14 Oktober 2010

KOPASKA, Pasukan Yang Sehebat KOPASSUS

kaget gw sama ni kopaska ( Komando Pasukan Katak)
di situ di bahasnya dari pelatihan sampe skill. dia Di latih lebih lama dari Kopasus Sekitar 1 tahun lebih.
pada penasaran kan ?
Simak Ajah Neh..





KOPASKA

Komando Pasukan Katak adalah pasukan khusus berkualifikasi komando dan ke –paska – an yang menempati hirarki tertinggi dalam lingkungan kombatan di TNI – AL bersama dengan “saudara” nya yaitu Yon Taifib di Korps Marinir. Hal ini dikarenakan untuk menjadi anggota pasukan katak harus mempunyai kemampuan diatas rata – rata Dan bisa bergerak secara individual. TNI – AL tidak main – main dalam merekrut para prajurit baru di satuan elit berbaret biru tua ini. Standart yang tinggi, pengalaman bertugas di KRI dan IQ diatas rata – rata adalah syarat mutlak seorang prajurit KOPASKA. Kopaska juga bergerak atas perintah langsung Panglima TNI.


ada yang mau Gabung Di kesatuan ?

SISTEM REKRUITMEN
Hanya prajurit matra laut yang mempunyai standart diatas rata – rata dan kemampuan fisik prima yang dapat menjadi anggota Kopaska. Dan di lingkungan matra laut terdapat fakta hanya segelintir prajurit yang mampu bertahan dan lulus dari pendidikan pasukan katak di Sepaskal KODIKAL Surabaya ini. Sedikitnya calon yang lulus dalam pendidikan ini menandakan bahwa TNI – AL tidak sembarangan merekrut prajurit Kopaska. Karena tugas yang diemban Kopaska bisa dikatakan sangat berat dan mencakup wahana empat media (darat, laut, udara dan bawah air) sesuai kodratnya sebagai pasukan amfibi. Persyaratan Calon Prajurit Kopaska :
Anggota TNI AL (Non anggota Korps Marinir)
Berdinas minimum 2 thn di KRI / Kapal Perang RI
Lulus Kesamaptaan (standart pasukan khusus TNI)
Lulus Tes Berenang (militer, gaya katak dan gaya bebas)
Lulus Tes Ketahanan Air
Lulus Psikotest khusus
Lulus Wawancara dan Secara sadar mengikuti tes dan pendidikan tanpa paksaan siapapun
Mempunyai wawasan luas baik militer atau umum dan kemampuan mengoperasikan peralatan tempur dan senjata dengan baik
Setelah lulus penyaringan dan mendapat perintah untuk menempuh dikbrevet paska, maka calon diberangkatkan ke Sepaskal Kodikal TNI AL Surabaya. Disana tes terakhir mencakup keseluruhan materi tes bagi para calon. Yang tidak lulus akan dikembalikan ke satuan asalnya.



Pendidikannya
Pendidikan Kopaska diawali dengan indoktrinasi dan gemblengan fisik yang membuat lelah luar biasa terutama otot kaki. Maklum kesaktian utama pasukan katak adalah menyelam dan bertempur dibawah air. Masa latihan pertama selama 1,5 bulan itu diakhiri dengan “Hell Week” yang sangat menguras tenaga karena para siswa baik Pa, Ba dan Ta digojlok sama standard pasukan khusus. Mereka selalu dikejutkan dengan kegiatan tiba – tiba dan tak terduga. Seperti renang laut di tengah malam, senam perahu karet, dayung, tidur sebentar lantas 10 menit kemudian para siswa disuruh melakukan halang rintang, push up dan pull up atau digebuki oleh para pelatih untuk melatih mental serta ujian lisan tentang teori yang telah diberikan. Itu hanya untuk membuktikan bahwa seseorang bisa berpikir 10 kali lipat dalam keadaan terdesak dan tantangannya adalah bagaimana caranya bisa berpikir seperti itu secara sadar dan tidak gegabah. Karena itulah hakikat sebuah pasukan khusus yang bisa menyelesaikan misinya dengan cepat, tuntas dan rapi. Fase selanjutnya adalah pembinaan kelas selama 2,5 bulan plus sebulan praktek. Teori yang didapat antara lain adalah : pengintaian pantai, demolisi dan sabotase. Daerah latihan Kopaska pada ini adalah seputar pantai wilayah gresik atau pantai di daerah Puslatpur Marinir Karang Tekok Situbondo. Tapi jangan kira walaupun pembinaan kelas, para siswa tetap diwajibkan lari dan berenang baik dalam kolam maupun laut.


DETASEMEN ANTI TEROR KOPASKA
Kopaska baik di Satpaska Armatim maupun Armabar masing – masing mempunyai 1 detasemen berkualifikasi anti teror / penanggulangan teror yang khusus ditugasi untuk memberangus para teroris terutama di lautan, bajak laut yang membajak kapal niaga, ring lepas pantai dan pulau – pulau di tengah laut yang memiliki objek vital dan operasi khusus sesuai perintah Panglima TNI. Untuk menjadi anggota Detasemen Khusus ini seorang anggota Kopaska harus sudah berdinas minimal 3 tahun, minimal sekali bertugas tempur dan mempunyai minimal 3 keahlian spesialisasi tingkat II (muda) di bidang menembak, selam, terjun payung dan kelautan. Pendidikan anti teror Kopaska armatim dan Armabar dijadikan satu. Khusus mendalami materi perang darat, CQB, persenjataan dan lintas udara mereka bisa pula dikirim ke Sepursus Pusdik Passus. Sedang mendalami kemampuan tempur yang berbau “air asin” yang memang “khas” nya Kopaska, personel pilihan ini dididik di SEPASKAL dengan materi pendalaman selam tempur, renang dengan tangan dan kaki terikat sejauh 3 km, intelijen, sabotase dan CQB di kapal, kilang minyak lepas pantai, Water Jump, operasi raid di rawa, laut, sungai dan pantai plus metode dan tehnik pengamanan VIP / VVIP.



STRUKTUR ORGANISASI


Satuan Pasukan Katak Armada Barat
Detasemen 1 Anti Teror
Detasemen 2 Operasi Khusus
Detasemen 3 SAR dan Combat Salvage
Detasemen 4 EOD
Detasemen 5 UDT



Detasemen 6 Special Boat Unit
Spoiler: Hide'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerHTML = 'Spoiler: Show'; }">Spoiler: Hide
Satuan Pasukan Katak Armada Timur
Detasemen 1 Anti Teror
Detasemen 2 Operasi Khusus
Detasemen 3 SAR dan Combat Salvage
Detasemen 4 EOD
Detasemen 5 UDT Detasemen 6 Special Boat Unit



FUNGSI ASASI KOPASKA
1. TUGAS DALAM OPERASI AMPHIBI
· Beach Recconaisance
· Post Reconnaisance
· Beach Clearing
· Lead and put Beach shore navigation
2. OPERASI KHUSUS
· Sabotase / Anti Sabotase
· Clandestein
· Salvage Combat
· Mine Clearance Ops
· Send and Pick up agent
3. OPS TAMBAHAN
· PAM VIP VVIP & Vital Obj
· Underwater Survey
· SAR
· Factual Information Gathering



Kalo Diliat2 menurut gw . Neh KATAK.
ehh.. KOPASKA, hheee... Diatas KOPASUS.
Ternyata. NKRI punya banyak Keahlian
pantes kalo dulu disebut-sebut MACAN ASIA..!!


Sumber : http://replikasiblog.blogspot.com/2010/10/pasukan-sehebat-kopassus.html


22 komentar:

  1. Bukan soal mana yang lebih baik akan tetapi mereka semua ( seluruh pasukan khusus yang dimiliki negara kita ) wajib bekerjasama menjaga dan memelihara keutuhan NKRI dari gangguan negara lain!!!

    BalasHapus
  2. kalau PSSI dilatih ala KOPASKA pasti juara dunia...

    BalasHapus
  3. Om saya anggota KOPASKA,,sekarang lg tugas ke Lebanon buat UN..
    Hebaattt...!!!!

    BalasHapus
  4. Silent is GOLD, Everyone knows wich Golden be !, JALESVEVA JAYAMAHE !!!

    BalasHapus
  5. hebat??buktikan...

    BalasHapus
  6. menurut saya gak hebat2 amat,kalo mau di akui buktikan dulu..biar sejarah bisa mencatat

    BalasHapus
  7. TRUS GIMANA KEHEBATAN ANGGOTA KOPASSUS YG JG MEMILIKI KWALIFIKASI KOPASKA...?
    JGN LUPA KOPASKA PERTAMA KALI DIBENTUK OLEH KOPASSUS YG PADA SAAT AKAN MELAKUKAN PENYERBUAN KE IRIAN BARAT...
    BRAVO KOPASKA...TAN HANA WIGNA TAN SIRNA..!!!

    BalasHapus
  8. itu yang nulis 2 comment dr atas....
    sebelum comment pikir n cari dulu d internet....
    kan udah bnyk prestasinya.......
    gak hebat2 amat..... plisss deh.....

    BalasHapus
  9. biasa lah..... yang 3komen diatas, "air riak tanda tak dalam"

    BalasHapus
  10. KOPASSUS juga punya KOPASKA, soalnya abang saya masuk kedalam team kopaska dibawah yon 811 sat 81/gultor

    BalasHapus
  11. yg comment ke 5 diatas saya..ibarat blm tau apa2 tapi langsung menyimpulkan ..berasumsi sendiri..setelah itu dia baru cari tau setelah banyak yang protes...edan

    BalasHapus
  12. aku orang bodoh itu pasti, tapi aku suka hidup dengan budaya indonesia walaupun sekarang negeriku selalu tertimpa bencana tolonglah kami wahai saudaraku porli dan tni apapun kesatuannya

    BalasHapus
  13. apapun satuannya yg penting ngejaga NKRI. titik

    BalasHapus
  14. dalam hal anti teror menurut gue lbh elit Kopassus deh dgn sat 81 gultor, msh inget peristiwa pembajakan pesawat garuda di di thailand atau lbh dikenal dgn insiden Woyla? Jenderal purn Sintong Panjaitan jga mengakui koq kalau kopassus lbh hebat, tentu saja dlm hal anti teror dan tempur darat. coba ente searching di youtube tentang pendidikan kopassus di pusdikpassus batujajar. tetep gue akui kalau urusan underwater demolituion, kopaska lbh jago ketimbang kopassus meskipun kopassus jga pumya pasukan kataknya

    BalasHapus
  15. jadi inget cerita di blok ambalat, kapal patroli tentara laut diraja malaysia disusupin dua personel kopaska UDT, gara-gara awak kapalnya pada ketiduran (bodoh bgt ini-__-), trus mereka dikagetkan dengan "bom" berupa batu-bata yang ditempel ke kapal pake lakban item dan dikira bom C4...... Uuups keceplosn gueee...ehehehe

    BalasHapus
  16. Ngaco nih, skrng baretnya udh merah marun udh ga biru tua lagi, difotonya sndiri pdhl ada... Skrng klo penanggulangan teror aspek laut udh di emban oleh Denjaka (detasemen jalamangkara) yg personilnya gabungan dari kopaska dan IPAM yg diseleksi lbh ketat lgi di bwh naungan korps marinir, sasaranya pun lbh strategis dan bernilai.

    BalasHapus
  17. Lebih jago lagi kostrad-sebelum terbentuk nya berbagai pasukan elite indonesia kostrad sudah ada.angkatan darat lebih tua ilmu nya dari laut dan udara

    BalasHapus
  18. Masih ga percaya masih mau tau kemampuan kostrad?masih ingat film jhon rambo ia kira2 begitulah asli nya para personil kostarad di mana rambo itu adalah bagian dari personil tim the greend beret/baret hijau.kan angkatan darat.

    BalasHapus
  19. Lebih jago lagi kostrad-sebelum terbentuk nya berbagai pasukan elite indonesia kostrad sudah ada.angkatan darat lebih tua ilmu nya dari laut dan udara

    BalasHapus
  20. keberadaan DENJAKA secara tidak langsung sudah melemakan sistem organisasi dan wibawa pasukan katak itu sendiri menurut sy klo pun Denjaka harus ada sudah sepantasnya berada d bawah kendali TNI AL bukan berada d bawah korps marinir Seperti halnya kostrad dan kopassus TNI AD,,keduanya tdak bisa d satukan mengingat asal muasal pasukan ini,,
    karena d dlam denjaka terdapat anggota kopaska yg BUKAN berasal dari marinir!!!

    MAAF SY CMAN BRBAGI WAWASAN,,

    JAYALAH TERUS PASUKAN KOMANDO SEJATI,BUKAN PASUKAN KOMANDO PENIRU.!!
    TANHANA WIGNA TAN SIRNA..
    JAYALAH TERUS KOPASKA...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails