11 Desember 2011

Ternyata Bob Marley Memakai Semir Sepatu di Rambut



Penyanyi legendaris Bob Marley ternyata menggunakan semir sepatu warna hitam agar ia terlihat lebih mirip keturunan Afrika. Demikian bocoran yang disampaikan janda Marley bernama Rita.

Marley merasa tak aman dengan lahir di keluarga di mana ayahnya berkulit putih dan ibu berkulit hitam asal Jamaika. Hal ini terungkap dalam buku berjudul I & I: The Natural Mystics: Marley, Tosh and Wailer.

Si penulis Colin Grant mewawancarai anggota keluarga Marley termasuk sang istri berusia 64 tahun terkait dengan ketakutan Marley karena kulitnya lebih putih di awal tahun 1960-an. Demikian takutnya, penyanyi kelahiran 6 Februari 1945 ini meminta istrinya membalurkan semir sepatu warna hitam ke rambutnya agar ia lebih mirip keturunan Afrika.

Grant juga mengatakan jika dirinya sering diganggu karena warna kulitnya yang terang. "Saat pindah ke Trench Town, Kingston (Jamaika), pada usia 13 ia dikira pria berkulit putih dan ia selalu mendapat masalah," kata Grant.

Karena itu, ia kemudian menikahi perempuan kulit hitam bernama Rita mengikuti jejak sang ayah yang menikahi perempuan keturunan Afrika. Penyanyi Jamaika ini menjadi vokalis utama kelompok band bernama Bob Marley and The Wailers dan berhasil mempopulerkan musik reggae dan mengenalkan gerakan Rastafari di seluruh dunia. Ia meninggal di tahun 1981 pada usia 36 tahun akibat melanoma.




4 komentar:

Related Posts with Thumbnails