25 Desember 2011

10 Kampus Pencetak MBA Bergengsi di Dunia


INSEAD merupakan kampus terbaik untuk meraih gelar MBA di Eropa/Alamy 
INSEAD merupakan kampus terbaik untuk meraih gelar MBA di Eropa/Alamy
Meski krisis ekonomi dan angka pengangguran meningkat di dunia, permintaan akan lulusanMaster of Business Administration (MBA) tetap tinggi.

Saat ini, kompetisi pekerjaan yang sangat ketat membuat perusahaan dunia banyak mencari lulusan dengan gelar MBA. Salah satu yang menjadi pertimbangan perusahaan dunia dalam merekrut lulusan MBA adalah almamaternya. Lantas, apa saja sekolah pascasarjana dengan program MBA di Eropa, yang paling banyak dicari perusahaan dunia? Berikut daftar kampus dengan program MBA terbaik di dunia versi QS pada tahun 2010/2011, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (2/12/2011).

1. INSEAD

Tahun lalu, INSEAD berada di peringkat pertama dalam daftar sekolah untuk gelar MBA terbaik di Eropa. Rata-rata lulusan sekolah pascasarjana asal Prancis ini mulai kuliah setelah enam tahun bekerja. Setelah lulus, mereka memiliki gaji dasar USD107.240 atau setara dengan Rp976,420 juta (Rp9.105 per USD)Durasikuliah di INSEAD selama sepuluh bulan dan fokus pada kewirausahaan. Kampus ini mewajibkan mahasiswanya bisa tiga bahasa.

2. London Business School

Meski lokasinya ada di Inggris, sebanyak 85 persen mahasiswa London Business School berasal dari luar InggrisRata-rata mahasiswa yang kuliah di sini harus telah bekerja selama lima tahun. Lulusannya mendapatkan gaji dasar sebesar USD112.843 (Rp1 miliar).

3Oxford University, Said Business School

Tahun lalu, Sekolah MBA Oxford, Said Business School memiliki 95 persen mahasiswa internasional. Di mana rata-rata usia mahasiswanya adalah 29 tahun. Sebesar 26 persen lulusan sekolah pascasarjana inimasuk ke sektor keuangansedangkan rata-rata gaji pokok lulusan di semua bidang adalah USD100.800 (Rp917 juta).

4IESE Business School

IESE Business School berada di peringkat keempat di antara perusahaan dunia. Durasi kuliah di sekolah pascasarjana yang ada di Spanyol ini adalah dua tahun. Rata-rata mahasiswa yang kuliah di sini punya pengalaman kerja selama empat tahun. Setelah lulus, gaji awal mereka adalah USD110.700 (Rp1 miiliar).

5. SDA Bocconi School of Management

SDA Bocconi School of Management mempunyai ukuran kelas yang relatif kecil karena hanya punya 100 mahasiswa. Dan jika ingin kuliah di kampus yang berlokasi di Italia, calon mahasiswa harus punya pengalaman kerja minimal dua tahun.

6. ESADE Business School

ESADE menawarkan gelar MBA dan program pendidikan eksekutif di tiga kampus di BarcelonaMadrid, Spanyol dan Buenos Aires, Argentina. Mahasiswa punya tiga pilihan dalam hal durasi, yakni 12 bulan15bulan atau 18 bulan. Mahasiswa yang lulus pada 2010 memiliki rata-rata gaji USD88.578 (Rp806 juta).

7. HEC Paris

HEC Paris merupakan kampus ketujuh dengan program MBA yang paling dihormati perusahaan dunia. Kampus ini cenderung menerima mahasiswa dengan enam tahun pengalaman kerja.

8IMD

IMD adalah kampus kedepalan dengan program MBA yang paling didambakan perusahaan internasional. Kampus yang berlokasi di Swiss ini mensyaratkan mahasiswa yang ingin kuliah harus punya pengalaman tujuh tahun kerja. Lulusan kampus ini rata-rata menerima gaji dasar sebesar USD125 ribu (Rp1,1 miliar).

9. IE Business School

IE Business School adalah sebuah fakultas internasional dengan mahasiswa yang berasal dari 80 negara. Pada 2010, lulusan kampus ini menerima gaji pokok rata-rata USD81.900 (Rp745 juta).

10Cranfield School of Management

Cranfield School of Management berada di urutan terakhir dalam daftar sekolah MBA yang paling dicari perusahaan internasional. Tahun lalu, kampus yang berlokasi di Inggris ini meluluskan 680 mahasiswa yang kemudian bekerja dengan gaji pokok rata-rata USD90.976 (Rp828 juta).


1 komentar:

Related Posts with Thumbnails