8 Agustus 2012

Apa Arti Kata Tong Fang?

detail berita
Klinik Tong Fang ramai menjadi pembicaraan di media sosial ketika iklan jasa pengobatan tradisional China itu dijadikan parodi. Apa sebenarnya arti kata Tong Fang?

Tong Fang berasal dari kata dong fang yang berarti 'sebelah timur'. Dong berarti 'timur' dan fang berarti 'sebelah'. Misalnya, dong fang wenhua berarti budaya (sebelah) timur.

Namun karena 'd' dalam Mandarin dibaca 't', maka jadilah tong fang. "Karena bacanya tong fang, mungkin biar lebih familiar di sini nulisnya jadi pake 't'," kata seorang pengguna bahasa mandarin saat berbincang dengan media, Rabu (8/8).

Menurut dia, dong fang biasanya bermakna negara-negara sebelah timur, lebih mengacu ke China. "Di Asia, timur kan ada China, Jepang, Korea. Tapi biasanya dong fang itu lebih mengacu ke China," ujar dia.

Seperti diberitakan, Klinik Tong Fang menjadi bahan parodi di Twitter sebagai respons masyarakat atas iklannya yang gencar di televisi. Belakangan diketahui televisi penayang iklan tersebut juga sudah disemprit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena iklan menampilkan testimoni pasien, sesuatu yang dilarang Peraturan Menteri kesehatan Nomor 1787 Tahun 2010 mengenai Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan.


sumber

13 komentar:

  1. Interesting. Sayangnya, iklan ini sekarang tengah ramai diplesetkan ke sana ke mari seenaknya. Turut prihatin dan semoga tidak berkelanjutan.

    BalasHapus
  2. haha... Ane ampe ketawa gak berenti2 liat iklan klinik tong fang di plesetin

    BalasHapus
  3. Tong Fang jg main disini kaleee http://www.anno1777.com/index.php?i=169649

    BalasHapus
  4. bukan artinya yg bkn booming cuma gaya yang di plesetin sama org" kt yg bkn tong fang jadi hot news,,hahaha

    "Get Your Financial Freedom Now
    http://gimme-my10dollars.co.cc/"

    BalasHapus
  5. Ijin share info penting buat semua
    Buat rekan2 yang ingin beli peralatan edible image cake harap berhati-hati kalau ingin bertransaksi dengan yang namanya Yuli. Telp. 02195667883 / 081911298447 / 087888779188 / 085774243604. Alamat terakhir yang saya tahu Jl. Cendrawasih 3/28 Perumnas 1, Tangerang. Saya berani umumkan seperti ini karena saya juga pernah kena tipu jutaan rupiah sama si Yuli ini. Bukti transfer pembayaran dan semua sms dari dia masih saya simpan. Waktu itu dia bilang uangnya bisa ditransfer ke BCA 1080704735 a/n Evijanti atau ke BRI Syariah 1001716839 a/n Yuliyanti. Kalau ingin tahu info lebih lengkap ketik aja “kenzo kenken penipu” (tanpa tanda kutip) di mesin pencari. Disitu sudah banyak yang komplen sama dia. Saya share di ruang umum seperti ini karena sudah berkali-kali saya coba hubungi tapi tidak ada itikad baik dari dia dan sebenarnya sudah banyak korbannya di luaran sana cuma ngga banyak orang tahu. Mau saya datangi rumahnya juga jauh banget, posisi saya sekarang ada di Bojonegoro, Jawa Timur. Dia ini aktif berpromosi lewat media online. Ini daftar webnya yang saya tahu.
    - www.kenzokenken.com
    - www.kenzokenken.net
    - www.kenzo-kenken.indonetwork.co.id
    - www.kenzo-kenken.blogspot.com
    - www.kenzo-kenken.nusaadv.com
    Saya tidak tahu uang saya bisa balik apa ngga tapi paling tidak dengan begini semoga tidak jatuh lebih banyak korban, terutama yang dari luar kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan barang telat diterima , anda tidak sabar menunggu langsung posting , ketika barang sudah diterima anda tidak koment posting

      Hapus
  6. mba/mas sy beli juga printer dan peralatan edible di kenzo kenken dan barangnya dikirim ketempat saya di banjarmasin , waktu itu saya beli sama widia cuma barangnya 2 minggu baru sampai kemarin 30 oktober 2012

    salam
    eva lila

    BalasHapus
  7. kemungkinan barang telat diterima , tidak sabar nunggu langsung posting komplain..., waktu barang sudah diterima kok pada diam aja

    BalasHapus
  8. Website berbasis wordpress dimana kita dapat belajar mengenai java dengan cara mencoba dan latihan. http://javacoba.tk/

    BalasHapus
  9. http://pinkyrexa.wordpress.com/
    http://danarexa.wordpress.com/
    http://naturallyindonesia.wordpress.com/
    http://naturalorchid.wordpress.com/
    http://47share.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. Baru tau ternyata tong fang artinya itu. Kirain ada arti/makna yang lebih mendalam di balik 2 kata tersebut. Yang kira-kira mengandung tentang semangat hidup, atau apapunlah itu.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails