klo lu ada di pihak sebaliknya lu bs ngmng yg sama klo didlm itu Judaz?

    BalasHapus
  10. Siapapun jasad yg ada di dalamnya, kita hrs menghormatinya...

    BalasHapus
  11. Atas~...@

    Ini Bukan Masalah Di Mana Pihak Yg Saya Pegang Sob...
    Iya...Di Alkitab Itu Yesus...
    Iya...Di Alqur'an Itu Judaz...
    Ane Tau...

    1 Kalimat Yg Ane Berikan Ke Ente...
    "Kita Buktikan Di Akhirat Kelak"

    OK?

    BalasHapus
  12. sebelum kiamat.....
    nabi isa bakalan diturunkan lagi sama Allah ke bumi..

    n dia bkalan memberikan kebanaran... bahwa. yang di salib itu bukan dia tapi Judaz..

    BalasHapus
  13. walah kok jd ribut

    BalasHapus
  14. imam Mahdi dalam islam adalah ISA,tertulis dalam alquran. jd udah tau donk siapa penyelamat ahir jaman yg akan datang ke bumi? ya ISA!!

    BalasHapus
  15. Indahnya hidup beragama yang tidak melihat perbedaan itu sendiri. Biarlah Sang Pencipta yang menjadi Hakim Adil, kita sebagai manusia tidaklah layak menghakimi sesama. Perbanyaklah kebajikan, karena di hari akhir, perbuatan dan kebajikan kitalah yang akan membela dan menyelamatkan kita di hari penghakiman. amien.

    BalasHapus
  16. penyelamat akhir emang "imam Mahdi" tp dia bukan isa, dia bernama Ahmad bin Abdullah jg tapu bkn Muhammad Rasulullah SAW,isa diturunkan Allah bukan untuk menyelamatkan umat islam tetapi meluruskan aqidah kepercayaan manusia tentang Allah, isa menegakkan kalimat Laa ilaaha illallah terhadap umat beliau, sedang imam mahdi, dialah yg membunuh al masihud dajjal, bahkan pada akhirnya nanti sebelum matahari terbit dari barat imam mahdi/ahmad ini akan memimpin sholat berjama'ah termasuk berdiri dibelakang belau isa ibnu maryam as, bermakmumkepada imam mahdi.

    BalasHapus
  17. kereeeennnn komentnya, menambah ilmu banget, thanks

    BalasHapus
  18. salut sm Pak Wajeeh.. ^_^

    BalasHapus
  19. wajeeh.adalah org yg tdk fanatik.dan apa yg dia lakukan itu adlh contoh buat kita semua baik agama muslim ataupun kristen dan dia adalah muslim yg sejati....

    BalasHapus
  20. wajeeh.tak pandang bulu,dan ia hanya melakukan pekerjaannya yang baik dan iklas ia tak membutuhkan seberapa besar gajinya yg di berikan.namun yg ia harapkan hanyala kepedulian kita.hai teman2 aku mau tanya.apakah qt mampu ikuti sikap wajeeh yg tetap tegar dan setia menjaganya sekalipun tanpa di gaji???? aku sangat bangga dengannya.....aq yakin bahwa.TUHAN YESUS suda sediakan tempat yg inda baginya.....

    BalasHapus
  21. contoh orang yang patut kita contoh budinya. terima kasih karena telah mengajarkan (dan juga mengamalkan) kerukunan antar umat beragama.

    BalasHapus
  22. allahuakbar...
    walau diriku penuh dosa, tapi aku yakin akan kekuatan dan keadilan Allah swt akan akhir cerita dunia ini... zaman sekarg bkn saatnya kita saling menghancurkan contohlah abi wajeeh, yg terpenting keyakinan kepercayaan dan iman tetap satu tujuan...
    ALLAHUAKBAR...

    BalasHapus
  23. Begitulah di Indonesia. Munafik.
    Sempat2nya ribut di artikel orang.
    Agama itu artinya "tidak kacau". Jangan mengaku anda beragama kalau mau buat kacau!
    Agama anda mengajarkan kekacauan? Agama anda sesat! Agama anda membenarkan memusnahkan orang yang tidak seagama dengan anda? Pikirkan lagi agama macam apa itu? Atau agama anda mengajarkan kebaikan namun anda saja yg jahat? Segeralah berubah ke arah yang lebih baik agar agama anda tidak tercemar dengan perlakuan anda.

    Percuma ada Kementerian Agama di Indonesia, antar agama saja selalu merasa dirinya benar dan yang lain salah. Percuma UUD kita menjamin setiap orang untuk beragama menurut kepercayaan masing-masing, nyatanya di Indonesia masih saja ada perampasan hak untuk beribadah sesuai agama masing-masing.

    Anda mau tidak percuma adanya UUD 1945 dan Kementerian Agama di Indonesia? Mari mulai dari diri masing-masing.

    Kalau anda berani mengaku beragama, maka sebarkanlah Cinta Kasih, bukan permusuhan.
    Sebab yakinlah bahwa Tuhan yang anda sembah tidak menghendaki permusuhan!

    BalasHapus
  24. Bagi yg muslim ingat Nabi Muhammad SAW itu semasa hidupnya dijuluki Al Amin oleh org2 trmsk org Nasrani & Yahudi,krn sejak kecil tdk prnh bohong,dpt dipercaya & suka mendamaikan org2 yg bertikai,bahkan ada riwayat rmhnya suka dijadikan tmpt menginap org2 Nasrani & Yahudi atau Muslim tanpa pandang bulu,itu sebabnya Sayyidina Umar meneladani beliau & memerintahkan muslim utk menjaga.

    Bagi yg Nasrani jgn terpancing,maafkan perkataan kasar saudara2 sy,kita ummat Islam & Nasrani musti slg menghargai & sampaikan jg kpd saudara seiman anda janganlah menghina Nabi kami,krn sesungguhnya kami ummat Islam tdk prnh menghina Nabi Isa AS {Jesus} sebagaimana byk dr kalian suka menghina Nabi Muhammad SAW.

    Judas mmg murid Nabi Isa AS,apakah dia berkorban demi melindungi Nabi Isa AS? atau mmg diserupakan krn berkhianat? hanya ALLAH yg tau,tp kt ummat Islam percaya Nabi Isa AS mmg diselamatkan ALLAH,bkn disalib.

    BalasHapus
  25. Begini nih seorang Muslim yang bijak dan open minded. Seandainya saja semuanya demikian, tidak akan ada persoalan yang menggesek antara Islam dan Kristen.
    Seandainya saja masing-masing tidak mencampuri agama seberang.

    Buat yang Kristen juga hendaknya bijak dan open minded.

    Ingatlah, bahwa banyak yang terpanggil, namun hanya sedikit yang terpilih.
    Be wise everybody!

    BalasHapus
  26. oRang artikel bagus2 kayak gini kok ya masih ada yg otaknya sempit ngeributin masalah agama..sampe mau dibuktiin di akherat segala....
    Yaelahhh..kayak gini ni yg merusak moral bangsa..

    BalasHapus
  27. mnrt gw sah2 aja adu argument, selain utk pengetahuan, jg utk menambah keyakinan trhdp apa yg selama ini telah diyakini.....yg pntng jangan adu jotoz aja....ighfir lana ya Rob....

    BalasHapus
  28. YANG AUS YANG AUS..TARAHUU TEH BOTOL,,YG AUSS..

    BalasHapus
  29. Teh botolnya dua bang, buat pak wajeeh satu..

    BalasHapus
  30. Ketauan"kan aslinya kristen itu gimana...
    sesama pendeta atau yg pemimpin umat aja masih bisa ribut... kebanyakan Tuhannya sih...

    BalasHapus
  31. apa yang diajarkan oleh Muhammad BUKAN HAL BARU. Semuanya adalah meneruskan tradisi/ kepercayaan orang-orang Arab sebelumnya. Misalnya ibadah haji, sholat menghadap ka'bah, allah sebagai Tuhan. Sebelum Muhammad lahir, orang Arab sudah melakukan itu semua. Bedanya, Muhammad lebih memperhalusnya, ibadah haji yang sebelumnya dilakukan sambil telanjang bulat dipersopan dengan memakai pakaian ikhram, al-lah yang dulunya cuma salah satu tuhan orang Arab (dari sekitar 360 berhala arab pra-islam)dijadikan atu-satunya tuha (yang lainnya dimusnahkan dengan hanya menyisakan hajar aswad). Sembahyang menghadap ka'bah sudah menjadi dilakukan orang-orang arab sebelum Muhammad lahir (menurut kepercayaan orang arab pra-islam, ka'bah adalah tempat suci dimana disana tersimpan sekitar 360 berhala milik berbagai suku yang ada disana)

    BalasHapus
  32. Sorry ini bneran mau nanya, bukan Rasis (so, mudah2an ga ada yg salah paham)..

    untuk yang NONI ( NOn Islam), mw nanya.. : sbnernya Tuhan kalian itu ALLah (baca : ALah) atw Yesus c..???
    aq prnah nny sm temenku yg NONI, dy bilang kalo Yesus itu hanyalah Nabi bukan Tuhan,kalo memang hanya seorang Nabi, tapi knapa kalian slalu nyebut TUhan Yesus bukan TUhan ALLah..??
    bukankah antara Tuhan dengan Nabi itu jelas berbeda kedudukannya..??

    Sorry yah skali lg, ini bneran nny loch.. piss ^_^v

    BalasHapus
  33. YESUS BUKAN NABI, Yesus itu Tuhan sang juru selamat, 2000 thn lalu turun ke dunia menjadi manusia, di caci, di maki, di cambuk, di hina, di ludahi, di mahkotai duri..dan akhirnya di SALIB,Tuhan harus turun dan menjadi manusia, yang dinamai YESUS KRISTUS,karena utk merasakan kesekitan di SIKSA, menggantikan DOSA manusia, tidak ada cara lain kalAU hukuman tidak dijalankan berarti YESUS bkan TUHAN yg ADIL dan konsekuen karena Dia sendiri yg mengatakan upah dosa ialah MAUT,maka IA mengambil keputusan DIRINYA sendiri yg menanggung DOSA manusia, karena hkuman dosa utk MANUSIA, maka YESUS harus menjadi MANUSIA,mati disalib dan jelas yg disalib bukan JUDAS karena judas hanya murid yesus, tidak mungkin manusia menebus dosa manusia, kecuali Tuhan yg menebusnya,amal dan perbuatan baik, serta ibadah TIDAK AKAN PERNAH BISA selamatkan manusia dari dosa, karena upah dosa hanya maut,Tuntutan Tuhan kpd manusia adlah SEMPURNA dan tidak bercela..satu jalan utk SELAMAT yaitu TUHAN YESUS KRISTUS.

    BalasHapus
  34. buar anonim 25 Oktober 2010 18.16 gw mo klarifikasi klo yg membunuh dazal itu abi Isa AS bkn Imam Mahdi..
    buat anonim di atas klo yesus adalah tuhan berarti Allah apa..?mohon dijawab..

    BalasHapus
  35. Masalah bahasa tidak perlu diributkan, sinonim ngerti kan?...Tuhan = Allah...sama seperti bhs Inggris juga kan ada Lord = God...

    BalasHapus
  36. Nambahin lagi, lha wong bahsannya juru kunci kok jadi mrembet kmana2 tho? Klo kurang tempat buat adu argumen, buat lapan sendiri aja...

    BalasHapus
  37. pembawa kabar angin29 November 2010 03.31

    beginilah indonesia.... grow up guys... kalian yg merasa paling benar, merasa bakal masuk surga dan bilang yg lain masuk neraka hem.... sudah PASTI kah itu? selalu saja ingin membuat onar dimana - mana. coba kalian pikir, agama itu seharusnya menjadi pencerah bukannya menghasut kemana mana.
    ahmad dahlan 1919 : agama itu seperti musik. bila dimainkan oleh yg tau (pemusik) dia dapat menciptakan suasana yang teduh, tenang, bersahabat, INDAH. tapi jika dimainkan oleh org yg tidak tau bisa menimbulkan sakit telinga, sakit hati, angkara murka, nafsu sesat, ingin menang sendiri dan segala nafsu keduniawian ada di alunan nada yg kacau tersbut. sadarlah setiap agama memiliki ajarannya cinta kasihnya masing2. KLO DI AGAMANYA MENGAJARKAN CINTA KASIH, KENAPA PENGIKUTNYA " MENGAMALKAN " KEBENCIAN, KESESATAN DAN KEMURKAAN??? YG SALAH AGAMANYA ATAU PENGIKUTNYA??? coba resapi kalimat2 diatas, jangan TUTUP mata hati anda dengan berpikiran sempit, bahwa anda selalu benar. OBJEKTIF, TERBUKA KEPADA PEMIKIRAN LAIN. ikutilah TELADAN Wajeeh Nuseibeh "TIDAK FANATIK" mampu menghargai agama maupun pendapat lain dan inilah yg terutama :
    ~ BERPIKIRAN TERBUKA ~


    : YG POST DI BAWAH ANE : PIKIR DOLO TULISAN ANDA SEBELUM MENGETIKNYA. JGN ASAL PAKE OTAK PRIMITIF DAN TULIS KOMENT GK JELAS PENUH EMOSI. COOL DOWN... TELAAH DAN RESAPI DOLO BARU UNGKAPKAN KE ARTIKEL ORANG.

    TULISAN INI DIBUAT UNTUK MENGAJAK Komentator2 yg BIASANYA asal NJEPLAK ( asal ketik ) SUPAYA MEMIKIRKAN DULU PERKATAANNYA SEBELUM DITULIS.

    BalasHapus
  38. Mau Juru Selamat Kah Ga Selamat Kah ????
    Nabi Isa ataupun yesus...
    KAN GA MATI.....
    TAPI DI ANGKAT KE LANGIT....
    BUAT DITURUNKAN MENJELANG AKHIR JAMAN....
    INGAT ITU KALIAN SEMUA.....
    JADI KUBURAN NABI ISA KAH atau yesus sang juru masak yg di makankan di situ ??????
    hayoooooooooooooooo....

    BalasHapus
  39. Ternyata pembesar-pembesar agama kristen (ketujuh sekte) tsb nggak ada yang saling legowo cuma untuk urusan makam, dan terpaksa mencari orang yang netral dalam ini orang muslim. Hal ini tentu harus direnungi oleh umat kristen. Memang ini sangat sesuai dengan teladan yang diberikan Nabi dan Rasul Muhammad SAW, beliau adalah Al-Amin (Yang Terpercaya).

    BalasHapus
  40. Iman andalah yang menyalamatkan anda bukan agama.

    Jadi, gak usah bawa2 ANJING mas, atwkah agama anda mengajarkan anda untuk bersikap seperti binatang??

    BalasHapus
  41. Sudah deh gausah ribut piece :D banyak mengandung sara tuh dari pada ribut mending ke www.angkatigabelas.blogspot.com :D heheh

    Nice post for menujuhijau

    BalasHapus
  42. Katakanlah : hai orang2 kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan Kamu BUKAN PENYEMBAH TUHAN YANG AKU SEMBAH. Dan aku tidak akan pernah menyembah apa yang kamu SEMBAH. Dan KAMU TIDAK PERNAH PULA MENYEMBAH TUHAN YANG AKU SEMBAH
    untuk mu agamamu dan bagikulah agamaku.... (qs: al kafirun )
    Semua agama mengajarkan hidup damai. Buat saudaraku muslim jadikanlah artikel ini sbg hikmah perdamaian spt dalil alquran ini. Buat tmn nasrani smg tetap menjaga perdamaian dan keselarasan.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails