24 Desember 2011

Vince Brasco, Pemadam Kebakaran Bertubuh ‘Mini’ yang Pemberani


Tubuh tegap dengan badan tinggi yang berotot, itulah yang tergambar di pikiran kita ketika mendengar kata Petugas Pemadam Kebakaran. Namun Vince Brasco, seorang pria asal Pittsburgh, Pennsylvania membuktikan bahwa ukuran benar-benar bukanlah menjadi sebuah masalah.
Vince Brasco
Dengan tinggi badan hanya 4 kaki 2inci (sekitar 1,2 meter), pria berusia 19 tahun tersebut telah menjadi relawan pemadam kebakaran selama empat tahun.
Saat ini Brasco bertanggung jawab untuk berjaga pipa air ketika pada panggilan kebakaran di Pittsburgh, Pennsylvania, AS. Karena ia belum lulus ujian yang diperlukan untuk memungkinkan dia masuk kedalam gedung yang terbakar.
Namun dibalik tubuh mungilnya tersebut, Brasco menahan beban tiga kali lipat berat tubuhnya yang berbobot 40 kg, serta mengangkat beban seberat 120 kg, yang membuatnya mampu menangani tugas yang melibatkan peralatan berat di departemen tersebut.
worlds shortest firefighter
“Saya telah banyak berlatih di gym. Ini benar-benar membantu dalam pekerjaan. Anda harus kuat untuk menjalani pekerjaan ini.” tuturnya.
“Karena mampu mengangkat beban yang berat, aku berguna dalam pekerjaan penyelamatan dimana kami harus menyingkirkan puing-puing logam berat seperti setelah kecelakaan mobil. Dan itu berarti aku dapat menjadi bagian dari petugas yang menggunakan selang. Karena jika anda tidak cukup kuat, selang itu akan terbang di luar kendali.” tutur Brasco yang dikutip Mail Online.
Vince Brasco
Karena tidak ada yang membuat baju pemadam kebakaran yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, Brasco harus mengenakan perlengkapan yang dibuat kustom.
“Kami harus mengambil setelan normal dan menguranginya agar pas untuk saya. Sangat menyenangkan ketika aku memakainya untuk pertama kalinya.” tuturnya bangga.
Remaja yang bekerja paruh waktu di sebuah toko elektronik ini dan sedang belajar untuk menjadi seorang perawat untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kesehatan. Namun setiap kali punya kesempatan, ia akan menanggapi panggilan untuk layanan pemadam kebakaran secara sukarela.
worlds shortest firefighter
“Jika saya di daerah tempat kebakaran tersebut terjadi, aku meninggalkan segala aktivitas dan lari menuju lokasi,” katanya.
Diketahui, Brasco tinggal dengan ayah Bill (50) yang bekerja untuk pemerintah daerah, serta sang ibu Lesa (49), seorang asisten eksekutif, dan sorang adik perempuan Adele (15).

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails