17 Mei 2010

Kereta Tercepat Di Dunia Akan Ada Di Indonesia

Sejarah baru akan diukir Indonesia. Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki kereta supercepat yang akan mengambil rute Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 KM. Memorandum of Agreement (MoA) tentang proyek bernilai US$ 3 miliar ini telah ditandatangani di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Bila impian ini jadi kenyataan, maka Indonesia atau Jawa Barat akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini. Kereta supercepat ini akan mengalahkan kecepatan dan kecanggihan shinkansen, bullet train dari Jepang, maupun kereta supercepat di Paris, Prancis.
Dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (6/1/2010), KJRI Los Angeles memenuhi undangan CAEDZ (The Eco Synesis Group) pada tanggal 4 Januari 2010 di Los Angeles untuk menyaksikan penandatangan MoA beberapa konsorsium perusahaan di AS untuk Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH). KJRI Los Angeles diwakili oleh Konsul Ekonomi Edi Suharto dan Pejabat Promosi Investasi Los Angeles, Heldy S. Putera.
Penandatangan MoA proyek US$ 3 miliar yang berupa pembangunan kereta super cepat dan ramah lingkungan Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 km tersebut merupakan penandatanganan lanjutan dari penandatanganan awal yang dilakukan oleh beberapa konsorsium di Kuala Lumpur tanggal 1 Desember 2009.
Hadir dalam kesempatan acara yang difasilitasi oleh CAEDZ tersebut 20 orang pengusaha dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium seperti Aqua PhyD (California), Inc, McGladrey & Pullen (California), The Interstate Traveller Company LLC (Detroit) dan Copernicus International (California). eCompass Group diharapkan akan menandatangani MoA hari selanjutnya yakni tanggal 5 Januari 2010.
Dengan penandatanganan MoA tersebut, seluruh konsorsium yang terdiri dari 15 perusahaan telah menandatangani MoA dimaksud. Kelima belas perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri dari Aon Risk Service Inc, Aqua-PhyD Inc, Aruna Solutions, Asian Energy Limited, Tricap Group, Copernicus International, eCompass Group, Fidelity National Financial, Global Green Management, McGladry & Pullen, Modular Integrated Technologies, Obermeyer Planen+Beraten, Pembinaan Aktif Gemilang, The Interstate Traveller Company, dan Tum Geotechnical Research.
Menurut Marjorie Hoeh, Director for Investment, Finance and Business Development CAEDZ, proyek tersebut merupakan salah satu proyek dari sejumlah proyek Pembangunan Koridor Ekonomi Jawa Barat yang mencakup wilayah Bandung, Sumedang, Majalengka dan Cirebon atau seluas 7.200 km2 atau kurang lebih seluas Silicon Valley di California (6,539 km2).
Keseluruhan proyek yang bernilai US$ 500 miliar tersebut di dalamnya termasuk rencana pembuatan Lapangan Terbang Internasional di Kertajati, Majalengka dan pembangunan serta pengembangan Pelabuhan laut Internasional di Cirebon.
Terkait time table Proyek H2RSH, Marjorie Hoeh menyampaikan bahwa feasibility study proyek tersebut akan mulai dilakukan pada tanggal 11 Januari 2010 yang akan berlangsung selama 90 hari. Setelah itu bila diputuskan feasible, proyek akan mulai dikerjakan dan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun kereta super cepat tersebut sudah akan mulai beroperasi.

“Bila time table ini berjalan sesuai perencanaan, maka Jawa Barat atau Indonesia akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini,” kata Edi Suharto.
Menurut Edi, dalam tayangan video digambarkan bagaimana moda transportasi modern tersebut beroperasi dan memberi keuntungan/keunggulan jika dibandingkan dengan moda generasi sebelumnya seperti shinkansen (bullet train dari Jepang). Keuntungan tersebut antara lain terkait biaya konstruksi yang lebih murah (US$ 10 juta/mil sedangkan moda konvensional sampai US$ 36 juta/mil), break event point diperkirakan hanya 2 tahun sedangkan moda konvensional sekitar 50 tahun, berbeda dengan moda konvensional yang hanya mengangkut orang moda transportasi baru tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (freights dan automobiles).
H2RSH juga memberikan alternatif transportasi yang efektif mengingat dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat sehingga diperkirakan dapat menghemat waktu ke tempat tujuan. Selain itu, H2RSH memberikan kentungan ekonomis dikarenakan selain berfungsi sebagai moda transportasi dapat menghasilkan energi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan energi daerah tertentu, seperti tenaga listrik, air bersih, dan lain-lain. Luar biasa!




















http://www.teknologinet.com/2010/02/kereta-api-tercepat-di-dunia-akan-hadir-di-indonesia.html

17 komentar:

  1. KAPAN??
    dh tgl brapa nech!!

    BalasHapus
  2. kok blm ada pembagunan ya???
    mulai pembagunan ya kapa ya???
    bagus kalau terlaksana,indonesia adi negara berkembang ya.

    BalasHapus
  3. Asal jangan omongan doang....

    BalasHapus
  4. liat aja, proyeknya bakal macet karena dananya dikorupsi. kalopun jadi, apakah bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat?

    BalasHapus
  5. Gimana sih, jembatan sulat sunda aja belum terwujud dah mikirin yg bgini...aneh

    BalasHapus
  6. korupsi...korupsi....korupsi (upin ipin mode on) ga jadi2 deh bangunnya

    BalasHapus
  7. itu rencana jangka panjang yang bagus tapi lebih prioritas dulu sarana kereta api yang ada sekarang ini untuk ditingkatkan keamanannya terutama lintasan yang belum ada pintu / portal, selamat dan semoga suckses

    BalasHapus
  8. itu rencana jangka panjang yang bagus tapi lebih prioritas dulu sarana kereta api yang ada sekarang ini untuk ditingkatkan keamanannya terutama lintasan yang belum ada pintu / portal, selamat dan semoga suckses

    BalasHapus
  9. yakin? seberapa pentingnya membangun kereta tercepat dengan menghabiskan dana sebesar itu? rasanya masih lebih penting membangun prasarana pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat tertinggal deh.

    BalasHapus
  10. egoissssss.......yang laen lom slsei... tmbah yang baru

    BalasHapus
  11. wah hebat, prestasi yg membanggakan di tgh2 keterpurukan skrg ini.
    saya tunggu tgl mainnya.

    BalasHapus
  12. "Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki kereta supercepat yang akan mengambil rute Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 KM"
    Definisi gak lama itu kapan?
    Klo jadi, paling juga kelas setelah tahun 2015 ato jgn-jgn 2020. Itu optimis.
    Klo realistis sih.. gak bakal jadi. Uangnya dah abis dikorupsi duluan.
    Liat tuh Monorel kita. Dianggurin begitu aza, tiap hari malah bikin macet.
    Tolong dana yg selama ini telah dikeluarin dibalikin buat membangun dan memperbaiki sekolah. Siapa tau entar ada lulusannya yg bisa nerusin project monorel ini..

    BalasHapus
  13. tenang aja, itu kan cuma penanda tanganan... pelaksanaannya biasa banyak kendala 1.Uangnya belum cair. 2.terlalu lama sedang ditandatangani jadi lupa. 3.orang2 yang terlibat penandatanganan udah pada meninnggal 4.faktor alam yang berubah 5. belum pas diterapkan di Indonesia karena masyarakatnya masih banyak ekonomi menengah kebawah 6. bla..bla..bla..(biasanya kaya lagi kampanye kepala daerah)...

    BalasHapus
  14. yang jelas, dari segi biaya gimana? paling2 juga bkn untuk kalangan rakyat kecil. tp, yang berduit.

    BalasHapus
  15. tidak mgkn untuk rakyat kecil krn tidak aman dan akan ada makhluk2 naik diatasnya yg tar lempar2an sepanjang perjalanan hahahaha..
    terus jg.. ga usah jauh2.. yg di jkt yg deket senayan itu apa ya yg ga jadi2.. da berapa taon itu dari ngemeng2nya semenjak pertama kali..
    pada taulah apa itu yg dimaksud..

    BalasHapus
  16. Sangat disayangkan sekali, banjir saja belum terselesaikan sehingga banyak jalan yg rusak. Belum lagi masalah busway, proyek one rail yg belum terselesaikan. Kereta api kita yg masih banyak yg harus di benahi DLL....... ehhh uda mau buat kereta tercepat weleh...weleh..... Bapak2 & Ibu2 pejabat.... masih banyak warga yg nganggur noh & rakyat miskin..... pikiran dulu tuh rakyat kita...... Antisipasi bencana alam & lain2........

    BalasHapus
  17. umur gw sekarang 23 tahun. gw yakin banget kalo ni proyek bakal jadi dengan proses sebagai berikut. gw merit trus punya anak, anak gw merit gw punya cucu, gw mokat cucu gw merit trus punya anak..anaknya merit lagi trus punya cucu trus dia punya anak lagi, punya cucu lagi, dan entah sampe keberapa turunan gw baru dah ni proyek kelar. parah pemerintah...paraaaah...masuk neraka lu pada nyusahin rakyat...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails