9 Januari 2012

Menjelajahi Gua Seplawan, Purworejo


Inilah salah satu wisata yang berada di daerah Purworejo. Goa Seplawan ini terletak di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing purworejo. Sekitar 30 menit dari kota Purworejo yang ditempuh dengan jalananan yang berliku-liku. Goa Seplawan ini berada di kaki pegunungan sehingga udara di sini terasa sejuk. Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo
Jika anda sudah  masuk ke Goa seplawan anda akan menikmati pemandangan luar biasa untuk masuk ke dalam goa seplawan. Dengan jalur anak tangga anda seolah-olah masuk ke dalam perut bumi. Goa plawan ini panjangnya sekitar 700 meter ke dalam namun jalannya tidak tembus sehingga ketika sudah sampai ujung kita harus kembali ke jalan tadi. Namun untuk masuk ke dalam goa butuh perjuangan yang panjang. Kondisi dalam goa yang masih ada air tanah yang mengalir serta jalan sempit yang tertutup dengan stalagtit goa menjadikan petualangan seru. Jika anda masuk ke goa ini sebaiknya membawa sandal yang tidak membuat licin karena medannya disini terasa licin. Namun petualangan itu terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang begitu indah.
Pemandangan jalan pintu masuk goa seplawan purworejo
Pemandangan jalan pintu masuk goa seplawan purworejo
Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo
Pemandangan jalan masuk goa seplawan purworejo
Di dalam goa kita bisa menikmati lukisan lukisan goa. Beberapa didalamnya kita bisa menikmati pembentukan goa seperti stalagtit, stalagmit, stone flow. Jalurnya sudah terang karena sudah ada lampu lampu penerang sehingga kita tidak perlu membawa senter penerangan. Selain itu ada anak kecil pemandu yang mau mengantarkan saya pas mengunjungi goa seplawan ini.
petualangan ke gua seplawan
petualangan ke gua seplawan
Goa ini dulu begitu terkenal ketika ditemukan patung emas dewa Syiwa seberat 1,5 KG di dalam goa tersebut pada tahun 1979. Bentuk patung dewa Syiwa tersebut dibuat patungnya di dekat pintu masuk goa seplawan. Sekarang patung emas itu berada di Monumen Nasional di Jakarta. Seketika itu juga goa Seplawan itu langsung dijadikan obyek wisata oleh pemerintah kota Purworejo.
bentuk patung emas yang ditemukan di goa seplawan purworejo
bentuk patung emas yang ditemukan di goa seplawan purworejo
Selain itu disekitar goa juga ditemukan lingga dan yona seperti halnya di candi candi hindu lainnya di Jawa. Karena dulunya goa ini adalah bekas untuk tempat bertapa. Sebenarnya sampai sekarang pun masih. Menurut keterangan bapak penjaga kamar mandi dan musholla di daerah goa ini.
Begitu kita keluar goa kita bisa menikmati pemandangan yang indah di luar goa. kita bisa menikmati pemandangan tumbuh-tumbuhan dan karang batuan hasil penciptaan alam yang indah. Selain itu jika kita tidak puas menikmati goa yang ada. kita bisa naik ke atas ke gardu pandang goa seplawan untuk melihat pemandangan dari puncak bukit. jaraknya tidak terlalu jauh. Jika cuaca cerah kita bisa melihat kota jogya, laut, gunung merapi dan merbabu dari puncak menara pandang ini. Indah bukan.
Pemandangan dari gardu pandang Goa Seplawan daerah purworejo
Pemandangan dari gardu pandang Goa Seplawan daerah purworejo
tiket masuk goa ini tergolong murah. kita cukup membayar 3ribu rupiah untuk menikmati goa ini. Namun yang susah adalah akses menuju goa ini karena tidak adanya transport umum ke goa ini. Saya bersama teman teman terpaksa menyewa angkot dari pasar kota untuk membawa saya pulang pergi ke goa ini sampai sore.
Selain itu jika kita ke goa seplawan kita bisa melihat rumah penginapan yang terbuat dari jati namun tidak terawat dan tidak terpakai lagi. sangat disayangkan. Sebenarnya bentuk rumahnya bagus. dari kayu jati dan beratapkan jerami. Namun tempatnya tidak terawat. Lantai sudah jebol dan tidak dipakai sama sekali.
Rumah penginapan di Gua Seplawan Purworejo
Rumah penginapan di Gua Seplawan Purworejo
Selama perjalanan ke goa ini. dari arah kiri kanan jalan banyak ditemukan pohon durian. Jika bertepatan dengan panen durian maka kita bisa mendapatkan durian yang murah disini.

2 komentar:

  1. butuh campur tangan pemda setempat untuk menaikkan promo dan memperbaiki sarana penunjang karena goa tersebut sangat potensial

    BalasHapus
  2. benar-benar indah , jadi penasaran berkunjung ke gua seplawan

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails