8 Oktober 2010

Jangan Pernah Mengabaikan Pidato SBY, Karena Kita Akan Rugi

Kerugian Jika Mengabaikan Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Karena Harga Pidatonya Itu Sangat Mahal – Rugi kita jika menyia-nyiakan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), karena pidatonya sangat mahal harganya. Bayangkan, anggaran pembuatan naskah pidato SBY mencapai miliaran rupiah.


http://www.voa-islam.com/timthumb.php?src=/photos2/Azka/sby-pidato-mahal.jpg&h=235&w=355&zc=1

Belum tuntas kontroversi soal anggaran baju dinas Presiden dan pengadaan furniture Istana Negara, kini publik menyoroti anggaran penyusunan naskah pidato Presiden SBY.

Selebihnya adalah anggaran khusus untuk kurikulum naskah pidato di pos anggaran penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan SDM Setneg. Total anggaran sekitar Rp1,9 miliar.

Angka itu bisa dibilang fantastis. Sebab, pekerjaan membuat naskah pidato Presiden SBY sudah melekat kepada staf-staf ahli Presiden. Jadi, untuk apa duit Rp1,9 miliar dicanangkan?

Mahalnya biaya pembuatan naskah pidato SBY tersebut dinilai irasional karena tak sebanding dengan mutu pidato SBY. Alasannya, menurut Koordinator Forum Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi, kebanyakan pidato Yudhoyono cuma berisi curhat pribadi, tak ada solusi.

“Memang ada anggaran untuk pidato Kepresidenan? Setahu aku adanya anggaran untuk curhat SBY. Kan selama ini pidatonya memang kebanyakan cuma cur­hatan, dan nggak jelas urgensinya,” kata Uchok berkelakar.

Uchok menambahkan, menurut versi FITRA, selama ini negara telah menghabiskan anggaran se­kitar Rp 4 miliar pertahun cuma untuk menyiapkan naskah curhat Yudhoyono.


...saat ini rakyat lagi pusing dengan rencana kenaikan TDL dan dicabutnya BBM bersubsidi. Eh, pemerintah malah buang-buang uang untuk biaya curhat Pak SBY...


“Padahal saat ini rakyat lagi pusing dengan rencana kenaikan TDL dan dicabutnya BBM bersubsidi. Eh, pemerintah malah buang-buang uang untuk biaya curhat Pak Beye,” ucapnya.

Karenanya, Uchok mendesak DPR agar secepatnya mengevaluasi seluruh anggaran kepresidenan.

“Kalau DPR mendiamkan itu berarti DPR ikut mengham­burkan uang rakyat. DPR harus cepat mengambil tindakan. Itu duit rakyat, harus diper­tang­gungjawab­kan,” pungkas Uchok.

Senada itu, Sekjen FITRA, Yuna Farhan, penyusunan pidato Presiden tidak perlu sebesar itu. Dewan Perwakilan Rakyat perlu mengkritisi.

Tidak perlu boros-boros membuat naskah pidato presiden jika isinya tidak bisa ditangkap jelas oleh rakyat. Tidak perlu mahal-mahal apabila pidato presiden isinya curahan hati (curhat)

“Setiap sen yang keluar harus diukur dari kinerjanya. Saya kira jumlah itu keterlaluan,” ujarnya.

Sementara itu, peneliti Politik dan Anggaran Indonesia Budget Center, Roy Salam, menilai biaya pembuatan naskah pidato SBY itu sebagai anggaran yang mubazir. Menurutnya, anggaran penyusunan naskah pidato itu tak perlu ada, karena itu adalah bagian dari tugas rutin pegawai kepresidenan. “Ada aja cara pemerintah menghamburkan uang rakyat,” imbuh Roy.


...ini jelas bertentangan dengan kampanye hemat anggaran yang kerap digembar-gemborkan SBY saat kampanye dulu. Perilaku hidup pemerintah saat ini justru boros...


Roy menambahkan, penyusunan anggaran ini jelas bertentangan dengan kampanye hemat anggaran yang kerap digembar-gemborkan SBY saat kampanye dulu. “Perilaku hidup pemerintah saat ini justru boros.”


DPR Akan Kritisi Anggaran Pidato Presiden SBY

Anggota Panitia Anggaran Komisi II, Miryam S Haryani, menilai anggaran yang dikeluarkan untuk penyusunan naskah pidato Presiden Yudhoyono terlalu besar.

Seharusnya, pemerintah lebih cermat lagi dalam menyusun anggaran. “Kan sudah ada staf Kepresidenan yang menangani masalah kegiatan sehari-hari Presiden. Masak negara masih harus mengeluarkan dana sebesar itu,” kata Miryam S Haryani.

Politisi Partai Hanura ini mengungkapkan, saat ini panja anggaran di Komisi II masih mempelajari RKA-KL Sesneg dan pembahasannya sudah memasuki detail pengalokasian semua anggaran termasuk, anggaran penyusunan naskah pidato Presiden.

“Kita akan nilai apakah anggaran tersebut sudah efisien atau tidak,” katanya.

Wanita yang akrab disapa Mbak Yani ini berjanji akan mengkritisi anggaran pidato Presiden tersebut. “Karena itu kan duit negara, uang rakyat, masak kita biarkan duit itu dihambur-hamburkan,” katanya.

Senada itu, Anggota Panitia Anggaran Komisi II dari Fraksi PDIP, Eddy Mulhati menilai anggaran itu terlalu besar, karena selama ini output dari pidato Presiden SBY sama sekali tidak jelas.


Anggaran Pidato SBY adalah Pemborosan Besar

Mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra, mengaku terkejut jika saat ini Setneg mengalokasikan anggaran khusus untuk penyusunan naskah pidato presiden. Menurut penulis naskah pidato yang berkarier sejak di era rezim Soeharto, BJ Habibie dan Presiden Yudhoyono ini, sejak era Soeharto, BJ Habibie hingga dia terakhir menjabat sebagai Mensesneg di era Kabinet Indonesia Bersatu I, tak ada anggaran khusus penyusunan naskah pidato Presiden.

“Waktu beta jadi Mensesneg, anggaran untuk pidato Presiden itu nol rupiah. Beta sendiri yang menulis pidatonya. Bahannya dari mana saja, beta yang nyusun naskahnya,” papar Yusril yang mengaku sudah menyusun 384 naskah pidato buat Yudhoyono.


...Mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra terkejut dengan anggaran ini. "Inilah ganjilnya pemerintahan SBY sekarang ini. Seharusnya kan itu tanggung jawab Mensesneg," kata Yusril...


Jadi, lanjut Yusril, jika saat ini ada anggaran khusus penyusunan naskah pidato Presiden, adalah pemborosan yang tidak wajar.

“Inilah ganjilnya pemerintahan SBY sekarang ini. Seharusnya kan itu tanggung jawab Mensesneg. Lihat saja Keppres tentang Setneg,” imbuh Yusril.

Yusril menyatakan, pemerintah harusnya prihatin dengan keadaan rakyat saat ini. Agar tidak menghamburkan duit negara, tugas penulisan naskah pidato seharusnya diberikan kepada Mensesneg, Sudi Silalahi.

Supaya nggak ada biaya, Pak Sudi aja yang buat semua naskah pidato termasuk penyusunan draft Keppres. Paling sampai pagi dia nggak bisa tidur. Karena dulu saya juga seperti itu,” ungkapnya sambil tertawa.

Sumber : http://myselebrity.blogspot.com/2010/10/kerugian-jika-mengabaikan-pidato.html

42 komentar:

  1. GANJIL..JANGAN PROVOKATIF DONG..FITNAH ITU NAMANYA!! MANA BUKTINYA..?? JGN ASAL BKIN POSTNGAN!!! PAK SBY BUKAN ORG YG SPERTI ITU..LU MISKIN-MISKIN AJA G USH KAYA GITU!!!

    BalasHapus
  2. emang kenyataan kog.. presidenku banci.. banci kaleng..

    BalasHapus
  3. iya nie....ga membangun banget informasinya...menyesatkan...

    BalasHapus
  4. PRESIDENKU BANCI, PRESIDENKU PAYAH!!!!

    BalasHapus
  5. hahahaha banci kaleng, SBY = SileBaY

    BalasHapus
  6. woy jangan ngejek sby,, asuu.

    BalasHapus
  7. Makan tuh SBY mu..... taunya nangis doang. Banci...........

    BalasHapus
  8. Yg nanyain bukti, silakan baca dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA-KL) TA 2011 yg diajukan Setneg (bisa diperoleh di komisi II DPR), skrg lg dibahas di Komisi II DPR-RI. Jika lolos, maka RKAKL tsb akan diproses menjadi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2011. Info diatas bukan utk provokasi, apalagi fitnah. info tsb fakta! silakan cekidot ke Komisi II.

    BalasHapus
  9. waduch masya iyya..??? klu bnr sgtu bgtu menyakitkan bwt rakyat...??
    gw pribadi jujur, setengah ga percaya ma omongan para pejabat negeri ne...
    btw bacj to fokus... gmn nch P. Pres Sby yg terhormat.. saya kaum muda bnr penuh pertanyaan.. bagaimana dgn program pa yg d'sebutkan bpk cndiri.. utk berhemat.. sungguh d'chynkn klu hal ne bnmr terjadi....
    sementara rakyat agy pusing nch mikirin kebutuhan s'hari, d'tambah tdl bakal naix agy...

    BalasHapus
  10. JGN BANYAK MENGHUJAT....URUS AJA DIRI SENDIRI, UDAH BENER BELUM....

    BalasHapus
  11. FITRA, YUSRIL, DLL..APAKAH MERASA DIRI MEREKA LEBIH BAIK ?? ORANG-ORANG YG GA BISA BERSYUKUR.. SELALU MENCARI-CARI KURANGNYA ORANG..BERDOALAH AGAR PEMIMPIN KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK, JANGAN HANYA BISA MENGHUJAT.. BARISAN SAKIT HATI SEMUA LU PADE..KAGAK MUTU..

    BalasHapus
  12. SELAMA ANE NGIKUTIN PIDATO SBY,
    JARANG TUH LIAT PEGANG TEXT,
    PALINGAN BACA LAPORAN KEUANGAN DLL GITU..

    DASAR SI UCHOK,CMN JAGO CARI KESALAHAN ORANG SAJA..
    DIKIRA ENAK APA JADI PRESIDEN,
    BIASANYA YANG SUKA KRITIK INGIN MENUTUPI KEJELEKAN DIRINYA SENDIRI.. DASAR..
    NGURUS DIRI AJA PASTI BLOM BISA,
    SOK KRITIK PRESIDEN,DASAR UCHOK UCOK..

    OBAMA AJA DUKUNG LAH KAMU COK?? SIAPA KAMU EMANG?? NGAKAK NIH ANE..XDD

    BalasHapus
  13. Mending gw aja yg bikin pidatonya dibayar 1 bungkus rokok juga gw mau. hahahahaha

    BalasHapus
  14. dasar tukang provokasi....ngga pantes hidup di negeri ini, mau dibilang paling pinter n paling kritis ya????dasar pd mau jd pahlawan ksiangan, urus aja diri sendiri udah bagus belum kalian punya prilaku????

    BalasHapus
  15. sby = saya banci yahud

    BalasHapus
  16. supaya adil.... biarlah beliau pidato lagi disini... mungkin ada yang kurang jelas.....

    BalasHapus
  17. kliatannya SBY pidato ga bawa teks tapi sebenernya dia pake alat ky pembaca berita di tipi yang nampilin semua teks pidatonya. biasanya tu alat dipasang di tempat2 yang kena jarak pandangnya SBY, atau nyesuaiin sikon. alat ky gni jg yg dipake obama wkt pidato2 jamak kampanye pilpresnya dulu smp sekarang. jd kl SBY pidato gk pake teks tu salah besar, apalagi kl pidato kenegaraan yg ga boleh salah sama sekali. kecuali kl pidato2 di acara2 non formal gt baru dia bnr2 (kadang2) improvisasi. nah, mungkin buat ngurusin alatnya ini yg bikin mahal. dan SBY (dan pemimpin2 dunia lainnya mungkin) perlu bgt alat ini cz pasti bakal bikin rakyat yg gtau mslh ky gnian ngeliatnya hebat bgt bs pidato sepanjang itu tanpa teks..
    (sbg bagian upaya mendongkrak citra?)
    no offense,cm share dikit aja, trims.

    BalasHapus
  18. apa yg anda lakukan..bila jd pemimpin negara?
    turun k'jalan..berinteraksi lgsung terhadap rakyatnya? atw hnya menunggu laporan d'meja?

    BalasHapus
  19. yailah, ternyata pak presiden cuma bisa bikin lagu...

    BalasHapus
  20. udaahhlaahh... jgn ngejek orang terus,,
    blum tentu KALIAN udah sempurna..!
    intropeksi DIRI SENDIRI dong..!

    BalasHapus
  21. Yang belain SBY ni apanya sih??
    Keluarga, antek, simpatisan atau apaan?

    Dikritik kok ngga terima..
    Jangan jadi penjilat kayak Ruhut..
    Kalau memang kinerjanya buruk ya diterima lha..
    Saya sendiri sebagai rakyat kesal dengan perilaku SBY sebagai pemimpin bangsa ini.. PARAH..

    BalasHapus
  22. hehe.. bisanya cuma kritik aja lo, ntar juga kalo lo jadi presiden bakal mengalami hal yang sama. biarin ajahlah. mending cari duit yang banyak buat anak bini.

    BalasHapus
  23. lah klo nggak snang kenapa di pilih mas...pada saat pilpres

    BalasHapus
  24. Bego juga neh komen persis diatas gw.
    mereka pasti kagak milih sby.

    BalasHapus
  25. beye..beye..hahahaha...cape deh...

    BalasHapus
  26. JANGAN BICARA POLITIK DSB DSB DECH. STANDARNYA AJA. MASA UNTUK NULIS PIDATO HARUS PAKE ANGGARAN??? APA GUNANYA SEKRETARIS DAN STAF2 DIA? NONGKRONG DOANG?

    YA ELAH..NGETIK DAN NYUSUN DRAFT DOANK SAMPE MILYARAN?

    SEHARUSNYA MODALNYA HANYA BAHAN REFERENSI , MASUKAN DARI PRESIDEN DAN SEORANG JURU KETIK ( MUNGKIN SEKRETARIS ATAU YANG LAIN ) ....MAKIN SINTING AJA PEMERINTAH...

    DIBUAT BUAT BANGET. GILA KORUP BANGET , KAGAK BERUBAH...

    BalasHapus
  27. jjr....
    slma in aq bnyk kecewa am kptsn2 SBY aplg yg mnyangkut dgn kedaulatn NKRI....
    udh bbrpa kali indonesia d remehkn oleh tetangga tp qta hny bs b'diplomasi n mediasi....
    cb bandingkn dgn jaman soekarno dlu,hrga diri indonesia d remehkn presiden udh mw mngambil skap yg tegas guna tak ad lg negra yg bs meremehkn indonesia lg....aq nilai SBY lbh bnyk b'pkirx dr pd b'tindak n jika beliau udh b'tindak pst stlh keadaan udh mnjdi sgt parah atw terlambat lah istilahx....
    g slh emg b'pikir b4 b'tindk mlh it bgs biar g slh ambil kptsn tp jgn trllu lma b'tindak ntr keburu d injek2 am negara2 lain atw negara2 tetangga...

    BalasHapus
  28. Apakah kita blm pada bener atau udah, wajar dong klu kita keberatan seperti hal yg diatas. Tu presideb kita, yg membayar/menggaji mereka elu elu dn gw. Apakah anda pembayar pajak....?? Gila apa utk teks aja sampai bermilyar2, tu sana msh banyak rakyat yg membutuhkan pak.

    BalasHapus
  29. woii...
    kemaren aja daripada ngeliat rakyatnya yg kena bencana di wasior,mending nonton indonesia vs uruguay
    bisa salaman ma foto2....sekalinya kesana dah lewat seminggu
    kagak miris tuh...

    BalasHapus
  30. PEMIMPIN INDONESIA ITU SEPERTI ULAR CUMA BISA BERGANTI KULIT... KALAU BERGANTI KULIT MUNCUL ULAR BARU YANG LEBIH MENGKILAP...YANG BODOH MASYARAKAT INDONESIA MAU AJA DI BODOH-BOHI PEMIMPINNYA... DIPUJA-PUJA LAGI... KASIAN BANGET :-(

    BalasHapus
  31. SBY emang anjrit..
    presiden kalo pidato kayak banci,ga bermutu..
    presiden tuh kayak ahmad dimejad tuh loh,JANTAN..
    bernani menantang AS..
    SBY??baru di demo aja udah curhat..amit2 punya presiden kayak gitu!!!

    BalasHapus
  32. Uchoox.... uchox, lo kayaknya beradik kakak ama para penjual kasus kerusuhan di Indonesia ini. Apalagi yang sedang di Rencana Politik, Kerusuhan, atau Penipuan publikasi apalagi yang sedang di lelang di Kafe KPPRI Jakarta.

    Uchox lo dapat info dari mana ? . Apakah dari orang-orang yang lo dukung, nggak dapat jabatan, atau dari parpol mana. ?????

    Sumber apa kagak ada yang lurus niih kayaknya, atau uchox aja yah kita dukung jadi presiden. Tapi harus ada komit, kalau lo kagak dapat memenuhi seperti yang diinginkan rakyat dalam waktu tertentu dan se-singkat-singkatnya, bersediakah kamu utk kami pancung tampa proses hukum ???

    BalasHapus
  33. @ahmad dimejad:
    ngeja nama presiden iran aje blom bener lo!
    yg bner MAHMOUD AHMAD DINEJAD,,! TOLOL!!!
    belajar baca aja dulu, g usah sok2an ngomong politik!!

    BalasHapus
  34. WOI SEMUA PENDUKUNG SBY ASUUUUUU.........!!!!!!!!!!!
    DAH JLS2 PRESIDAN KITA SKR TUH LEBAY,BISA NYA CM CURHAT,JLN2 KE LUAR NEGERI&GAK TEGAS..!!MAKANYA TERJADI BENCANA TRS2AN JG DINEGERI INI DIKARENAKAN PEMIMPINNYA BOBROK SEMUA..!!CENTURY,GAYUS,SUSNO,BIBIT-CHANDRA DST ADALAH CONTOH KASUS2 GEDE YG GA BISA SBY BERESIN..!!BRRTI APA KRJA NYA MEREKA..?!

    BalasHapus
  35. ckakakkakakkadal......numpang posting biar jadi artis

    BalasHapus
  36. sby menang pun juga rekayasa... tu kasus century adalah jd tumbalnya untuk mendanai rekayasa suara demokrat..

    BalasHapus
  37. sby kagak pake text...?itu yang dukung SIBUYA kagak berpengetahuan yah..? kalw kuper jangan komentar dong,

    BalasHapus
  38. tirulah ahmadinejad kalo mau jd pemimpn selmt dunia akhrt kursi2 di tempt kepresidenannya mlh diganti kursi yg biasa g kyk presidn kita mlh ngeluarin aggaran utk beli kursi baru (payah) dia melelang mobil pribadinya utk rakyatnya, dia selalu memakai baju yg sederhana, dia sholat di saf belkng bersama makmum lain karena di mata Allah semua sama gak hrs didepan mentang2 pejabat, dia tegas dlm menghadapi kedaulatan negaranya...itulah presiden Iran. Koq semua prilaku presiden Iran terbalik dgn presiden kita ya????

    BalasHapus
  39. -___-' ngomong tok..yang penting jadi rakyat yang baik aja...

    BalasHapus
  40. BIASALAH, ORANG KAN BISANYA MENGKRITIK DAN MENYALAHKAN ORANG LAIN.

    MESTINYA KITA INI BERKACA, PERBAIKI HIDUP, KITA INI SUDAH BENER APA BELON. BIASANYA ORANG YANG SUKA KRITIS SAMA ORANG LAIN ITU KARENA ADA RASA IRI DAN DENGKI. PADAHAL KALAU ORANG ITU DISANA DIJAMIN 100 % AKAN MELAKUKAN HAL YANG SAMA DAN BAHKAN LEBOH PARAH.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails