3 Oktober 2010

Rutin Makan Ikan Buat Jantung Sehat

ImageJakarta, Anda ingin mempunyai jantung yang sehat sepanjang usia? Selain gemar berolah raga, mengonsumsi ikan rupanya juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit mematikan tersebut.

Kandungan Omega 3 yang banyak dimiliki ikan dapat menekan penyumbatan pembuluh darah. Demikian kata Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Dewi Andang Joesoef.

"Menurut penelitian di luar negeri, ikan itu dapat menekan penyumbatan pembuluh darah dengan Omega 3-nya," kata Dewi ketika ditemui di acara Hari Jantung Sedunia 2010 di Pintu Barat Daya Monas, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2010).

Menurut Dewi, selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, ikan juga mempunyai sejuta manfaat lainnya. Antara lain, otak balita dapat berkembang dengan baik bila sang ibu mengonsumsi ikan setiap hari. Pertumbuhan anak-anak semakin bagus bila diberi asupan gizi dari ikan.

Ikan juga dapat mencegah penyakit kanker. Bahkan, binatang bersirip itu dapat menjaga elastisitas kulit wanita sehingga ia awet muda. "Kemudian ikan itu ada zat yang namanya cilenium. Dia menjaga elastisitas kulit sehingga ibu tercegah dari ketuaan prematur," kata Dewi.

Dewi menambahkan, mengingat besarnya manfaat ikan tersebut, YJI mendukung gerakan gemar makan ikan yang digagas oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad. Fadel menargetkan konsumsi ikan masyarakat adalah 35 Kg/ tahun.

"Kita ini negara maritim yang luas lautnya tidak terkira. Kenapa tidak kita manfaatkan sumber daya alam kita itu dengan makan ikan?" ajak Dewi.

Sumber : http://kickandclick.com/content/view/190/69/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails