29 Desember 2011

9 Dinosaurus Ter..... di Dunia

1. Dinosaurus Terberat
Dinosaurus terberat adalah Brachiosaurus, yang beratnya sekitar 80 ton. Setara dengan 17 gajah Afrika. Brachiosaurus memiliki tinggi 16 m dan panjang 26 m, merupakan kerangka dinosaurus terbesar yang terpasang di museum.

2. Dinosaurus Terkecil
Fosil dinosaurus terkecil seluruhnya dari jenis burung pemakan tumbuhan seperti Lesothosaurus, yang hanya seukuran ayam. Contoh fosil yang lebih kecil ditemukan pula namun masih berupa bayi.

3. Telur Dinosaurus Terkecil
Telur dinosaurus terkecil yang telah ditemukan hanya sepanjang 3 cm, namun tidak diketahui dari jenis apa.

4. Dinosaurus Paling Cerdas
Salah satu dinosaurus paling cerdas adalah Troodon. Tergolong dinosaurus pemburu yang panjangnya sekitar 2 meter. Memiliki ukuran otak mirip mamalia, dengan pengelihatan tajam (stereoskopik vision), dan cengkeraman tajam.

5. Dinosaurus Dengan Otak Terkecil
Stegosaurus memiliki ukuran otak sebesar buah kenari, dengan panjang 3 cm dan berat 75 gr. Dibandingkan ukuran otak dengan ukuran tubuh sauropodomorph, seperti Platesaurus, mungkin dinosaurus ini adalah dari jenis yang paling bodoh.

6. Dinosaurus Tertinggi
Dinosaurus tertinggi adalah Brachiosaurus dari kelompok sauropoda. Kaki depannya lebih panjang dibandingkan dengan kaki belakang, mirip jerapah. Dikombinasikan dengan lehernya yang sangat panjang, dapat berdiri secara tegak, sehingga dapat menjelajahi pohon-pohon tertinggi.

Jenis dari kelompok Brachiosaurus yang diketahui setinggi 13 meter. Jenis sauroposeidon tersebut besar dan dapat tumbuh hingga mencapai 18,5 meter, sehingga merupakan dinosaurus tertinggi.

7. Dinosaurus yang Mampu Berjalan Tercepat
Dinosaurus tercepat adalah dari jenis Ornithomimids semacam burung unta, seperti Dromiceiomimus, yang mampu berjalan dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

8. Dinosaurus Tertua
Dinosaurus tertua yang diketahui berusia 230 juta tahun, dan telah ditemukan di Madagaskar. Dino jenis ini belum resmi diberi nama. Sebelumnya ada dinosaurus dari jenis Eoraptor yang usianya diperkirakan 228 juta tahun.

9. Nama Dinosaurus Terpanjang
Dinosaurus dengan nama paling panjang adalah Micropachycephalosaurus yang berarti 'kadal berkepala mini'. Fosil dino jenis ini ditemukan di Tiongkok dan telah diberi nama pada tahun 1978 oleh paleontolog Tiongkok, Dong.

Berapa banyak, jenis dinosaurus yang telah ditemukan di Inggris ?
Sejauh ini ada sekitar 108 spesies dinosaurus telah ditemukan di Inggris. Inggris merupakan wilayah penting selama Era Mesozoic, yang bertindak sebagai jembatan antara Amerika Utara dengan Eurasia.

Dinosaurus Inggris termasuk Megalosaurus, Iguanodon, Neovenator, Eotyrannus dan Cetiosaurus.

sumber

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails